Pemkab Pesisir Selatan Launching Dan Penandatanganan Pakta Integritas Keterbukaan Informasi Publik


Post by Diskominfo(EKO KURNIAWAN, S.Kom) | Posted on 10 Juli 2018 09:49:30 WIB | Berita Terkini | 496 kali dibaca


Pemkab Pesisir Selatan Launching Dan Penandatanganan Pakta Integritas Keterbukaan Informasi Publik

Pesisir Selatan, 10 Juli 2018

Bupati Pesisir Selatan, H.Hendrajoni melakukan Launching dan Penandatanganan Pakta Integritas Keterbukaan Informasi Publik di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan, Senin (9/7) saat apel gabungan di halaman kantor bupati setempat.

Pada kesemapatan itu hadir Ketua Komisi Informasi (KI) Sumbar, Syamsu Rizal, Komisioner KI Sumbar, Sondri Datuak Kayo, Kepala Dinas Kominfo Sumbar diwakili Kabid IKP Dinas Kominfo Sumbar, Indra Sukma, Forkopimda, kepala OPD dan undangan lainnya.

Bupati Hendrajoni menegaskan, Pemkab Pessel berkomitmen melaksanakan keterbukaan informasi publik dengan membuka akses publik terhadap informasi. Diharapkan kepada badan publik termotivasi untuk bertanggungjwab atas pelayanan masyarakat yang sebaik-baiknya.

Dengan demikian, hal ini dapat mempercepat perwujudan pemerintah yang terbuka yang merupakan salah satu upaya untuk mencegah praktik korupsi, kolusi dan nepotisme, sehingga tercipta pemerintah yang baik dan pemerintah yang bersih (good governance and clean governance).

Saat dilakukan penandatangan Pakta Integritas Keterbukaan Informasi bagi seluruh kepala OPD di lingkungan Pemkab Pessel yang merupakan kebulatan tekad dan komitmen bersama untuk mengimplementasikan keterbukaan dalam rangka pelaksanaan tugas yang berkualitas serta membangun tata kelola pemerintahan yang bersih, efektif, demokratis, transparan dan akuntabel.

Setelah Launching dan Penandatanganan Pakta Integritas, kegiatan dilanjukan dengan Sosialisasi Pedoman Pengelolaan Pelayanan Informasi dan Dokumentasi Bagi Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) di Hotel Hannah, Painan.

Kegiatan yang dibuka Bupati diwakili Asisten II, Rusdiyanto itu diikuti oleh Sekretaris dan Admin di masing-masing OPD di lingkungan Pemkab Pessel. Sedangkan yang bertindak sebagai narasumber yaitu Sekretaris Daerah Pessel, Erizon, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Junaidi dan Komisioner KI Sumbar, Sondri Dt. Kayo.

Ketua KI Sumbar, Syamsu Rizal mengapresiasi penyelenggaraan launching sekaligus penandatangan pakta integritas keterbukaan infomasi publik yang dilanjutkan dengan sosialisasi pedoman pengelolaan pelayanan informasi dan dokumentasi bagi PPID oleh Pemkab Pessel.

"Saya mengapresiasi kegiatan ini, mengingat peran PPID sangat penting dalam menginformasikan kebijakan, program dan kegiatan serta hasil-hasil pembangunan kepada masyarakat. Terlebih dalam Undang-Undang No.14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik serta berbagai peraturan pelaksanaanya. Lembaga yang dibiayai APBN, APBD provinsi dan ABPD kabupaten/kota wajib menyampaikan informasi kepada publik secara transparan," ucapnya.

Sekda Pessel, Erizon mengatakan, setiap Badan Publik sebagaimana yang diamanatkan perundang-undangan yang berlaku wajib membangun dan mengembangkan sistem informasi dan dokumentasi untuk mengelola informasi publik secara baik dan efesien sehingga layanan informasi dapat memberikan akses dengan mudah serta perlu dilakukan pengelolaan informasi dan dokumentasi yang dapat menjamin penyediaan informasi yang mudah, cermat dan akurat.

Sementara Kadis Kominfo Pessel, Junaidi menyebutkan, Pemkab memiliki komitmen untuk mewujudkan keterbukaan informasi yaitu dengan terbitnya Peraturan Bupati No.53 tahun 2018 tentang Pedoman Pelayanan Informasi dan Dokumentasi di lingkungan Pemkab Pessel. "Dengan keterbukaan informasi, maka masyarakat dapat menjadi salah satu agen kontrol terhadap pelaksanaan pemerintahan dan pembangunan," ujarnya.

Ia menambahkan, untuk pemeringkatan Keterbukaan Informasi Publik, dari sembilan kategori, Pemkab Pessel mengikuti empat kategori yaitu tingkat lembaga publik kabupaten, pemerintahan nagari, pendidikan SMA/SMK dan penyelenggara Pemilu.


Berita Terkait :

 

Video

Foto

Kegiatan

  • BATIGO FEST

    • Senin, 28 Oktober 2019
    • Sabtu, 02 November 2019
  • Penerimaan Tenaga Pendamping Masyarakat (TPM)

    • Rabu, 19 Desember 2018
    • Minggu, 30 Desember 2018
  • arsip kegiatan

Tokoh