DAMPAK PIALA DUNIA TERHADAP SEMANGAT BEROLAHRAGA


Post by Tenaga Artikel(Zakiah) | Posted on 11 Juni 2018 11:37:29 WIB | Artikel | 80 kali dibaca


DAMPAK PIALA DUNIA TERHADAP SEMANGAT BEROLAHRAGA

DAMPAK PIALA DUNIA TERHADAP SEMANGAT BEROLAHRAGA

Anda termasuk penggemar sepak bola? Tentu tahu dan nonton walaupun hanya melalui TV, turnamen sepak bola dunia- Piala Dunia 2018- di Rusia sejak tanggal 14 Juni sampai 14 Juli 2018.

Dimana-mana, sekarang kita lihat ada even nobar (nonton bareng). Bersama-sama melihat di layar besar LCD , pertandingan sepak bola dari Negara Rusia. Saling menjagokan Tim yang diunggulkan untuk menang, dan teriak bersama ketika bola berhasil gol di gawang lawan. Begadang sampai pagi. Padahal besoknya jam kerja tetap harus dijalankan.

Apa dampak piala dunia bagi kita? Khususnya terhadap semangat berolah raga?

Momentum ini, seharusnya perlu dicermati dan dimanfaatkan untuk membangkitkan kembali semangat berolahraga. Karena jujur, tidak semua kita yang mau meluangkan waktu untuk rutin berolah raga. Padahal, olah raga dipastikan penuh manfaat positifnya.

Penelitian yang dimuat dalam Journal of Sport & Exercise Psychology menemukan bahwa olahraga sedikitnya 15 menit setiap hari akan meningkatkan perasaan positif seperti antusiasme, kebanggaan, kebahagiaan, dan kegembiaraan.

David Conroy, ketua penelitian ini, mengatakan kebanyakan orang kehilangan motivasi olahraga karena mereka tidak melihat hasilnya secara instan. Jangankan penurunan berat badan, daya tahan dan kekuatan otot saja tidak dirasakan. Namun dengan mengetahui manfaat olahraga terhadap mood ini, seharusnya kita bisa lebih bersemangat untuk membakar keringat sampai tujuan jangka panjangnya bisa dicapai.

 Berikut manfaat olahraga yang saya dapat dari berbagai sumber :

1. Meningkatkan Kualitas Tidur. Seseorang yang menyempatkan diri untuk melakukan kegiatan olahraga setelah seharian melakukan rutinitas, dapat membantu untuk meningkatkan kualitas tidur di malam hari. Dengan kualitas tidur yang baik akan membuat tubuh kembali segar dan akan lebih siap melakukan aktifitas keesokan harinya. Namun yang perlu diingat adalah, jangan melakukan kegiatan olahraga pada saat mendekati jam-jam tidur, karena hal ini justru akan menimbulkan gangguan insomsia (susah tidur).

2. Membuat Tubuh Terlihat Lebih Bugar.Setelah melakukan berbagai macam aktivitas, tentu tubuh akan terlihat lelah, letih, maupun lesu. Dengan berolahraga ringan akan dapat mengembalikan kebugaran tubuh. Otot-otot yang semula tegang akan bisa kembali lebih relax. Untuk itu manfaat olahraga dalam tubuh sangat bekerja untuk menjaga kesehatan.

3. Menghilangkan Stress.Timbulnya stress bisa disebabkan oleh tekanan yang berasal dari diri sendiri, orang lain, maupun lingkungan sekitar. Hal ini akan menyebabkan masalah kesehatan serta perilaku seseorang yang mengalaminya. Olahraga merupakan serangkaian gerakan untuk memelihara serta meningkatkan kemampuan gerak tubuh, yang apabila dilakukan secara teratur dapat dapat membantu mengurangi ketegangan otot-otot tubuh, serta dapat membuat pikiran menjadi lebih fresh. Seseorang yang aktif dalam segi fisik memiliki kecenderungan untuk lebih baik dalam menyesuaikan kondisi emosional serta mentalnya.

4. Meningkatkan Mood.Dengan berolahraga dapat membantu menstimulasi zat-zat kimia pada otak yang pada akhirnya dapat membuat seseorang lebih santai dan merasa lebih bahagia. sehingga membuat Anda merasa lebih bahagia dan santai. Timbulnya perasaan bahagia dan santai dapat meningkatkan mood seseorang.

5. Meningkatkan Kapasitas Otak.Menurut David Atkinson, direktur dari Cooper Venture Development Program, salah satu divisi dari Cooper Aerobic Center di Dallas, Amerika Serikat menyatakan bahwa olahraga dapat memabantu untuk meningkatkan serotonin yang ada dalam otak, dimana serotonin merupakan suatu hormon yang bekerja sebagai modulator kapasitas kerja otak, seperti untuk mengatur emosi, pemahaman, maupun nafsu makan. Peningkatan kapasitas otak dapat membantu untuk meningkatkan kualitas dalam melakukan tugas-tugas rutin  sehari-hari.

6. Menambah kepercayaan diri seseorang.Seseorang yang rutin melakukan kegiatan olahraga dapat memiliki bentuk tubuh yang ideal, terlihat segar, bugar, dan lebih sehat. Hal ini tentu saja dapat menambah kepercayaan diri pada mereka.

7. Dapat menurunkan berat badan.Berolahraga dapat membantu untuk proses pembakaran lemak dan kalori yang menumpuk dalam tubuh. Untuk itu orang-orang yang memiliki berat badan yang berlebih (obesitas) sangat dianjurkan untuk melakukan kegiatan ini secara rutin untuk dapat membantu menurunkan berat badan. Selain itu, olahraga secara teratur juga dapat membantu menjaga berat badan agar tetap ideal, sehingga dapat terhindar dari berbagai penyakit berbahaya.

8. Dapat Meningkatkan Daya Tahan Tubuh.Berolahraga juga dapat merangsang hormon-hormon yang berfungsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh seperti hormon serotonin dan endorphin untuk dapat bekerja lebih efektif dalam tubuh. Dengan begitu, daya tahan tubuh akan meningkat serta dapat melawan berbagai penyakit yang disebabkan oleh infeksi baik itu oleh virus, bakteri, maupun mikroorganisme lainnya.

9. Mengembalikan Gairah Seksual.Setelah seharian melakukan rutinitas yang menguras tenaga, tubuh akan terasa lelah dan letih. Hal tersebut tentu saja akan berdampak pada kualitas hubungan seksual seseorang. Berolahraga dapat membantu meningkatkan gairah seksual serta dapat mencegah disfungsi ereksi.

Semoga bermanfaat, dan dapat kita laksanakan untuk mendapatkan tubuh yang sehat...


Berita Terkait :

 

Video

Foto

Kegiatan

  • HASIL SELEKSI ADMINISTRASI PADA SELEKSI TERBUKA JABATAN PIMPINAN TINGG

    • Minggu, 01 April 2018
    • Senin, 02 April 2018
  • Penyerahan Hasil Pengawasan Kearsipan Eksternal (LAKE) oleh ANRI ke Le

    • Kamis, 14 Desember 2017
    • Kamis, 14 Desember 2017
  • arsip kegiatan

Tokoh