Rakor Pembentukan Sekretariat UP-PKSA


Post by Dinas Sosial(ARNES BASRI, S.Kom) | Posted on 31 Mei 2018 08:25:46 WIB | Aplikasi Program Sosial | 303 kali dibaca


Rakor Pembentukan Sekretariat UP-PKSA

Rapat Koordinasi Pembentukan Sekretariat Unit Pelayanan Program Kesejahteraan Sosial Anak (UP-PKSA) Daerah

Padang. Dinas Sosial melalui Bidang Rehabilitasi Sosial mengadakan acara Rapat Koordinasi Pembentukan Sekretariat Unit Pelayanan Program Kesejahteraan Sosial Anak (UP-PKSA) Daerah Kab/Kota. Acara ini diadakan tanggal 27 s.d 28 April 2018 di Rocky Hotel Padang berdasarkan dana Dekonsentrasi (APBN).

Peserta terdiri dari Pejabat Berwenang dari Dinas Sosial,  BAPPEDA, Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan, Dinas Dukcapil Kabupaten Solok, Kota Padang dan Kota Pariaman dan Sakti Peksos Kabupaten Solok, Kota Padang dan Kota Pariaman serta Petugas dari Dinas Sosial Provinsi Sumtera Barat. dengan jumlah peserta sebanyak 30 orang.

Maksud dan Tujuan Rapat Koordinasi Pembentukan Sekretariat Unit Pelayanan Program Kesejahteraan Sosial Anak (UP-PKSA) Daerah Kabupaten/Kota  Tahun 2018 adalah :

1. Untuk menyampaikan informasi tentang Pembentukan Sekretariat Unit Pelayanan Program Kesejahteraan Sosial Anak (UP-PKSA) Daerah Kabupaten/Kota Tahun 2018.

2. Sharing pelaksanaan  Kegiatan Program Kesejahteraan Sosial Anak baik Program dari Pusat, Provinsi dan Kabupaten/Kota

Permasalahan Sosial bagi Anak Balita, Anak Terlantar dan Anak Jalanan, Anak Yang Berhadapan Dengan  Hukum, Anak dengan Kecacatan dan Anak yang membutuhkan Perlindungan Khusus bersifat kompleks karena menyangkut aspek-aspek sosial, ekonomi, sosial budaya, sosial psikologis, hukum maupun keamanan dan ketertiban, sikap masyarakat yang sebagian besar masih menunjukkan sikap kurang peduli terhadap permasalahan sosial terutama bagi Anak Balita dan anak-anak yang kurang beruntung.

Dengan permasalahan yang kompleks tersebut, maka pelaksanaan penanganannyapun perlu dilaksanakan secara integratif dan terkoordinasi antara Pemerintah dan Masyarakat terkait dengan permasalahan sosial tersebut.

Faktor lain yang perlu memperoleh perhatian adalah pelaksanaan otonomi daerah, dimana konsentrasi pelaksanaan Pelayanan dan Rehabilitasi Sosial menjadi tanggung jawab pemerintah daerah dan masyarakat.

Sedangkan permasalahan anak termasuk didalamnya yang membutuhkan perhatian dan penanganan secara khusus melalui Program Kesejahteraan Sosial Anak pada Dinas Sosial Provinsi Sumatera Barat sudah berjalan selama 5 tahun melalui Bantuan Sosial/Asistensi Sosial Anak berupa Tabungan Anak yang dilaksanakan melalui LKSA/PSAA yang ada di Kabupaten/Kota di Sumatera Barat. Untuk tahun 2018 ini Kemeterian Sosial RI melalui Kegiatan Rehabilitasi Sosial Anak pada Dinas Sosial Provinsi Sumatera Barat akan melaksanakan Pembentukan Sekretariat Unit Pelayanan Program Kesejahteraan Sosial Anak (UP-PKSA) Daerah Kabupaten Solok, Kota Padang dan Kota Pariaman.


Berita Terkait :

 

Video

Foto

Kegiatan

  • HASIL SELEKSI ADMINISTRASI PADA SELEKSI TERBUKA JABATAN PIMPINAN TINGG

    • Minggu, 01 April 2018
    • Senin, 02 April 2018
  • Penyerahan Hasil Pengawasan Kearsipan Eksternal (LAKE) oleh ANRI ke Le

    • Kamis, 14 Desember 2017
    • Kamis, 14 Desember 2017
  • arsip kegiatan

Tokoh