Bimtek Daya Saing Koperasi/KUD


Post by Dinas Koperasi & UMKM(HAFIZH AHMAD, ST) | Posted on 24 April 2018 15:56:08 WIB | Berita Terkini | 331 kali dibaca


Bimtek Daya Saing Koperasi/KUD

Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Sumatera Barat Cq Bidang Pemberdayaan Koperasi mengadakan Bimbingan Tekhnis Peningkatan Daya Saing Koperasi/KUD Pertanian Sektor Ternak Sapi dan Jagung yang diikuti peserta sebanyak 65 (enam puluh lima) orang yang berasal dari  10 (sepuluh) Kabupaten / Kota Se-Sumatera Barat yaitu : Kota Payakumbuh, Kabupaten Lima Puluh Kota, Kabupaten Tanah Datar, Kabupaten Padang Pariaman, Kabupaten Pasaman, Kabupaten Pasaman Barat, Kabupaten Pesisir Selatan, Kabupaten Solok dan Kabupaten Dharmasraya dan Kabupaten Sijunjung.                   Bimbingan Tekhnis tersebut dibuka oleh Ir. Zirma Yusri Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Sumatera Barat  dengan pengarahan sebagai berikut :

  1. Peran koperasi di bidang usaha peternakan, penggemukan dan pembibitan sapi belum optimal karena peternakan bukan mata pencaharian utama tetapi usaha sampingan.
  2. Disamping itu mayoritas peternak dalam melakukan usaha beternak sapi masih tradisonal sehingga perlu pendampingan dalam manajemen usaha.
  3. Koperasi/anggota koperasi disamping memelihara sapi juga biasanya menaman jagung karena tongkolnya sealin batang dan daunnya dimanfaatkan sebagai pakan ternak.
  4. Pengembangan usaha penggemukan sapi atau industri sapi perah, juga dapat memanfaatkan tanaman jagung sebagai pakan. Maka menjadi salah satu tugas pemerintah untuk memfasilitasi koperasi yang bergerak disektor ternak sapi dan jagung dalam memperkuat usahanya khususnya sektor pertanian.

Bimbingan Tekhnis Peningkatan Daya Saing Koperasi/KUD Pertanian Sektor Ternak Sapi dan Jagung dengan fasilitator oleh Prof. Dr.Ir. Helmi ( dosen Pasca Sarjana Unand Padang / MBESC) dengan berjudul “Pengembangan Usaha Koperasi Melalui Integrasi Ternak Sapi dan Jagung “ dan  Ir. Maswal, MSi ( Dinas Pertanian, Holtikultura dan Perkebunan )  dengan judul “ Program/Kegiatan Tanaman Pangan  ( Komoditi Jagung)”

Bimbingan Tekhnis Peningkatan Daya Saing Koperasi/KUD Pertanian Sektor Ternak Sapi dan Jagung diadakan pada hari selasa tanggal 24 April 2018 di Aula Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Sumatera Barat jalan Kahtib sulaiman Nomor 11 Padang.

 


Berita Terkait :

 

Video

Foto

Kegiatan

  • Penerimaan Tenaga Pendamping Masyarakat (TPM)

    • Rabu, 19 Desember 2018
    • Minggu, 30 Desember 2018
  • HASIL SELEKSI ADMINISTRASI PADA SELEKSI TERBUKA JABATAN PIMPINAN TINGG

    • Minggu, 01 April 2018
    • Senin, 02 April 2018
  • arsip kegiatan

Tokoh