Tempat Wisata Pessel Perlu Kembangkan Permainan


Post by Diskominfo(Desi Marlinda) | Posted on 13 April 2018 13:36:25 WIB | Berita Terkini | 671 kali dibaca


Painan,13 April 2018

Sektor pariwisata dan pertanian merupakan pilihan tepat bagi Kabupaten Pesisir Selatan. Sebab, daerah ini memiliki banyak objek wisata yang menakjubkan dan potensi pertanian yang menjanjikan.

"Pariwisata dan pertanian merupakan pilihan yang pas buat pengembangan Kabupaten Pessel. Pariwisata, menyangkut lintas sektoral yang terintegrasi. Bila hanya mengandalkan APBD sepertinya sulit berkembang sesuai harapan, karena APBD relatif terbatas," kata bupati Pessel, Hendrajoni Jumat (13/4/2018) melalui via telepon. 

Diakui bupati, objek wisata di Pessel merupakan yang luar biasa. Agar tetap diminati wisatawan, wisata di Pessel harus bisa menjaga ekosistem dan tidak dengan mudah memberikan izin mendirikan bangunan sepanjang jalan masuk ke lokasi wisata tersebut, supaya kehadiran bangunan tersebut tidak mengganggu view tebing-tebing batu nan ada di Pessel.

"Jangan rusak ekosistem dan perketat pemberian izin mendirikan bangunan di sepanjang jalan di lokasi wisata yang dianggap strategis,"ujarnya. 

Dikatakan bupati, berbagai pihak perlu bersinergi untuk mengembangkan pariwisata dan pertanian secara bersama-sama. Bidang pertanian, seperti Jeruk manis, seperti di Bayang dan Tarusan diharapkan mampu menunjang sektor pariwisata di daerah ini.

"Daya tarik dan daya pikatnya sudah ada, yang menjadi persoalan adalah, orang yang datang selanjutnya hanya tidur dan tidak ada agenda kedua dan ketiga yang tidak tersedia. Harusnya selain alam yang memukau juga perlu adanya arena permaianan,"tuturnya.

Selain arena permainan, objek wisata unggulan ini juga perlu menyediakan berbagai produk buah tangan atau cenderamata yang bisa dibawa pulang sebagai oleh-oleh bagi para wisatawan. Tak kalah pentingnya, di lokasi wisata itu akses Perbankan dan akses komunikasi berjalan dengan lancar.

"Ketika orang butuh uang, di lokasi wisata itu ada ATM, dan ketika pengunjung butuh komunikasi, juga tersedia jaringan internet," paparnya. 

Lanjut bupati mengatakan, wisata nan ada di Pessel masih perlu pembenahan seperti pelebaran jalan masuk dan peningkatan berbagai infrastruktur lainnya. Untuk meningkatkan berbagai infrastruktur tersebut, objek wisata unggulan ini perlu sokongan berbagai pihak.

Selain itu bupati juga mengadukan kondisi Pessel yang rawan bencana alam terutama banjir. Setiap datang hujan lebat, daerah ini seperti Pangkalan, senantiasa terendam banjir.

"Kami berharap kondisi ini mendapat perhatian pihak pusat dengan mengalokasikan bantuan normalisasi sebelas sungai yang sering meluap dan membuat banjir di berbagai tempat di Kabupaten Pessel,"tutupnya

sumber:portal pessel


Berita Terkait :

 

Video

Foto

Kegiatan

  • Penerimaan Tenaga Pendamping Masyarakat (TPM)

    • Rabu, 19 Desember 2018
    • Minggu, 30 Desember 2018
  • HASIL SELEKSI ADMINISTRASI PADA SELEKSI TERBUKA JABATAN PIMPINAN TINGG

    • Minggu, 01 April 2018
    • Senin, 02 April 2018
  • arsip kegiatan

Tokoh