Destinasi Wisata Favorit di Sumatera Barat


Post by Dinas kebudayaan dan pariwisata(Dinas kebudayaan dan pariwisata) | Posted on 28 September 2013 07:22:50 WIB | Pariwisata | 4431 kali dibaca


Destinasi Wisata Favorit di Sumatera Barat

RANAHBERITA– Sumatera Barat (Sumbar) merupakan salah satu destinasi unggulan di Indonesia. Alasannya jelas, Sumbar memiliki alam yang mengundang decak kagum, sejarah yang terawat dan budaya yang unik serta wahana wisata modern, sehingga menjadi magnet bagi wisatawan.

Berikut 12 destinasi wisata terfavorit dan mengagumkan di Sumbar untuk mengisi liburan Anda.

1.Jam Gadang. Terletak di jantung Kota Bukittinggi yang dibangun oleh Belanda dengan menggunakan jasa arsitek Minangkabau, Yazid Rajo Mangkuto ini menjadi ikon Sumbar, selain rumah gadang.

Di sekitar Jam Gadang, juga hadir badut dengan wujud bintang film animasi anak-anak, mungkin untuk tandem dalam berfoto dengan latar Jam Gadang.

Tidak jauh dari Jam Gadang, ada kebun binatang Kinantan. Di dalamnya Anda juga dapat menyambangi museum dan benteng Fork de Kock, yang dibangun Belanda sebagai tameng pertahanan.

2. Selain peninggalan Belanda, juga ada peninggalan Jepang. Lokasinya berada diantara kawasan panorama dan Ngarai Sianok. Lubang Jepang demikian namanya, sebab dibuat oleh Jepang semasa pendudukan di Bukittinggi.

Jika tidak hafal, atau belum pernah masuk ke Lubang Jepang, sebaiknya mengajak orang yang sudah pernah masuk atau jasa guide, karena akan banyak lika-liku lorong di dalamnya.

3. Objek wisata terbaru di Bukittinggi yang tak kalah menarik adalah Great Wall Koto Gadang. Great Wall Koto Gadang disebut-sebut tembok Cinanya Bukittinggi.

Pasalnya, bangunannya menyerupai tembok Cina tersebut. Great Wall melintasi Ngarai Sianok dari Koto Gadang, Kabupaten Agam hingga Kota Bukittingi.

4. Di Kabupaten Limapuluh Kota, ada wisata alam yang tak kalah menakjubkan, Lembah Harau. Lembah Harau seringkali dibandingkan dengan Yosemite yang terdapat di Utah, Amerika Serikat. Lembah Harau adalah hamparan tebing cadas yang memanjang, sambung menyambung, dengan ketinggian berveariasi antara 60-100 meter.

Lembah Harau juga semakin Anda betah berlama-lama dengan adanya beberapa air terjun, serta hamparan sawah di sepanjang lembah.

5. Kemudian di Batusangkar, Istano Basa Pagaruyuang adalah objek wisata yang tak bisa dilewatkan. Perlambang keIesaran Kerajaan Pagaruyuang ini memberikan nansa tempo dulu. Istano Basa, bukan hanya rumah gadang biasa, lebih dari itu, kaya akan motif ukiran Minangkabau.

6. Selanjutnya Danau Singkarak. Danau terbesar di SUmbar ini masuk dalam peta dua kabupaten yakni Tanah Datar dan Solok. Dua destinasi yang cukup menonjol di danau penghasil ikan bilih ini adalah Tanjung Mutiara di Nagari Batu Taba, Tanah Datar, dan Dermaga Singkarak di Nagari Singkarak, Solok.

Di danau ini, berbagai wahana air seperti banana boat, mandi dengan ban dalam (benen) dan jetski, mungkin menjadi pilihan tepat. Disamping itu, bagi Anda yang hobi memancing jelas tempat yang tepat menyalurkan hasrat tersebut.

Danau Singkarak semakin populer di dunia sejak digelarnya iven Tour de Singkarang sejak 2009 silam.

7. Danau Kembar, Kelebihan danau kembar dari Singkarak adalah letaknya yang berdekatan dengan kebun teh. Selain itu, di lokasi yang berdekatan, pengunjung bisa menikmati keindahan dua danau, danau di ateh dan danau di bawah. Lokasinya masih masuk teritorial Kabupaten Solok.

8. Danau Maninjau, terlahir dari letusan raksasa gunung api berjuta-juta tahun lampau, menjadikannya lanskap yang mempesona karena dinding-dinding danau berkemilau dilihat dari atas seperti Kelok 44 dan Puncak Lawang.

Tak jauh dari sini, Anda juga bisa merasakan sensasi memutari Kelok 44 dengan kendaraan atau sepeda. Semakin mengarah ke Bukittinggi, Anda bisa mampir ke Puncak Lawang dan Ambun Pagi. Ini lokasi tepat menikmati Danau Maninjau. DIsini, Anda juga bisa menguji adrenalin dengan mencoba olahraga paralayang.

9. Pantai Carocok. Pantai yang terletak di Painan, Ibu Kota Kabupaten Pesisir Selatan ini, mempunyai daya tarik dengan jembatan-jembatan kecilnya ke pulau yang berada beberapa meter dari bibir pantai.

10. Pantai Air Manis. Selain Pantai Carocok, di Padang ada pantai yang digemari wisatawan dari luar Kota Padang, Pantai Air Manis. Pantai Malin Kundang ini diminati karena mengandung cerita budaya di baliknya.

11. Masih seputaran wisata air, di Padang Panjang terdapat wahana pemandian paling populer di Sumbar, yakni Minang Fantasi. Banyak wahana yang ditawarkan disini. Mengajak anak-anak sangatlah tepat menilik wahana yang ada.

12. Taman Satwa Kandi, terletak di Kota Sawahlunto. Di dalamnya terdapat kebun binatang dan taman dengan berbagai fasilitas permainan. Arena permainan yang terdapat di sini misalnya, ATV atau yang dikenal kendaraan segala medan, Flaying Fox, pin ball, Banana Boat dan berbagai permainan danau lainnya.

Daftar destinasi di atas merupakan tempat wisata yang populer saat lebaran menurut pengamatan ranahberita.com. Sebenarnya masih banyak objek wisata lainnya yang juga patut dikunjungi.

Namun, 12 daftar yang disebutkan di atas, merupakan yang paling populer dilihat dari animo pengunjung dari tahun ke tahun. (Raju Arafah|ed3)

sumber : http://www.ranahberita.com


Berita Terkait :

 

Video

Foto

Kegiatan

  • Penerimaan Tenaga Pendamping Masyarakat (TPM)

    • Rabu, 19 Desember 2018
    • Minggu, 30 Desember 2018
  • HASIL SELEKSI ADMINISTRASI PADA SELEKSI TERBUKA JABATAN PIMPINAN TINGG

    • Minggu, 01 April 2018
    • Senin, 02 April 2018
  • arsip kegiatan

Tokoh