Meski Tak Mampir ke Solsel, Presiden Tetap Canangkan Revitalisasi Kawasan Seribu Rumah Gadang


Post by Diskominfo(EKO KURNIAWAN, S.Kom) | Posted on 13 Februari 2018 13:20:53 WIB | Berita Terkini | 32 kali dibaca


Meski Tak Mampir ke Solsel, Presiden Tetap Canangkan Revitalisasi Kawasan Seribu Rumah Gadang

Solok Selatan, 13 Februari 2018

Bupati Solok Selatan H. Muzni Zakaria, ME memang jago lobi. Saat Presiden Joko Widodo melawat tiga hari ke Sumatera Barat, benar-benar menjadi sasaran bidik bagi Muzni Zakaria untuk melobi bagaimana pemerintah pusat bisa mendanai revitalisasi komplek budaya yang oleh orang Solok Selatan dinamakan Kawasan Seribu Rumah Gadang.

Hasilnya, Presiden Jokowi langsung setuju dan memerintahkan kepada Menteri PUPR Basuki Hadi Muljono untuk segera beraksi tahun ini juga.

Rupanya, jauh sebelum jadi politisi, Jokowi muda pernah melakukan ekspedisi mendaki Gunung Kerinci di Provinsi Jambi. Dalam perjalanannya, Jokowi dan tim melewati komplek rumah gadang tersebut. Disanalah dia punya kesan bahwa komplek tersebut benar-benar menakjubkan.

Dan saat peringatan HPN 2018 dinilai menjadi momentum tepat untuk menyatakan persetujuan terhadap Proyek Revitalisasi Seribu Rumah Gadang di Kabupaten Solok Selatan tersebut.

“Saya ingat betul waktu naik Gunung Kerinci tahun 1983 lewat ke Solok Selatan. Kekaguman saya akan rumah tradisi, rumah adat yang sangat cantik dan indah. Sebagai bagian dari perawatan kekaguman tersebut, hari ini saya mencanangkan Revitalisasi Kawasan Seribu Rumah Gadang di Kabupaten Solok Selatan, Provinsi Sumatera Barat.” kata Presiden Joko Widodo pada peringatan HPN di Danau Cimpago, Kota Padang.

Usai memberikan sambutan, Presiden Jokowi melakukan penandatanganan prasasti didampingi Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara, Menteri PUPR Basuki Hadi Muljono, Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno dan Bupati Solok Selatan Muzni Zakaria. 

Kini, Muzni Zakaria sudah bisa bernafas lega. Biaya Revitalisasi Komplek Seribu Rumah Gadang sudah ditanggung pemerintah pusat. Pemkab Solok Selatan tinggal menyiapkan fasilitasnya, seperti akses jalan, trayek angkutan, penyiapan sumberdaya manusia dan lain sebagainya, agar Komplek Seribu Rumah Gadang benar benar jadi objek wisata yang termashur dan juga menjadi pusat kebudayaan di Sumbar.

Sumber : kantorberitathetarget.com


Berita Terkait :

 

Video

Foto

Kegiatan

  • Penyerahan Hasil Pengawasan Kearsipan Eksternal (LAKE) oleh ANRI ke Le

    • Kamis, 14 Desember 2017
    • Kamis, 14 Desember 2017
  • Gerakan Nasional Sadar Tertib Arsip (GNSTA) di Provinsi Sumatera Barat

    • Kamis, 14 Desember 2017
    • Kamis, 14 Desember 2017
  • arsip kegiatan

Tokoh