Geopark Nasional Silokek Sijunjung Dicanangkan


Post by Diskominfo(EKO KURNIAWAN, S.Kom) | Posted on 09 Februari 2018 11:22:56 WIB | Berita Terkini | 847 kali dibaca


 Geopark Nasional Silokek Sijunjung Dicanangkan

Sijunjung, 9 Februari 2018

Inilah hari bersejarah bagi masyarakat Silokek khususnya dan masyarakat Kabupaten Sijunjung, Sumatera Barat umumnya. Betapa tidak, bersamaan dengan peresmian jalan Muaro-Silokek, Kamis (8/2/2018), ternyata juga dilaksanakan Pencanangan Bersama Kawasan Silokek sebagai Kawasan Geopark (Bentang Alam) Nasional (KGN).

Pencanangan Kawasan Geopark Nasional secara bersama itu dilaksanakan oleh Bupati Sijunjung dengan Kepala BNPB yang dilaksanakan di Pasir Putih Nagari Silokek Kecamatan Sijunjung, Kabupaten Sijunjung.

Prosesi pencanangan itu terlihat meriah dan sukses. Apalagi kegiatan tersebut menghadirkan Kepala BNPB diwakili Deputi III Rehap Rekon BNPB RI Harmensyah, Bupati dan Wakil Bupati Sijunjung Yuswir Arifin dan Arrival Boy, Ketua DPRD Yusnidarti, unsur Forkopimda,Tim Ahli Geopark Sumatera Barat, Dr. Febrin, Dipl. SE. MM, Ketua TP PKK, Kepala OPD, Camat Sijunjung, Wali Nagari Muaro, Silokek dan Durian Gadang serta undangan lainnya yang tumpah ruah dalam acara tersebut.

Sebelum acara puncak, Deputi III dan undangan lainnya disuguhkan dengan penampilan tari massal yang dimainkan oleh murid SDN Silokek. Acara itu pun diawali dengan laporan Kepala Dinas Parpora Kabupaten Sijunjung, Yofritas, ST. MT, tentang acara pencanangan Geopark.

Kemudian dilanjutkan dengan expose mengenai Kawasan Geopark Silokek oleh tim ahli Geopark Sumbar yang disampaikan oleh Dr. Febrin, Dipl, SE. MM. 

Disebutkannya, Geopark adalah sebuah kawasan yang memiliki unsur-unsur geologi.  Dimana masyarakat setempat diajak berperan serta untuk melindungi dan meningkatkan fungsi warisan alam, termasuk nilai arkeologi, ekologi dan budaya yang ada di dalamnya.

"Istilah Geopark merupakan singkatan dari "Geological Park" yang diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia sebagai Taman Geologi," sebut Dr. Febrin.

Dikatakannya, Taman Wisata Silokek termasuk salah satu dari sembilan Geopark Ranah Minang yang ada di Sumatera Barat. Seperti Geopark Ngarai Sianok, Danau Maninjau, Tarusan Kamang, Lembah Harau, Danau Kembar, Sawahlunto, Goa Batu Kapal, dan Silokek.

Bupati Yuswir Arifin dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada tim ahli Geopark Sumbar, terutama karena telah mau membantu dalam pencanangan Silokek menjadi Wisata Geopark Nasional.

Bupati juga mengharapkan kepada tim ahli Geopark Sumbar untuk lebih mendahulukan pembangunan dan pengembangan wisata Silokek.

Kepala BNPB diwakili Deputi III Harmensyah juga mensupport Wisata Geopark Nasional Silokek tersebut. Deputi berjanji akan membantu pengembangan dan mempromosikan Silokek ini nantinya. 

Acara pencanangan Geopark itu ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Bupati Sijunjung Yuswir Arifin dengan Kepala BNPB yang diwakili oleh Deputi III Rehab Rekon RI Harmensyah.

Sumber : kantorberitathetarget.com


Berita Terkait :

 

Video

Foto

Kegiatan

  • BATIGO FEST

    • Senin, 28 Oktober 2019
    • Sabtu, 02 November 2019
  • Penerimaan Tenaga Pendamping Masyarakat (TPM)

    • Rabu, 19 Desember 2018
    • Minggu, 30 Desember 2018
  • arsip kegiatan

Tokoh