Kota Padang Punya "Padang Command Center"


Post by Diskominfo(EKO KURNIAWAN, S.Kom) | Posted on 30 Januari 2018 18:10:32 WIB | Berita Terkini | 196 kali dibaca


Kota Padang Punya

Pemerintah Kota Padang terus melakukan langkah maju dengan salah satunya menghadirkan sistem pemerintahan berbasis teknologi aplikasi melalui keberadaan “Command Centre” atau pusat komando. Hal tersebut, untuk mendukung mewujudkan e-government sekaligus dalam upaya peningkatan pelayanan publik secara cepat, tepat dan mudah melalui teknologi yang canggih yang tentunya sebagai percepatan Padang menjadi ‘Smart City’.

Ruangan yang bertempat di lantai dua gedung Balaikota Padang itu, diresmikan Walikota Padang Mahyeldi Ansharullah, Selasa (30/1/2018). Peresmian ditandai dengan pembukaan selubung nama yang bertuliskan Command Center dengan dihadiri jajaran Asisten I, II dan III, para pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) beserta camat se-Kota Padang.

Walikota menyampaikan, ia bersyukur dan menyambut positif keberadaan ruang Command Center tersebut. Karena Command Center memiliki fungsi sebagai ruang pusat kendali kota di Padang. Apalagi Smua yang terjadi di Kota Padang bisa dipantau dari sini. Terutama berkaitan kegiatan dan program di masing-masing OPD di lingkup Pemko Padang serta berbagai informasi seperti bencana alam, kemacetan, data kependudukan, kesehatan, kebakaran dan lainnya.

“Alhamdulillah, Pemko Padang sekarang sudah memiliki ruang Command Center yang begitu representatif. Kita memang sudah lama merindukan keberadaanya, karena memiliki banyak manfaat berkaitan ketersediaan berbagai bentuk informasi di Kota Padang,” sebutnya.

Mahyeldi juga mengharapkan, dengan adanya ruang Command Center ini dapat memberikan kemudahan integrasi dan akses data atau informasi yang diperlukan secara cepat dan aman. Baik untuk pusat layanan dan penyimpanan database bagi seluruh OPD, kecamatan dan kelurahan yang akan dilaksanakan secara bertahap. Di samping itu juga membantu dalam mengontrol wilayah dan kinerja jajaran OPD di lingkup Pemko Padang, informasi terkini dan perkembangan kota melalui dashboard informasi publik.

“Ruang Command Center ini memiliki arti penting dan merupakan wujud kesungguhan kita semua untuk menata dan menyiapkan proses penyelenggaraan pemerintahan yang transparan dan akuntabel berbasis teknologi informasi dan komunikasi. Sehingga, secara internal di ruangan ini kita akan bisa melihat berbagai informasi," imbuhnya.

Tak hanya itu katanya, apalagi di sini juga akan tersedia informasi aktifitas pemerintah masyarakat terkini.

"Tentu ini memberikan kemudahan yang luar biasa bagi pemko masyarakat dan lainnya,” tukuk walikota sembari meresmikan Command Center.

Sementara itu, Kepala Dinas Kominfo Kota Padang Suardi mengungkapkan, latar belakang pendirian Command Center untuk menyediakan akses informasi, aplikasi dan pemantauan infrastruktur teknologi informasi yang terintegrasi.

‘Di dalam ruangan ini kita akan menyediakan ruangan data yang berpusat dan sekaligus menyajikan terkait informasi yang dibutuhkan secara akurat, cepat dan tepat. Kemudian apa saja isu yang beredar dan lagi trend saat ini dan beberapa waktu ke depan, akan disediakan informasi dan datanya di sini. Mungkin salah satunya terkait pemilihan kepala daerah (pilkada) Kota Padang yang pelaksanaannya tinggal beberapa bulan lagi. Dan untuk ini kita tengah mengkoneksikannya dengan KPU Kota Padang sehingga semua informasi semua tahapan pilkada bisa dilihat di sini,” terang mantan Kabaghumas Pemko Padang tersebut.

Sumber : wartaandalas.com


Berita Terkait :

 

Video

Foto

Kegiatan

  • HASIL SELEKSI ADMINISTRASI PADA SELEKSI TERBUKA JABATAN PIMPINAN TINGG

    • Minggu, 01 April 2018
    • Senin, 02 April 2018
  • Penyerahan Hasil Pengawasan Kearsipan Eksternal (LAKE) oleh ANRI ke Le

    • Kamis, 14 Desember 2017
    • Kamis, 14 Desember 2017
  • arsip kegiatan

Tokoh