Legislator Dorong Pemprov Optimalkan Potensi Industri


Post by Sekretariat DPRD Prov. Sumbar(DENY SURYANI, S.IP) | Posted on 25 Januari 2018 10:36:28 WIB | Berita Terkini | 675 kali dibaca


Legislator Dorong Pemprov Optimalkan Potensi Industri

Padang, - Anggota DPRD Sumatera Barat Widyatmo mendorong pemerintah provinsi itu mengoptimalkan potensi industri yang dimiliki oleh kota dan kabupaten melalui rancangan peraturan daerah (ranperda) Pengembangan Industri Provinsi (RPIP) tahun 2017-2037. 

"Ranperda ini akan menjadi acuan dalam pengembangan industri ke arah yang lebih baik di kota dan kabupaten," kata dia dalam pembahasan ranperda RPIP 2017-2037 di Padang, Rabu 24/1

Menurut dia sejumlah daerah di Sumatera Barat telah memulai pemetaan kawasan industri salah satunya Kabupaten Tanah Datar yang telah membuat Sentra tekstil tenun di Nagari Tigo Jangko Kecamatan Lintau Buo. 

"Kawasan ini nantinya akan diproyeksikan menjadi poros perekonomian masyarakat setempat. Mereka telah mendapatkan dana dari pusat sebesar Rp11,6 miliar pada tahun ini untuk pengembangan kawasan itu," kata dia.

Ia berharap kehadiran ranperda RPIP jangan hanya menjadi aturan semata akan tetapi dalam penerapannya harus memberikan solusi dalam pengembangan kawasan industri yang selama ini belum berjalan optimal," kata dia.

Salah satu target dari ranperda ini adalah menciptakan generasi yang mampu menjadi pengusaha dan memaksimalkan potensi daerah sehingga dapat meciptakan lapangan pekerjaan dan mengurangi beban pemerintah daerah. 

“Apabila ranperda ini telah disahkan  jangan ada lagi ketergantungan kepada industri luar,” kata politisi PKS ini.

Sementara itu anggota Komisi II  Zigo Rolanda mengatakan ranperda RPIP tidak boleh terlepas dari prekonomian dan kesejahteraan masyarakat karena majunya sektor industri akan berdampak positif terhadap pengentasan kemiskinan.

 “Mamajukan sektor industri harus meperhatikan potensi yang ada pada  daerah tersebut, sehingga nantinya akan hasil produksi semakin optimal,” ujarnya.

Politisi Golkar itu berharap sektor industri yang ada di Sumatera Barat jangan hanya menjadi kosumsi dalam negeri tapi dapat diekspor ke luar negeri.

Sebelumnya, Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Sumbar, Ali Asmar mengatakan ranperda ini diusulkan pemprov dalam rangka mendorong percepatan ekonomi daerah karena sektor industri memiliki peranan penting dalam pembangunan daerah. 

Ada 10 jenis industri unggulan dalam ranperda RPIP Sumatera Barat 2017-2037 antara lain, industri pengolahan hasil laut dan perikanan, industri pengolahan kakao, industri makanan ringan, pengolahan gambir dan pengolahan minyak asiri.

Kemudian industri hilir semen, industri kulit dan alas kaki, industri tekstil dan produk tekstil, industri maritim dan industri alat mesin pertanian.*Publikasi.(dprd.sumbarprov.go.id)


Berita Terkait :

 

Video

Foto

Kegiatan

  • Penerimaan Tenaga Pendamping Masyarakat (TPM)

    • Rabu, 19 Desember 2018
    • Minggu, 30 Desember 2018
  • HASIL SELEKSI ADMINISTRASI PADA SELEKSI TERBUKA JABATAN PIMPINAN TINGG

    • Minggu, 01 April 2018
    • Senin, 02 April 2018
  • arsip kegiatan

Tokoh