Legislator Minta Pemprov Siapkan UNBK Secara Maksimal


Post by Sekretariat DPRD Prov. Sumbar(DENY SURYANI, S.IP) | Posted on 18 Januari 2018 14:13:11 WIB | Berita Terkini | 657 kali dibaca


Legislator Minta Pemprov Siapkan UNBK Secara Maksimal

Padang, - Anggota DPRD Sumatera Barat Rafdinal meminta pemerintah provinsi itu menyiapkan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tahun 2018 dilakukan secara maksimal.

"Hendaknya persiapan sudah dimulai dari sekarang sehingga dalam pelaksanaannya dapat maksimal, tidak seperti tahun lalu yang terkesan tergesa-gesa," kata dia ketika dihubungi dari Padang, Rabu.

Menurut politisi PKS itu dengan adanya persiapan yang maksimal, pemerintah dapat mengukur kemampuan dalam menjalankan program ini dan kendala yang timbul dapat diatasi lebih awal.

Ia mengatakan sejumlah persoalan dalam pelaksanaan UNBK seperti pengadaan komputer di setiap sekolah tentu akan menjadi sorotan, selain itu di daerah ini masih ada wilayah yang belum tersentuh internet sehingga tidak mungkin menggelar ujian berbasis komputer.

Sementara anggota DPRD Sumbar dari fraksi Gerindra Hidayat mengatakan Komisi V DPRD Sumatera Barat telah berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan provinsi itu dalam pelaksanaan UNBK ini, seperti pengadaan komputer yang kemungkinan dilengkapi pada Februari 2018.

"Jumlah sekolah yang menggelar UNBK diharapkan lebih banyak dari tahun lalu. Namun bagi sekolah yang belum mampu menggelar UNBK dapat melaksanakan ujian secara tertulis," kata dia.

Ia mencontohkan beberapa SMA yang ada di Kabupaten Kepulauan Mentawai yang memiliki berbagai kendala seperti jumlah komputer yang terbatas dan jaringan internet yang tidak ada.

Pihaknya juga telah berkomunikasi dengan pihak Telkom dan operator seluler terkait hal ini, sudah ada beberapa titik yang difasilitasi jaringan internet namun masih banyak juga yang belum tersentuh.

"Kami harap ini akan menjadi evaluasi pelaksanaan UNBK untuk tahun-tahun mendatang," kata Ketua Komisi V DPRD Sumbar itu.

Sekretaris Pelaksana UNBK 2018 Dinas Pendidikan Sumatera Barat Irman menyebutkan 85 persen sekolah SMA dan SMK di 19 kota dan kabupaten siap menggelar ujian berbasis komputer ini.

"Kita tidak dapat melaksanakan UNBK 100 persen karena ada beberapa wilayah di Sumbar terkendala jaringan terutama pada wilayah 3T yakni daerah tertinggal, terdepan dan terluar, solusinya sekolah itu dapat melaksanakan ujian tertulis," katanya. 

Menurut untuk sarana dan prasarana di setiap sekolah mencapai 100 persen di wilayah perkotaan. Sebanyak 600 SMA atau SMK yang ada, diperkirakan 90 sekolah tidak dapat menggelar UNBK karena terkendala sarana dan prasarana seperti di Kabupaten Pesisir Selatan sebanyak 19 sekolah, Tanah Datar sebanyak delapan sekolah, Dharmasraya dan sisanya masih dalam pendataan.

Ia mengatakan pelaksanaan UNBK untuk SMK dilakukan pada tanggal 2 hingga 5 April 2018, sedangkan untuk tingkat SMA dimulai dari tanggal 9 sampai 11 April 2018. 

"Jadwal tersebut dilakukan serentak bagi setiap sekolah yang melaksanakan ujian nasional baik berbasis komputer maupun tertulis," kata dia. *Publikasi.(dprd.sumbarprov.go.id)


Berita Terkait :

 

Video

Foto

Kegiatan

  • BATIGO FEST

    • Senin, 28 Oktober 2019
    • Sabtu, 02 November 2019
  • Penerimaan Tenaga Pendamping Masyarakat (TPM)

    • Rabu, 19 Desember 2018
    • Minggu, 30 Desember 2018
  • arsip kegiatan

Tokoh