DISPORA SUMBAR” TRAINING “TENAGA PSP3


Post by Dinas Pemuda dan olahraga(Dinas Pemuda dan olahraga) | Posted on 23 September 2013 06:58:47 WIB | Berita Terkini | 1672 kali dibaca


 PADANG…Untuk memperkuat kapasitas bagi tenaga Pemuda Sarjana Penggerak Pembangunan di Pedesaaan ( PSP-3 ), sehingga secara individual atau kelompok dapat memahami, menjiwai dan menerapkan jiwa kepeloporan dan kemandirian di tengah-tengah lingkungan masyarakat , Dinas Pemuda dan Olahraga ( Dispora ) Provinsi Sumatra Barat, Bidang Pengembangan Pemuda dikordinir Seksi Kewirausahaan dan Kepeloporan Pemuda, gelar Kegiatan “Training”, 22 sampai 24 September 2013 di Hotel Rangkayo Basa jalan Hangtuah Padang.

Kegiatan ini dibuka Kadispora Sumbar Priadi Syukur didampingi Sekretaris Adib Alfikri, Kebid Pengembangan Pemuda, ketua panitia Kasi Kewirausahaan dan Kepeloporan Pemuda Adiwarman dan Koordinator kegiatan Iskandar.

Dalam sambutannya Priadi Syukur mengatakan, Kegiatan “Training” ini sangat penting bagi tenaga PSP-3 aktif maupun purna SP-3 dan PSP-3, sebab pada Training ini peserta akan diberi pengetahuan oleh para nara sumber, bagai mana cara berkecimpung dimasyarakat secara terus menerus untuk melakukan pembudayaan dan berkontribusi nyata dalam menggerakkan pembangunan di Pedesaaan, karena selama menjalankan kontraknya tenaga PSP-3 harus melaksanakan peran dan fungsinya, yang pada dasarnya merupakan masa penempaan kemandiriannya dan selanjutnya diharapkan mampu mengembangkan jiwa kewirausahaannya.

Priadi Syukur juga menyatakan,tenaga PSP-3 juga dituntut secara kongkrit dapat mempelopori kegiatan pembangunan pedesaan diberbagai bidang seperti, Sosial , Budaya dan ekonomi, selain itu PSP-3 juga dituntut untuk dapat mengembangkan jiwa kepemimpinan melalui peran pendamping dan penggerakan masyarakat.

“Kita berharap PSP-3 dapat memanfaatkan dan menjalankan Training ini semaksimal mungkin, karena dari training ini kalian akan banyak mendapat tuntunan dan petunjuk untuk berhadapan secara langsung dengan masyarakat,’’terang Priadi Syukur.

Ketua pelaksan Adiwarman menyampaikan, Program PSP-3 ini merupakan kebijakan pemerintah melalui Kementrian Pemuda dan Olahraga RI bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi, sebagaimana yang diatur dalam UU No.40 Tahun 2009 yang mencakup Kepeloporan, Kepemimpinan dan Kewirausahaan.

Untuk menguatkan Kapasitas pengembangan dan Pemberdayaan tenaga PSP-3 dalam mendampingi masyarakat, sehingga nantinya dapat meningkatkan hasil yang lebih kongkrit di bidang ekonomi, Sosial, ekonomi dan bidang lainnya, serta adanya refleksi atas apa yang telah dilaksanakan dan dicapai selama bertugas didaerah penempatan, maka PSP-3 perlu diberi pengetahuan melalui “Training”.

Sedangkan, lanjut Adiwarman, bagi tenaga PSP-3 yang purna harus berperan aktif setelah purna didalam kiprahnya di masyarakat dan terbangunnya kesiapan tenaga PSP-3 untuk mengotimalkan keberadaan Forum Purna PSP-3 , juga perlu penguatan melalui Training ini,’’katanya.

Peserta training berjumlah 57 PSP-3, yang terdiri dari angkatan XXI 15 orang ( Purna ), angkatan XXII 21 orang ( hampir purna ), dan angkatan XXIII 21 orang ( sedang berjalan ). Sementara nara sumber berasal dari Dispora Provinsi Sumatra Barat, Lembaga Pengabdian Masyarakat ( LPM )Unand dan Pengusaha Sukses.


Berita Terkait :

 

Video

Foto

Kegiatan

  • BATIGO FEST

    • Senin, 28 Oktober 2019
    • Sabtu, 02 November 2019
  • Penerimaan Tenaga Pendamping Masyarakat (TPM)

    • Rabu, 19 Desember 2018
    • Minggu, 30 Desember 2018
  • arsip kegiatan

Tokoh