ATLET PPLP SUMBAR JALANI TES PISIK


Post by Dinas Pemuda dan olahraga(Dinas Pemuda dan olahraga) | Posted on 20 Desember 2017 14:57:45 WIB | Berita Terkini | 603 kali dibaca


ATLET PPLP SUMBAR JALANI TES PISIK

PADANG,SP...Dinas Pemuda dan Olahraga ( Dispora ) Sumbar melalui UPTD Pusat Pendidikan dan Latihan Pelajar ( PPLP ) laksanakan kegiatan tes pengukuran fisik II bagi atlet 19 sampai 20 Desenber di komplek PPLP Sumatera Barat Jalan By Paas Sungai Sapih Padang.

Kadispora diwakili Kepala UPTD PPLP Sumbar, Rafli Efendi dalam sambutannya saat membuka secara resmi kegiatan itu menyampaikan, tes fisik berkala sangat penting untuk mengontrol kondisi fisik atlet yang telah menjalani latihan dengan program performa dalam tiap tingkat selama dalam pemusatan latihan pelajar Sumateara Barat .

“Kondisi fisik atlet akan terus dikontrol sambil kita juga mempersiapkan pelatih yang mendampingi atlet menjalani latihan selama di PPLP Sumbar. Itu dilakukan ketika atlet berlatih pagi dan sore,” kata Rafli.

Materi tes fisik untuk setiap cabang olahraga menurutnya berbeda-beda. Secara garis besar, tes fisik dilakukan untuk mengetahui level VO2 Max (volu­me oksigen saat melakukan kegiatan intensif), ketahanan tubuh, dan kekuat­an sejumlah bagian tubuh tergantung pada jenis cabang olahraga.

“Hasil tes fisik inilah yang akan menjadi dasar dalam penyusunan program latihan yang disebut additional exercise program. Itu akan menggenjot kondisi fisik atlet yang berada di PPLP Sumbar hingga mereka tamat nanti. Program itu disusun bersama dengan pelatih cabang olahraga,” ujar Rafli.

Panitia pelaksana Budi Ilyas melaporkan, tes pisik ini merupakan program kerja Dispora dan PPLP Sumbar tahun 2017, dalam rangka pembinaan dan peningkatan Sentra keolahragaan Provinsi Sumatera Barat.

Lebih lanjut disampaikannya, bahwa tes pengukura pisik II ini diikuti oleh semua atlet yang berada di PPLP Sumbar. Adapun pengukuran yang dijalani para atlet ada dua komponen, pertama pengukuran Antrophometri, yang terdiri dari: tinggi badan, berat badan, Indeks masa tubuh, dan panjang tungkai.

Kemudian lanjutnya, komponen kedua Tes pisik terdiri dari, tes sit and reach, tes lari 50 meter ( t- 20 m, t- 30 m, t- 50 m ), tes standing broad jump, tes sit up ( 2 menit ), tes lari 100 meter, tes lari 400 meter, dan tes lari 10,000 meter middle 20.000 meter long, ‘’ terang budi. ( Mul )

 


Berita Terkait :

 

Video

Foto

Kegiatan

  • Penerimaan Tenaga Pendamping Masyarakat (TPM)

    • Rabu, 19 Desember 2018
    • Minggu, 30 Desember 2018
  • HASIL SELEKSI ADMINISTRASI PADA SELEKSI TERBUKA JABATAN PIMPINAN TINGG

    • Minggu, 01 April 2018
    • Senin, 02 April 2018
  • arsip kegiatan

Tokoh