Talkshow Dinas Peternakan dan Keswan Prov. Sumbar


Post by Dinas Peternakan & Kesehatan Hewan(YUNI ERLITA, S.Pt) | Posted on 15 Desember 2017 18:23:26 WIB | Artikel | 619 kali dibaca


Talkshow Dinas Peternakan dan Keswan Prov. Sumbar

Kegiatan  Talk Show ” Progres Pembangunan Peternakan Sumatera Barat Tahun 2017 ” yang  ditayangkan tanggal 17 Desember 2017 di TVRI Sumbar dan membahas seputar peternakan dengan Narasumber Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Sumatera Barat (Erinaldi), yang didampingi oleh narasumber lainnya yaitu Ketua Komisi II DPRD Prov. Sumbar (Yuliarman), Pelaku Usaha Peternakan (Popy Irawan), dan Ketua MBeSC (Prof. Dr. Helmy).  

Khusus Bidang Peternakan yang dibahas adalah

Kredit Usaha Rakyat (KUR)

Kredit KUR di sektor peternakan dengan bunga 9 % merupakan kelanjutan subsidi bunga bagi peternak yang sebelumnya memakai Kredit KKPE ( Kredit Ketahanan Pangan dan Energi) serta KUPS ( Kredit Usaha Peternakan). Dengan realisasi yang cukup tinggi diharapkan kredit dengan suku bunga yang rendah disektor peternakan merupakan salah satu alternative meningkatkan populasi ternak sebagai tujuan meningkatkan swasembada pangan asal hewan.

Pembelian Ternak Via Internat (iTernak)

Sebagai percepatan Launching iTernak Register Kandang merupakan syarat utama dimana setiap kandang diberi nomor sesuai Kabupaten, Kecamatan dan Nagarinya serta dicatat populasi ternak dan kapasitas kandangnya, juga dicatat titik koordinat lokasi kandangnya.

Register kandang untuk seluruh wilayah Sumatera Barat sudah dilakukan pemuktahiran data ditahun 2017 dan sudah realisasi kurang lebih hampir 100 %.

AUTS (Asuransi Usaha Ternak Sapi)

Asuransi ini memberikan perlindungan dalam bentuk ganti rugi kepada peternak jika terjadi kematian sapi karena penyakit, kecelakaan atau hilang akibat pencurian sehingga peternak dapat meneruskan usahanya dengan membeli indukan sapi.

UPSUS SIWAB (Upaya Khusus Sapi Indukan Wajib Bunting)

Tujuan Upsus Siwab adalah :

  1. Sebagai percepatan populasi sapi dan kerbau meningkat agar swasembada ternak sapi tercapai sehingga dapat mewujudkan Indonesia mandiri dalam pemenuhan pangan asal hewan sekaligus meningkatkan kesejahteraan peternak rakyat.
  2. Upsus Siwab meliputi 2 cara yaitu dengan Inseminasi Buatan (IB) dan Intensifikasi Kawin Alam (INKA)

 


Berita Terkait :

 

Video

Foto

Kegiatan

  • BATIGO FEST

    • Senin, 28 Oktober 2019
    • Sabtu, 02 November 2019
  • Penerimaan Tenaga Pendamping Masyarakat (TPM)

    • Rabu, 19 Desember 2018
    • Minggu, 30 Desember 2018
  • arsip kegiatan

Tokoh