Dana Desa Perindah Wajah Kota Pariaman


Post by Diskominfo(Drs. AKRAL, MM) | Posted on 15 Desember 2017 12:51:51 WIB | Berita Terkini | 642 kali dibaca


Dana Desa Perindah Wajah Kota Pariaman

 

SIKAPAK TIMUR 15 Desember 2017, Pimpinan rombongan Tim Penilai Transparansi Dana Desa Provinsi Sumatera Barat Drs. H. Basril Thaher dalam sambutan pengantarnya mengatakan "Apa yang menjadi cita-cita Presiden kita Jokowidodo untuk memajukan Desa di Indonesia adalah membangun Desa untuk membangun Indonesia artinya membangun nasional dari Desa. Dengan demikian Desa bukan lagi sebagai objek pembangunan tetapi merupakan subjek pembangunan. Maka pemerintah menggelontorkan dana yang cukup besar ke Desa. Dana yang banyak ini harus dikelola dengan baik dan transparan, sehingga dana itu betul-betul digunakan sesuai dengan kebutuhan masyarakat, mulai dari perencanaan, pelaksanaan dan pelaporan, hal ini merupakan  sebagai bentuk pertanggungjawabannya. Dana Desa direncanakan dengan melibatkan banyak masyarakat dan dirapatkan di BAMUS, pelaksanaan juga melibatkan banyak orang dengan sistem padat karya, pelaporan juga harus dipublikasikan melalui Baliho, papan pengumuman dan sebagainya."

Mantan Penjabat Bupati Limapuluh Kota ini juga menghimbau "kelolalah Dana Desa dengan baik dan transparan, libatkan seluruh elemen masyarakat, hindari penyelewengan agar terhindar pula dari persoalan dan proses hukum," demikian beliau menutup antaran katanya, tim terdiri dari Drs. H. Basril Thaher, Heranof,  Ir. Basril Basyar. MM,  Candidate of Doctor, Zulnadi, SH, Jayusdi Effendi. SE, Gusfen Khairul dan Eko Yance Edri. 

Sebelumnya Walikota Pariaman yang diwakili oleh Sekretaris Daerah Kota Pariaman Indra Sakti. SH mengatakan "pengelolaan Dana Desa di Kota Pariaman dilaksanakan dengan sangat transparan, dengan melibatkan tiga komponen yaitu BAPPEDA, DPMD dan Dinas Pengelolaan Keuangan, dengan mengacu kepada aplikasi E-Planing,  E-Budgeting dan pertanggungjawabannya juga dengan menggunakan aplikasi computer, sehingga perencanaan dan penggunaan Dana Desa tidak bisa keluar dari aplikasinya". Adanya Dana Desa sudah dapat memperindah wajah kota kami, demikian pak Sekda. 

Selanjutnya Kepala Desa Sikapak Timur Syawirman. S. Kom dalam eksposenya menyampaikan tentang transparansi pengelolaan Dana Desa di Desanya selama ini, perencanaan selalu direncanakan dengan masyarakat dan melibatkan seluruh komponen masyarakat yang ada di Desa dan dirapatkan di BAMUS, hasilnya juga harus disetujui pula oleh BAMUS. Penggunaan dana Desa selama ini lebih banyak diarahkan untuk infrastruktur seperti jalan desa, irigasi tersier, Polindes, PAUD, Bumdes, sarana olahraga (lapangan bola), dan pemberdayaan ekonomi masyarakat. Kepala Desa yang juga sarjana komputer ini menegaskan lagi bahwa kemajuan teknologi informasi (TI) tidak bisa dihindari dan harus diikuti terutama dalam mengelola keuangan desa dan untuk mempublikasikan penggunaaan dana desa tersebut. Untuk transparansi pengelolaan dana desa di Desa Sikapak Timur sudah memanfaatkan IT seperti website desa, email twitter, WA Desa, disamping itu juga melalui Baliho, spanduk, dan papan informasi, demikian kepala desa menutup eksposenya. Demikian dilaporkan dari Sikapak Timur.   (by. Akral) 


Berita Terkait :

 

Video

Foto

Kegiatan

  • Penerimaan Tenaga Pendamping Masyarakat (TPM)

    • Rabu, 19 Desember 2018
    • Minggu, 30 Desember 2018
  • HASIL SELEKSI ADMINISTRASI PADA SELEKSI TERBUKA JABATAN PIMPINAN TINGG

    • Minggu, 01 April 2018
    • Senin, 02 April 2018
  • arsip kegiatan

Tokoh