Dana Desa Permudah Pemasaran Hasil Bumi Masyarakat Nagari


Post by Diskominfo(Drs. AKRAL, MM) | Posted on 13 Desember 2017 19:13:27 WIB | Berita Terkini | 724 kali dibaca


Dana Desa Permudah Pemasaran Hasil Bumi Masyarakat Nagari

Dana Desa Permudah Pemasaran Hasil Bumi Masyarakat Nagari

 

TIGO BALAI,  Pimpinan rombongan tim Penilai Transparansi Pengelolaan Dana Desa Provinsi Sumatera Barat Ir. Basril Basyar. MM, Candidate of Doctor di Nagari Tigo Balai Kecamatan Matur Kabupaten Agam Rabu 13 Desember 2017 mengatakan, bahwa dalam pengelolaan dana Desa/Nagari diperlukan transparansi, hal ini diperlukan agar masyarakat dapat mengetahui, untuk apa dana desa digunakan, bagaimana cara mempergunakan dan bagaimana pula cara mempertanggungjawabkan serta apa pula manfaat yang dihasilkannya. 

 

Selanjutnya mantan ketua PWI Sumbar ini menambahkan dimana dana Desa/Nagari cukup banyak dikucurkan ke Desa/Nagari, sementara kemampuan Walinagari dan aparaturnya dalam mengelola keuangan yang sangat besar ini masih belum memadai terutama kemampuan tata kelola keuangan berbasis komputer. Dengan demikian sangat diperlukan komitmen dari pemimpin dan staf, terutama dalam menyusun program yang sesuai dengan regulasi yang telah ditetapkan, demikian beliau menutup sambutannya. Sedangkan tim penilai terdiri dari Drs. H. Basril Thager, Heranof,  Ir. Basril Basyar, Zulnadi, SH, Jayusdi Effendi, dan Gusfen Khairul

Sebelumnya Bupati Agam yang diwakili Sekda Agam Drs. H. Martiaswanto, Dt. Maruhun menyampaikan pula bahwa Nagari Tigo Balai merupakan Nagari terbaik dari 82 Nagari yang ada di Kabupaten Agam. Hal ini dapat dilihat dari cara pengelolaan Dana Desa/Nagarinya, mulai dari perencanaan, pelaksanaan dan pertanggungjawaban serta hasil yang ada di lapangan, dan yang tidak kalah pentingnya adalah manfaat dari pengelolaan dana Desa/Nagari itu sendiri, dimana Dana Desa/Nagari ini telah dapat memudahkan pemasaran hasil bumi masyarakat Nagari, dimana semua jalan di Nagari Tigo Balai sudah bagus sehingga transportasi jadi lancar, dan hasil bumi dengan mudah dan cepat sampai ke konsumen. Kami berterima kasih kepada Pemerintah Pusat dan Provinsi yang telah memberikan bantuan dan bimbingan selama ini, demikian pak Sekda mengakiri sambutannya. 

Pemanfaatan Dana Desa /Nagari di Nagari Tigo Balai selama ini seperti ekspose Walinagarinya Jurniwati,  lebih banyak untuk membiayai kegiatan fisik diantaranya pembangunan jalan,  rabat beton, irigasi, drainase, gedung PAUD dan pelatihan ketrampilan, sementara dana Desa/Nagari di Tigo Balai di tahun 2017 ini berkisar 1,8 Milyar, demikian dilaporkan.  (by. Akral)


Berita Terkait :

 

Video

Foto

Kegiatan

  • BATIGO FEST

    • Senin, 28 Oktober 2019
    • Sabtu, 02 November 2019
  • Penerimaan Tenaga Pendamping Masyarakat (TPM)

    • Rabu, 19 Desember 2018
    • Minggu, 30 Desember 2018
  • arsip kegiatan

Tokoh