DISPORA SUMBAR GELAR KEGIATAN POLITIK CERDAS BERINTEGRITAS BAGI PEMUDA


Post by Dinas Pemuda dan olahraga(Dinas Pemuda dan olahraga) | Posted on 07 Desember 2017 18:09:41 WIB | Berita Terkini | 44 kali dibaca


DISPORA SUMBAR GELAR KEGIATAN POLITIK CERDAS BERINTEGRITAS BAGI PEMUDA

BUKITTINGGI, SP....Dinas Pemuda dan Olahraga ( Dispora ) Sumbar melalui Bidang Pemberdayaan Pemuda, Seksi Sumber Daya Pemuda dan IPTEK Kepemudaan, gelar kegiatan Politik Cerdas Berintegritas Bagi Pemuda,  dilaksanakan 3 sampai 8 Desember di Hotel Pusako Bukittinggi.

Kegiatan itu secara resmi dibuka Gubernur Sumatera Barat Prof.Dr.H. Irwan Prayitno, P.Si,M.Sc. Dalam sambutannya Gubernur menyampaikan lewat pantun, yang intinya sangat mendukung kegiatan ini, karena nilai yang terdapat dalamnya sangat positif bagi pemuda untuk mempelajari ilmu dari narasumber yang juga melibatkan KPK.

Dikatakanya, dimana KPK sebagai lembaga yang intens dalam memberantas korupsi, selain membenahi partai politiknya sendiri, KPK juga memiliki tiga program intervensi.

Pertama mempromosikan kode etik yang baik, kedua mempromosikan sistem rekrutmen yang baik, dan ketiga mulai membuka kelas Politik Cerdas Beribtegritas ( PCB ). Dengan demikian pemuda dapat mengetahui apa korupsi itu dan bagai mana cara memberantasnya, serta juga dapat meningkatkan kapasitas pemuda di kabupaten/kota se-Sumbar sehingga berewawasan nasional dan internasional,’’katanya.

“ kita berharap para peserta dapat mengikuti kegiatan ini sampai akhir, sehingga ilmu yang disampaikan narasumber bisa diserap, dan diamalkan pada diri sendiri dan msyarakat,’’ ucap Gubernur.

Panitia pelaksana Kepala Bidang Pemberdayaan Pemuda Dispora Sumbar, Hj. Yulfina,SE, Ak,MM melaporkan, kegiatan ini diikuti 45 orang pemuda dari kabupaten/kota se-Sumbaryang masih aktif.

Narasumber terdiri dari unsur Gubernur Sumbar, KPK RI, Dispora Sumbar, BPKP, Bundo Kanduang, DPRD Sumbar, dan narasumber dari daerah.

Sedangkan materi yang dibahas antara lain, Keynotspeaker, Kebijakan Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Sumatera Barat, Dasar dasar integritas, etika integritas dan korupsi, demokrasi, sistem pemilu dan kepartaian, akuntabilitas sosial, ekonomi politik dan korupsi, pengelolaan konflik kepentingan, korupsi dan perspkestif femenisme, kemuniaksi politik dan penguatan jejaring. Metode kegiatan meliputi,  ceramah, tanya jawab, diskusi dan penugasan,’’ urai Yulfina.

“ Tujuan dari kegiatan ini yakni memberikan pengetahuan dan ketrampilan dasar untuk menjadi politisi yang cerdas dan beintegritas kepada kader-kader politik muda untuk memeprsiapkan diri bergabung dengan partai politik di masing- masinh wilayah serta mebangun kehidupan berpolitik yang bermartabat dan anti korupsi. Menyiapkan kader- kader  politik muda di masing-masing wilayah untuk membangun kehidupan politik indonesia yang cerdas berintegritas ,’’ terang Yulfina. ( Mul )


Berita Terkait :

 

Video

Foto

Kegiatan

  • Penyerahan Hasil Pengawasan Kearsipan Eksternal (LAKE) oleh ANRI ke Le

    • Kamis, 14 Desember 2017
    • Kamis, 14 Desember 2017
  • Gerakan Nasional Sadar Tertib Arsip (GNSTA) di Provinsi Sumatera Barat

    • Kamis, 14 Desember 2017
    • Kamis, 14 Desember 2017
  • arsip kegiatan

Tokoh