RAKORNIS KELEMBAGAAN KABUPATEN/ KOTA SE- SUMATERA BARAT


Post by Biro Organisasi(DENI ALDES) | Posted on 23 November 2017 09:59:22 WIB | Artikel | 960 kali dibaca


RAKORNIS KELEMBAGAAN KABUPATEN/ KOTA SE- SUMATERA BARAT

      RAKORNIS KELEMBAGAAN KABUPATEN/ KOTA SE- SUMATERA BARAT

Dalam rangka menyamakan visi dan persepsi antara Pemerintah, Pemerintah Provinsi, dan Pemerintah Kabupaten/ Kota se Sumatera Barat tentang kebijakan di bidang penataan kelembagaan

perangkat daerah pasca ditetapkannya UU Nomor 23 tahun 2014 tentang Pemerintahan daerah dan PP Nomor 18 Tahun 2016 tentang Perangkat daerah, Biro Organisasi Setda Provinsi Sumatera Barat  menyelenggarakan Rakornis Kelembagaan Kabupaten/Kota se Sumatera Barat selama 4 ( hari ) mulai tanggal 22 s/d 25 November 2017 yang bertempat di Hotel Pusako Bukittinggi.Thema yang diangkat pada acar rakornis tersebut adalah “ Optimalisasi penataan kelembagaan kabupaten/kota pasca permendagri nomor 12/2017 dan pengenalan konsep city branding”

            Peserta Rakornis ini berjumlah sebanyak 74 orang, yang terdiri dari Kabag. Organisasi, Kasubag  yang membidangi kelembagaan, Kasubag Program pada Bappeda serta Operator Komputer pada Kabupaten/ Kota se Sumatera Barat.

            Pembukaan seremonial acara tersebut  dibuka oleh Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Barat, yang diwakili oleh Asisten Administrasi Umum, Drs. H. Nasir Ahmad, M,Si sedangkan narasumber adalah Direktur Fasilitasi Kelembagaan dan Kepegawaian pada Direktorat Jenderal Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri RI, Bapak Drs. Makmur Marbun, M.Si. Di samping itu juga turut menyampaikan ceramah adalah beberapa orang Kasubdit yang ada di lingkup Otoda Kemendagri.

          Adapun topik aktual yang akan disampaikan antara lain tentang City Branding. City Branding (atau Merk kota) adalah simbol berbentuk logo yang menjadi identitas dari sebuah kota, fungsi dari City Branding adalah untuk mempromosikan sebuah kota dalam bentuk logo dengan menonjolkan ciri khas dan keunggulan dari kota tersebut guna menarik minat pendatang untuk berkunjung.  City branding harus mudah diterjemahkan ke dalam bahasa asing, khususnya Bahasa Inggris harus menggambarkan pengertian yang sama dan identik, sehingga tidak membingungkan orang yang mengetahuinya.Sehingga dengan penyampaian materi tentang City Branding, diharapkan Pemerintah Kabupaten / Kota di Sumatera Barat dapat mengaplikasikannya pada Pemkab/Pemkonya masing - masing sesuai dengan kekhasannya.

           Topik lain yang tak kalah menarik yang akan diangkat pada acara Rakornis tersebut adalah pasca dikeluarkannya Permendagri Nomor 12 tahun 2017  tentang Pedoman Pembentukan dan Klasifikasi Cabang Dinas Unit Pelaksana Teknis Daerah, karena UPTD merupakan organisasi yang melaksanakan kegiatan teknis operasional dan/atau kegiatan teknis penunjang tertentu pada Dinas atau Badan Daerah.

            Masalahnya, terkait pembentukan Cabang Dinas dari UPTD sebagai perpanjangan dari perangkat daerah penyelenggara urusan pemerintahan bidang pendidikan menengah, kelautan dan perikanan, energi dan sumber daya mineral, dan kehutanan yang dibentuk sebagai unit kerja dinas dengan wilayah kerja tertentu.

            Acara rakornis ini terbilang istimewa karena pihak Ditjen Otoda Kemendari mendatangkan personil cukup banyak ( 14 orang sekaligus ) dan waktu yang mencapai 4 hari.


Berita Terkait :

 

Video

Foto

Kegiatan

  • BATIGO FEST

    • Senin, 28 Oktober 2019
    • Sabtu, 02 November 2019
  • Penerimaan Tenaga Pendamping Masyarakat (TPM)

    • Rabu, 19 Desember 2018
    • Minggu, 30 Desember 2018
  • arsip kegiatan

Tokoh