Sosialisasi Peran Satlinmas Dalam Pelaksanaan Pilkada Serentak Tahun 2018


Post by Satuan Polisi Pamong Praja(AFIF AFDISYA) | Posted on 21 November 2017 09:38:56 WIB | Artikel | 1505 kali dibaca


Sosialisasi Peran Satlinmas Dalam Pelaksanaan Pilkada Serentak Tahun 2018

Dalam rangka pelaksanaan Pilkada serentak tahun 2018 Satpol PP dan Damkar Prov. Sumbar melakukan sosialisasi terkait peran Satlinmas dalam pelakasanaan Pilkada serentak tahun 2018. Sosialisasi ini dilaksanakan pada tanggal 16 s.d 17 November 2017 yang diadakan di hotel Aliga Padang. Peserta sosialisasi berjumlah 50 orang  terdiri dari 12 orang perwakilan masing-masing Satpol PP Kota Padang, Kota Solok, Kota Pariaman, dan Kota Padang Panjang.

Kegiatan dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, dilanjutkan dengan Laporan Panitia oleh Kepala Bidang Perlindungan Masyarakat Satpol PP Prov. Sumbar (Noviaman, SH) kemudian sambutan (pembukaan) oleh Wakil Gubernur Sumbar (Nasrul Abit) yang menyampaikan materi dengan tema “Optimalisasi Peran Satlinmas Dalam Pelaksanaan Pilkada Serentak Tahun 2018”. Pilkada serentak kali ini dilaksanakan oleh 17 Provinsi, 39 Kota dan 115 Kabupaten yang ada di Indonesia. Peran Satpol PP dan Satlinmas yang diharapakan pada saat Pilkada :

  1. Pengamanan terbuka pada tiap tahapan Pilkada (jaga, kawal dan patroli).
  2. Pengamanan tempat-tempat penyelengaraan tahapan Pilkada (gudang penyimpanan logistik, TPS dan Penjagaan Logistik hasil pemungutan suara).
  3. Bersama Polri melaksanakan Patroli pada masa tenang.
  4. Bersama Polri melaksanakan penanganan tahap awal setiap gangguan yang terjadi selama tahapan Pilkada.
  5. Menjaga Netralitas.

Dengan terbentuknya stuktur Satlinmas di Sumatera Barat, diharapakan kepada Kepala Pemerintahan sampai tingkat terendah dapat memanfaatkan Satlinmas sebagai Aparatur yang dapat membantu dalam urusan keamanan lingkungan, Ketentraman dan ketertiban umum serta penaggulangan bencanan maupun kegiatan kemasyarakatan lainnya.

        Acara dilanjutkan penyampaian materi oleh Kasubdit Perlindungan Masyarakat Ditjen BAK Kemendagri (Beny M. Pakpahan) dengan tema “Eksistensi Peran Satlinmas Dalam Pelaksanaan Pilkada Serentak Tahun 2018”. Agar Satlinmas lebih meningkatkan lagi kapasitasnya supaya lebih berkualitas dan mempunyai disiplin tinggi melalui berbagai pelatihan khususnya yang berkaitan dengan Pilkada dan meningkatkan koordinasi dengan instansi terkait serta lembaga kemasyarakatan lainnya dalam melaksanakan pengamanan Pilkada serentak tahun 2018.

        Dilanjutkan penyampaian materi oleh Kasat Pol PP dan Damkar Prov. Sumbar (Zul Aliman, SE, MM) dengan tema “Penyelenggaraan Perlindungan Masyarakat”. Organisasi yang melaksanakan penyelenggaraan dan pemberdayaan perlindungan masyarakat disebut dengan Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas). Tugas anggota Satlinmas :

  1. Membantu dalam penaggulangan resiko bencana
  2. Membantu penyelenggaraan perlindungan nasional
  3. Membantu penyelenggaran tibum dan Tranmas dalam pemilu
  4. Membantu kegiatan sosial kemasyarakatan

Kemudian penyampaian materi terkahir oleh Ketua KPU Prov. Sumbar (Amnasmen) dengan tema “Tupoksi Satlinmas dalam Pilkada 2018”. Dalam upaya membantu pemerintah menyelenggarakan ketertiban Umum, ketentraman, dan perlindungan masyarakat maka partisipasi aktif Satpol PP dibutuhkan hampir pada setiap tahapan pemilu, dibutuhkan sinergi dan koloborasi  yang optimal antara Satpol PP dan penyelenggara pemilu ( KPU dan Bawaslu) untuk mewujudkan pemilu yang berintegritas, luber dan jurdil.


Berita Terkait :

 

Video

Foto

Kegiatan

  • HASIL SELEKSI ADMINISTRASI PADA SELEKSI TERBUKA JABATAN PIMPINAN TINGG

    • Minggu, 01 April 2018
    • Senin, 02 April 2018
  • Penyerahan Hasil Pengawasan Kearsipan Eksternal (LAKE) oleh ANRI ke Le

    • Kamis, 14 Desember 2017
    • Kamis, 14 Desember 2017
  • arsip kegiatan

Tokoh