Acara Pembukaan Review Komisi Penanggulangan (KPA) HIV/AIDS se-Sumatera Barat Tahun 2017


Post by Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa(IZATI, A.Md) | Posted on 08 November 2017 22:15:23 WIB | Kegiatan Strategis | 60 kali dibaca


Acara Pembukaan Review Komisi Penanggulangan (KPA) HIV/AIDS se-Sumatera Barat Tahun 2017

Pelaksanaan Acara Pembukaan Review Komisi Penanggulangan (KPA) HIV/AIDS se-Sumatera Barat Tahun 2017, yang dilaksanakan pada hari ini tanggal 8 November 2017 bertempat di Ruangan Rapat Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Sumatera Barat Jalan Pramuka No. 13 Khatib Sulaiman Padang.

Dalam Kegiatan Acara Pembukaan Review Komisi Penanggulangan (KPA) HIV/AIDS se-Sumatera Barat Tahun 2017 dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Sumatera Barat diwakili oleh Kepala Bidang Kelembagaan Masyarakat dan Adat Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Sumatera Barat, Rabu (8/10).

Dalam sambutannya Kepala Bidang Kelembagaan Masyarakat dan Adat Dra. HENDRAWATI ROZA, M.Si mengatakan bahwa penyebaran virus HIV sudah menjangkau seluruh lapisan strata sosial yang ada di masyarakat, terutama penduduk usia produktif. Adapun penyebab penularannya sebahagian besar karena penyalahgunaan napza suntik dan perilaku seks menyimpang (penjaja seks, laki-laki suka laki-laki dan waria). Kondisi ini diperparah lagi dengan pandangan masyarakat terhadap penyandang HIV dan AIDS kurang bersahabat dan adakalanya mereka dikucilkan. Hal tersebut menyebabkan kelompok-kelompok beresiko dan sudah tertular penyakit HIV dan AIDS cenderung tertutup.

Dihadapkan pada kenyataan dan permasalahan ini maka upaya yang paling relevan untuk dilakukan dalam rangka pencegahan penularan HIV/AIDS adalah dengan cara penggalangan peran serta aktif masyarakat serta keterlibatan OPD dan Lembaga terkait karena penyakit HIV dan AIDS, selain merupakan masalah kesehatan juga merupakan masalah sosial dimana dampak dan akibatnya sangat mempengaruhi ketentraman dan rasa aman”, tutur Kabid.

Kepala Bidang Kelembagaan Masyarakat dan Adat Dra. HENDRAWATI ROZA, M.Si dalam Laporan Panitia Penyelenggaraan menyampaikan bahwa peserta Acara Pembukaan Review Komisi Penanggulangan (KPA) HIV/AIDS se-Sumatera Barat Tahun 2017 berjumlah 40 orang yang berasal dari Kabupaten/Kota dan Provinsi, yaitu : Unsur Pemberdayaan Masyarakat Kabupaten/Kota se-Sumatera Barat 19 orang, Unsur Komisi Penanggulangan (KPA) HIV/AIDS Kabupaten/Kota se-Sumatera Barat 19 orang, Unsur Provinsi Sumatera Barat 2 orang.

Adapun narasumber pada Review ini adalah : Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Barat, Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Provinsi Sumatera Barat dan KPA Kota Bukittinggi.

Tujuan dari Penyelenggaraan Acara Pembukaan Review Komisi Penanggulangan (KPA) HIV/AIDS se-Sumatera Barat Tahun 2017 :

  1. Untuk menyatukan persepsi dan penanganan dalam penganggulangan HIV/AIDS melalui pembentukan Kelembagaan Komisi Penanggulangan AIDS di Kabupaten/Kota masing-masing.
  2. Untuk meningkatkan pemahaman dan peran serta masyarakat dalam penanggulangan HIV/AIDS mulai dari pencegahan (preventif), penanganan/penyuluhan (promotif) dan pemulihan (rehabilittif).
  3. Forum pertemuan dan silaturahmi KPA HIV/AIDS se-Sumatera Barat.

Hasil yang diharapkan dari Pelaksanaan Review Komisi Penanggulangan (KPA) HIV/AIDS bagi Kabupaten/Kota se-Sumatera Barat Tahun 2017 ini  adalah :

Untuk menambah wawasan Aparat Pemberdayaan dan Komisi Penanggulangan HIV/AIDS di Kabupaten/Kota se-Sumatera Barat, terjalinnya koordinasi dan kerjasama antara sesama Komisi Penanggulangan HIV/AIDS Kabupaten/Kota dengan Komisi Penanggulangan HIV/AIDS Provinsi, terlaksananya evaluasi Program KPA HIV/AIDS se-Sumatera Barat, dan terbentuknya KPA HIV/AIDS di Kabupaten/Kota se-Sumatera Barat.

Penyelenggaraan Review ini dibebankan pada APBD Provinsi Sumatera Barat DPA/OPD Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Sumatera Barat.

 

 


Berita Terkait :

 

Video

Foto

Kegiatan

  • WIKILATIH PADANG

    • Sabtu, 25 November 2017
    • Sabtu, 25 November 2017
  • GEBYAR PENDIDIKAN 2017

    • Kamis, 16 November 2017
    • Sabtu, 18 November 2017
  • arsip kegiatan

Tokoh