Wagub Nasrul Abit Serahkan Bantuan Alat Tangkap Udang dan Ikan


Post by Diskominfo(EKO KURNIAWAN, S.Kom) | Posted on 08 November 2017 10:58:14 WIB | Berita Terkini | 895 kali dibaca


Wagub Nasrul Abit Serahkan Bantuan Alat Tangkap Udang dan Ikan

Padang, 7 November 2017 

Wagub Sumbar Drs. H. Nasrul Abit Dt. Malintang Panai menyerahkan bantuan alat tangkap trammel net untuk nelayan Batu berantai Batang Arau Kota Padang. Hadir dalam penyerahan bantuan trammel net ini Camat Padang Selatan, Lurah dan masyarakat nelayan Batang Arau Padang.

Wagub Nasrul Abit menjelaskan Trammel net merupakan salah satu jenis alat penangkap ikan yang banyak digunakan oleh nelayan dan hasil tangkapannya sebagian besar berupa udang, walaupun hasilnya masih jauh dibawah pukat harimau (trawl).

Di kalangan nelayan, Trammel net sering disebut juga "Jaring kantong", " Jaring Gondrong" atau "Jaring Udang". Sejak pukat harimau dilarang penggunaannya, Trammel net semakin banyak digunakan oleh nelayan.

Selanjutnya Wagub menambahkan trammel net merupakan jaring tiga lapis yang menetap di dasar air atau hanyut mengikuti arus/kapal atau ditarik salah satu sisinya. Dua lapis jaring dindingnya mampunyai mata besar sedangkan yang didalam bermata lebih kecil dan tergantung longgar. Ikan dapat terpuntal pada jaring bagian dalam setelah menembus bagian luar.

Alat ini banyak diusahakan untuk penangkapan udang karena sesuai dengan lingkungan dan cara hidup dari udang dan jenis binatang demersal lainnya. Maka alat setelah dilepas diharapkan dapat mencapai dasar dengan baik.

Dengan kondisi tersebut diharapkan bahwa selain udang dan ikan-ikan demersal yang menjadi sasaran/tujuan penangkapan, ikan lainnya yang dalam perdagangan mempunyai harga yang layak dapat tertangkap juga. Contoh: kakap, bawal hitam, bawal putih, manyung, dll.

"Gunakanlah alat tangkap trammel net ini dengan sebaik-baiknya, semoga dengan adanya bantuan alat tangkap ini, bisa meningkatkan pendapatan dan perekonomian masyarakat nelayan, dan bagi para nelayan yang belum kebagian alat tangkap trimmer net ini untuk bersabar, karena anggaran yang terbatas dan Pemerintah Provinsi Sumatera Barat akan mengupayakan tambahan alat tangkap trimmer net ini," ujar Wagub mengakhiri sambutannya".


Berita Terkait :

 

Video

Foto

Kegiatan

  • Penerimaan Tenaga Pendamping Masyarakat (TPM)

    • Rabu, 19 Desember 2018
    • Minggu, 30 Desember 2018
  • HASIL SELEKSI ADMINISTRASI PADA SELEKSI TERBUKA JABATAN PIMPINAN TINGG

    • Minggu, 01 April 2018
    • Senin, 02 April 2018
  • arsip kegiatan

Tokoh