RAPAT KOORDINASI FORUM DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL PROVINSI SUMATERA BARAT KE IV TAHUN 2017


Post by Dinas Pengendalian Penduduk, KB, Kependudukan & Pencatatan Sipil(FITHRATUL MUSLIMAH, S.Kom) | Posted on 31 Oktober 2017 09:28:08 WIB | Kependudukan | 340 kali dibaca


Download File

              RAPAT KOORDINASI FORUM DINAS KEPENDUDUKAN & PENCATATAN SIPIL

                       PROVINSI SUMATERA BARAT KE IV TAHUN 2017

Bertempat di Hotel Maninjau Indah, pelaksanaan Rapat Koordinasi Forum Dinas Kependudukan dan Pencatatan  Sipil Provinsi Sumatera Barat ke IV tahun 2017, diselenggarakan selama 3 (tiga) hari dari tanggal 19 s/d 21 Oktober 2017 dengan tema “Melalui Rakor Forum Dukcapil Kita Lakukan Penyamaan Persepsi Tentang Data Penduduk Untuk Urusan Keimigrasian di Provinsi Sumatera Barat”, yang dibuka secara resmi oleh Bapak Bupati Agam, yang dalam hal ini diwakili oleh Asisten I Bidang Hukum, Pemerintahan (Yosepriawan), untuk kali ini yang menjadi tuan rumah adalah Pemerintah Daerah Kabupaten Agam, dengan peserta ± 78 (tujuh puluh delapan) orang, diikuti oleh Kepala Dinas DPPKBKPS Provinsi beserta jajarannya dan Kepala/Sekretaris Dinas Dukcapil 19 Kabupaten/Kota se Sumatera Barat serta utusan Perwakilan dari Kantor Imigrasi Kelas I Padang, Perwakilan Kantor Imigrasi Kelas II Agam dan utusan Direktorat Bintur Ditjen Dukcapil Kemendagri RI (Bapak Ridwan).

Rakor Forum ini dilaksanakan antara lain bertujuan untuk mengintegrasi dan validasi data yang terkait dengan pengurusan keimigrasian dengan data yang telah dikeluarkan oleh Disdukcapil, memonitoring dan mengevaluasi kegiatan yang telah dilaksanakan oleh Dinas Dukcapil Kabupaten/Kota se Sumatera Barat, sekaligus  untuk memperlancar komunikasi dan koordinasi antar wilayah Kabupaten/Kota dan Propinsi serta Pemerintah Pusat  (Direktorat Dukcapil Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia). Acara Rakor Forum Dinas Dukcapil dipimpin langsung oleh Kepala Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Kependudukan dan Pencatatan Sipil Provinsi Sumatera Barat (Bapak Novrial, SE, MA, Akt).

Agenda dari  Rakor Forum antara lain : 

  1. Penyamaan Persepsi Tentang Data Penduduk Untuk Urusan Keimigrasian, Permasalahan disampaikan oleh Kadis Agam dan Sijunjung, dipimpin Ketua Forum
  2. Sinkronisasi Data Konsolidasi Bersih dan Data Demografi oleh ADB Kabupaten Solok, dipimpin Sekdis Provinsi, dipaparkan oleh Bapak Wandi (ADB Kab. Solok)
  3. Presentasi Tentang Penilaian Kinerja Disdukcapil  (Direktorat Bintur Ditjen Dukcapil Kemendagri RI (Bapak Ridwan)
  4. Membicarakan Randown Acara Kunjungan Dirjen Dukcapil Kemendagri RI ke Sumatera Barat tanggal 2 s/d 5 November 2017.

Kesimpulan :

  1. Disdukcapil dan imigrasi punya tujuan yang sama untuk memudahkan penduduk dalam pengurusan dokumen kependudukan sehingga perlu kehati-hatian dalam  mengeluarkan dokumen kependudukan.
  2. Imigrasi dan Disdukcapil harus memiliki pemahaman yang sama dalam hal mengatasi permasalahan untuk penulisan nama, imigrasi tidak perlu menggiring masyarakat ke pengadilan, cukup ke Disdukcapil saja.
  3. Imigrasi terlalu kaku terkait dengan data yang sudah dikeluarkannya, disarankan agar imigrasi juga mau menyesuakan dokumen yang dikeluarkannya dengan dokumen yang dikeluarkan disdukcapil kabupaten/kota.
  4. Dukcapil dapat memberikan surat keterangan untuk mempertegas singkatan nama dari masyarakat, dan untuk memperkecil kesalahan dalam penulisan nama perlu dilakukan sosialisasi kemasyarakat dalam penulisan nama bagi anggota keluarganya.
  5. Provinsi berjanji akan menindaklanjuti permasalahan yang disampaikan dalam rakor di Kabupaten Agam, dan akan melakukan koordinasi lanjutan dengan pihak imigrasi kelas I Padang dan Kelas II Agam.
  6. Perlu dilakukan Sinkronisasi Data Konsolidasi Bersih dan Data Demografi dalam rangka pemanfaatan data.


Berita Terkait :

 

Video

Foto

Kegiatan

  • HASIL SELEKSI ADMINISTRASI PADA SELEKSI TERBUKA JABATAN PIMPINAN TINGG

    • Minggu, 01 April 2018
    • Senin, 02 April 2018
  • Penyerahan Hasil Pengawasan Kearsipan Eksternal (LAKE) oleh ANRI ke Le

    • Kamis, 14 Desember 2017
    • Kamis, 14 Desember 2017
  • arsip kegiatan

Tokoh