DINAS PERINDUSTRIAN DAN PERDAGANGAN PROVINSI SUMATERA BARAT MENGADAKAN PENILAIAN TERHADAP TPL


Post by Dinas Perindustrian dan Perdagangan(BUDI SETIAWAN, ST, M.Si) | Posted on 31 Oktober 2017 08:19:54 WIB | Berita Terkini | 1584 kali dibaca


DINAS PERINDUSTRIAN DAN PERDAGANGAN PROVINSI SUMATERA BARAT MENGADAKAN PENILAIAN TERHADAP TPL

Dalam rangka meningkatkan kualitas hasil kerja dari Tenaga Penyuluh Lapangan (TPL) Disperindag Sumatera Barat mengadakan penilaian terhadap TPL yang berada si Sumatera Barat. Ada 3 yang akan dinilai yaitu Presentasi hasil kerja TPL, Laporan Kerja dan melakukan kunjungan langsung Disperindag Sumbar kepada IKM yang dibina oleh TPL.

Pada tahap awal penilaian dilakukan terhadap Presentasi hasil kerja TPL, ada 13 orang TPL yang melakukan presentasi. Adapun yang dinilai pada tahap ini adalah Verbal, Visual dan Vokal. Penilaian verbal terdiri dari keseuaian setiap point dengan point lainnya. Seperti  adanya keseuaian antara permasalahan dengan penyelesaian permasalahan. Kemudian Bahan Presentasi yang disampaikan cukup menarik terakhir  narasi bahasa yang disampaikan cukup dipahami peserta.

Pada tahap visual yang dinilai adalah kerapian dari pemberi presentasi, kemudian menggunakan tool-tool yang mempermudah peserta memahami presentasi dan bahasa tubuh yang pada saat presentasi.

Pada tahap Vokal yang dinilai adalah intonasi atau penekanan pada saat presentasi yang akan memperjelas presentasi yang disampaikan.

Acara dimulai pukul  10.00 WIB di Aula Dinas Provinsi Sumatera Barat, presentasi dimulai dari TPL Kabupaten Kota Padang, setelah presentasi peserta dan juri penilai akan menaggapi hasil presentasi. Presentasi diakhiri oleh TPL dari Kabupaten Sijunjung.

Setelah presentasi telah disampaikan oleh semua TPL, para juri menyampaikan beberapa saran untuk perbaikan untuk masa yang akan datang, diantaranya adalah penguasaan materi, memiliki kesabaran dan presentasi yang kita sampaikan memang yang kita kerjakan di lapangan, kalau semuanya sudah dilakukan  presentasi akan menarik perhatian peserta.

Setelah saran-saran disampaikan oleh para juri, Sekretaris Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sumatera Barat menyampaikan kegiatan penilaian TPL ini merupakan bagian dari evaluasi terhadap TPL selain meningkatkan kualitas hasil kerja dari TPL. Dari evaluasi kami sebelumnya kami lihat belum begitu memuaskan. Harapan kami ada inovasi, kreativitas dalam menyelesaikan permasalahan-permasalahan IKM. Dengan adanya presentasi ini diharapkan ada hasil yang dilakukan oleh TPL dilapangan.

Sehubungan pemerintah pusat menargetkan 20.000 wirausaha baru, salah satu indikatornya adalah surat izin usaha, sehubungan dengan itu diharapkan kepada TPL untuk membantu program Pemerintah tersebut dengan mensosialisasikannya kepada IKM yang dibina, semakin banyak IKM yang dibina yang mengurus izin usahanya, maka akan semakin berhasil program TPL ini, apalagi semua TPL menjadi pelaku industri. Dari evaluasi sebelumnya persentase TPL menjadi pelaku industri masih kecil, padahal tujuan dari TPL ini menjadi pelaku industry, sehingga program ini bisa diangap gagal oleh Kementerian Perindustrian. Terahir acara ditutup oleh Sekretaris Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sumatera Barat.


Berita Terkait :

 

Video

Foto

Kegiatan

  • BATIGO FEST

    • Senin, 28 Oktober 2019
    • Sabtu, 02 November 2019
  • Penerimaan Tenaga Pendamping Masyarakat (TPM)

    • Rabu, 19 Desember 2018
    • Minggu, 30 Desember 2018
  • arsip kegiatan

Tokoh