IVA Test di DPMD Prov.Sumbar


Post by Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa(IZATI, A.Md) | Posted on 18 Oktober 2017 16:04:29 WIB | Kegiatan Strategis | 61 kali dibaca


IVA Test di DPMD Prov.Sumbar

Padang, Rabu (18/10/2017) Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Sumatera Barat menyelenggarakan kegiatan Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA) Test di Ruang Rapat Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Sumatera Barat Jalan Pramuka No. 13 Khatib Sulaiman Padang.

Kegiatan ini berdasarkan Surat Edaran Gubernur Sumatera Barat Nomor : 440/2489/P2P/2017 tanggal 22 September 2017 tentang Deteksi Dini Kanker Serviks dan Payudara bulan Oktober 2017.

Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA) Test di Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Sumatera Barat diikuti oleh ASN DPMD Prov.Sumbar dan para istri ASN DPMD Prov.Sumbar, dilakukan oleh Petugas Kesehatan Puskesmas Kuranji Kota Padang.

Petugas Kesehatan Puskesmas Kuranji Kota Padang mengatakan bahwa Petugas Kesehatan akan menjamin kerahasiaan pasien yang melakukan IVA Test. Itu merupakan privasi. Meskipun ada yang positif mengidap kanker serviks tidak perlu khawatir atau takut untuk melakukan deteksi dini kanker tersebut.

Kanker Serviks (Kanker Leher Rahim) adalah tumor ganas yang tumbuh didalam leher rahim (serviks). Kanker Serviks biasanya menyerang wanita yang berusia 35-55 tahun. Penyebabnya adalah merokok, melakukan hubungan seksual pertama pada usia dini, berganti-ganti pasangan hubungan seks, gangguan sistem kekebalan, pemakaian obat pil kontrasepsi/KB, suami pasangan seksualnya melakukan hubungan seksual pertama pada usia dini dibawah umur 18 tahun berganti-ganti pasangan atau pernah menikah dengan wanita yang menderita kanker serviks, pemakaian DES pada wanita hamil untuk mencegah keguguran. Gejala dari Kanker Serviks adalah pendarahan pada vagina yang tidak normal, menstruasi yang tidak normal, keputihan yang menetap dengan cairan yang encer, mengandung darah atau hitam serta bau, nyeri pinggul, punggung atau tungkal, keluar air kemih atau tinja dari vagina, nafsu makan berkurang, penurunan berat badan dan sering kelelahan. Pencegahannya adalah dengan melakukan pemeriksaan IVA Test.

Pemeriksaan Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA) Test adalah dengan cara mengoleskan secara langsung asam asetat/cuka encer (konsentrasi 3-5%) pada leher rahim, setelah ditunggu kurang lebih satu menit akan terlihat bercak putih bila terdapat perubahan pada sel (displasia).

Pemeriksaan IVA merupakan pemeriksaan yang sederhana, murah, cepat dan cukup akurat untuk menemukan kelainan pada tahap kelainan sel (displasia) atau sebelum pra kanker bila dibandingkan dengan pemeriksaan lainnya. Jika dalam pemeriksaan IVA terlihat lesi warna putih dengan ukuran tidak melebihi besar kriotip, dokter akan melakukan tindakan krioterapi yang dapat dilakukan di Puskesmas. Bila bercak putih melebihi kriotip, atau sampai ke liang senggama, petugas kesehatan akan merujuk ke rumah sakit untuk tindakan selanjutnya.

Kriotip adalah tindakan pengobatan memakai alat krioterapi dengan cara pendinginan agar terjadi pembekuan untuk menghancurkan sel yang tidak normal.

 

 

 

 


Berita Terkait :

 

Video

Foto

Kegiatan

  • WIKILATIH PADANG

    • Sabtu, 25 November 2017
    • Sabtu, 25 November 2017
  • GEBYAR PENDIDIKAN 2017

    • Kamis, 16 November 2017
    • Sabtu, 18 November 2017
  • arsip kegiatan

Tokoh