Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan


Post by Diskominfo(EKO KURNIAWAN, S.Kom) | Posted on 23 September 2017 23:09:17 WIB | Berita Terkini | 1519 kali dibaca


Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan

Padang, 23 September 2017

Guna menjaga semangat kebangsaan dan cinta tanah air, maka gaung pemahaman tentang Empat Pilar Kebangsaan harus terus disosialisasikan. Empat Pilar Kebangsaan, yakni Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhineka Tunggal Ika harus menjadi dasar pemikiran usaha bela negara.

Menyosialisasikan pemahaman Empat Pilar Kebangsaan kepada para pemuda atau mahasiswa sangat tepat. Tentu saja karena generasi muda memiliki peranan dan kontribusi yang penting dalam menentukan Indonesia di masa depan.

Di hadapan ratusan mahasiswa Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol, Padang, Wakil Ketua MPR RI Oesman Sapta Odang (OSO) menyampaikan kuliah umum pentingnya generasi muda memahami Empat Pilar Kebangsaan. 

Dalam pemaparannya, OSO memaparkan bagaimana generasi muda harus semangat dalam menjalankan Empat Pilar Kebangsaan. Ia juga menekankan pentingnya peran dan kontribusi generasi muda dalam menentukan Indonesia ke depannya.

Bangsa yang kuat, lanjut OSO, berasal dari kualitas generasi mudanya sebagai generasi penerus. Ini membuktikan dengan semangat dan kerja keras, kita dapat mandiri dalam mensejahterakan negeri ini. Semua itu diawali dari ketauladanan, disiplin, dedikasi serta motivasi yang tinggi dari generasi muda.

“Sejarah Indonesia sudah membuktikan betapa pentingnya peran generasi muda sebagai penentu masa depan bangsa. Mahasiswa (generasi muda) juga hendaknya turut serta mengawal proses demokrasi yang terjadi di Indonesia. Sejatinya, kemajuan bangsa ini di masa depan dapat dicapai dengan peran serta generasi muda dalam menentukan siapa pemimpinnya, karena mereka kelak juga akan menggantikannya,” pungkasnya.

Sementara itu, Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit yang ikut hadir pada kesempatan tersebut menyampaikan nilai-nilai empat pilar kebangsaan tersebut merupakan modal penting bagi para pemuda dalam menjaga kesatuan bangsa.

"Saat ini banyak para pemuda yang sudah tidak mempunyai jiwa yang berlandaskan 4 pilar kebangsaan tersebut, terbukti dengan banyak nya perilaku negatif yang sangat merugikan pemuda itu sendiri dan tentunya bangsa ini," ujar Wagub.

Menurut Wagub, sosialisasi tentang 4 pilar kebangsaan mesti terus di lanjutkan.

“Harapan kita semua, dengan adanya pembekalan Empat Pilar Kebangsaan ini, terutama kepada mahasiswa, dapat membentuk karakter sebuah bangsa yang sangat ditentukan oleh kualitas generasi mudanya,” tutupnya.


Berita Terkait :

 

Video

Foto

Kegiatan

  • BATIGO FEST

    • Senin, 28 Oktober 2019
    • Sabtu, 02 November 2019
  • Penerimaan Tenaga Pendamping Masyarakat (TPM)

    • Rabu, 19 Desember 2018
    • Minggu, 30 Desember 2018
  • arsip kegiatan

Tokoh