PELUNCURAN LAYANAN SAMSAT NAGARI/DESA SUMATERA BARAT TAHUN 2017


Post by Badan Keuangan Daerah(YADI ARHAM, S.Kom) | Posted on 19 September 2017 12:41:59 WIB | Berita Terkini | 1665 kali dibaca


PELUNCURAN LAYANAN SAMSAT NAGARI/DESA SUMATERA BARAT TAHUN 2017

 Provinsi Sumatera Barat menjadi daerah percontohan kedua di Indonesia setelah daerah Jogjakarta dengan diluncurkannya Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) beberapa waktu lalu. Kakorlantas Polri, Irjen Pol Royke Lumowa mengatakan, dengan adanya layanan Samsat di tingkat nagari/desa akan memberikan kemudahan masyarakat untuk melakukan pengurusan surat kendaraan bermotor.

“Jadi, Sumbar dapat dijadikan provinsi kedua sebagai daerah percontohan Samsat untuk nagari ini. Daerah yang dipilih yakni Nagari Koto Baru Kabupaten Solok dan Nagari Pasir Talang Barat Kabupaten Solok Selatan. Artinya dengan hal ini telah sejalan dengan program prioritas Korlantas Polri,” ujarnya saat melakukan launching Samsat Nagari di Kantor Wali Nagari Koto Baru, Kabupaten Solok, Senin tanggal 18 September 2017.

Ia menjelaskan, Samsat Nagari dibentuk berdasarkan pertimbangan dari populasi pertumbuhan kendaraan bermotor sehingga berpengaruh terhadap registrasi dan identifikasi kendaraan bermotor, khususnya dalam hal pelayanan publik di bidang kesamsatan.

“Semoga saja dengan adanya samsat Nagari/Desa ini mempermudah masyarakat dalam perpanjangan STNK dan yang lainnya, mudah-mudahan kita bisa memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat.

Sementara itu, Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit berharap dengan adanya Samsat Nagari dapat memudahkan warganya dalam mengurus surat-surat kendaraan terutama yang tinggal di pelosok nagari. Sehingga, masyarakat nagari tidak perlu jauh ke kota untuk mengurus surat kendaraanya, karena sudah ada di nagarinya.

Nasrul berharap, dioperasionalkannya Samsat Nagari di Sumbar, yakni di Nagari Koto Baru, Kabupaten Solok dan Nagari Pasir Talang, Kabupaten Solok Selatan dapat menjadi contoh dari nagari lainnya ada di Sumbar sehingga masyarakat dapat terlayani memenuhi kewajiban membayar pajak dengan mudah.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala UPT Pelayanan Pendapatan Provinsi di Kabupaten Solok, Yusta noverison, S.Kom, MM menyebutkan, inovasi ini merupakan varian terbaru dalam pelayanan Samsat kepada masyarakat. Terutama yang ada di nagari dalam pengurusan kendaraan bermotor. Adanya pelayanan yang memiliki teknologi informasi semacam ini, menjadi tidak ada lagi jarak dan waktu dalam hal pelayanan.

“Jadi, kami akan memberikan yang terbaik dalam pelayanan kepada masyarakat dengan varian yang inovatif. Seperti beberapa varian terdahulu yakni Samsat Keliling, Samsat Drive Thru, Samsat ATM, Gerai Samsat dan kali ini Samsat Nagari. Semua itu untuk pelayanan ke masyarakat.


Berita Terkait :

 

Video

Foto

Kegiatan

  • Penerimaan Tenaga Pendamping Masyarakat (TPM)

    • Rabu, 19 Desember 2018
    • Minggu, 30 Desember 2018
  • HASIL SELEKSI ADMINISTRASI PADA SELEKSI TERBUKA JABATAN PIMPINAN TINGG

    • Minggu, 01 April 2018
    • Senin, 02 April 2018
  • arsip kegiatan

Tokoh