MENUJU PENYELENGGARAAN ADMINISTRASI PENCATATAN SIPIL YANG MEMBAHAGIAKAN RAKYAT


Post by Dinas Pengendalian Penduduk, KB, Kependudukan & Pencatatan Sipil(FITHRATUL MUSLIMAH, S.Kom) | Posted on 18 September 2017 15:26:46 WIB | Kependudukan | 335 kali dibaca


Download File

MENUJU PENYELENGGARAAN ADMINISTRASI PENCATATAN SIPIL YANG MEMBAHAGIAKAN RAKYAT

      Untuk memberikan kemudahan bagi warga dalam memperoleh dokumen kependudukan dan pencatatan sipil serta memberikan pelayanan yang optimal kepada masyarakat, maka dilaksanakan bimbingan teknis dan pencatatan sipil bagi semua Aparatur Pencatatan Sipil di Sumatera Barat

      Bimbingan teknis Pencatatan Sipil tersebut dilaksanakan di Hotel Grand Malindo Bukittinggi pada tanggal 5 s.d 7 September 2017 yang dihadiri oleh 50 orang peserta Kabupaten/ Kota yang terdiri atas Kepala Bidang Pencatatan Sipil, Kasi Pencatatan Sipil dan Operator Pencatatan Sipil. Dalam sambutannya H. Novrial, SE, MA, Akt Kepala Dinas Pengendalian Penduduk, Kependudukan dan Pencatatan Sipil menyampaikan bahwa untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dibutuhkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang handal terutama di bidang Pencatatan Sipil, dimana Pelayanan Pencatatan Sipil merupakan pelayanan yang sangat kompleks permaslahannya, maka dibutuhkan ketelitian, kesabaran dan pengetahuan yang luas bagi Aparatur Pencatatan Sipil, bukan hanya pengetahuan tentang Kependudukan dan Pencatatan Sipil, tetapi juga aturan-aturan lain yang berkaitan dalam pengurusan dokumen pencatatan sipil seperti pengetahuabn tentang Undang-Undang perkawinan, Undang-Undang Perlindungan Anak dan aturan lainnya. Selain itu, juga melakukan kerjasama dengan Instansi vertikal lainnya dalam mendukung penerbitan dokumen pencatatan sipil, seperti bekerjasama dengan Pengadilan Agama, imigrasi, BPJS dan Instansi vertikal lainnya.

       Bimbingan teknis ini dihadiri oleh Ibu Shanti, S. Sos, MA yang merupakan narasumber dari Direktorat Jenderal Kependudukan dan komitmen dan kerja keras dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten/ Kota se Sumatera Barat dalam pencapaaian target 85 % sampai akhir Desember 2017.

       Rakor tersebut juga dihadiri oleh Direktur Pencatatan Sipil Ditjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kemendagri Drs. A.S. Tavipiyono, MM, MA. Beliau menyampaikan bahwa data dasar Dinas Dukcapil Kabupaten/ Kota dalam pencapaian target nasional kepemilikan Akta Kelahiran Anak umur 0-18 Tahun adalah data konsolidasi Bersih (DKB) semester 1 Tahun 2017. Untuk pencapaian target tersebut, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten/ Kota harus melakukan kerjasama dengan OPD atau Instansi vertikal, seperti bekerjasama dengan Sekolah-Sekolah, Rumah Sakit,Ikatan Bidan Indonesia dan lain-lain dalam pengumpulan bahan untuk akta kelahiran.

 


Berita Terkait :

 

Video

Foto

Kegiatan

  • HASIL SELEKSI ADMINISTRASI PADA SELEKSI TERBUKA JABATAN PIMPINAN TINGG

    • Minggu, 01 April 2018
    • Senin, 02 April 2018
  • Penyerahan Hasil Pengawasan Kearsipan Eksternal (LAKE) oleh ANRI ke Le

    • Kamis, 14 Desember 2017
    • Kamis, 14 Desember 2017
  • arsip kegiatan

Tokoh