BIMBINGAN KAPASITAS BAGI PENGURUS KARANG TARUNA


Post by Dinas Sosial(ARNES BASRI, S.Kom) | Posted on 20 Agustus 2017 07:12:09 WIB | Aplikasi Program Sosial | 210 kali dibaca


BIMBINGAN KAPASITAS BAGI PENGURUS    KARANG TARUNA

BIMBINGAN KAPASITAS BAGI PENGURUS KARANG TARUNA

Padang. Dinas Sosial melalui Bidang Pemberdayaan Sosial mengadakan " BIMBINGAN KAPASITAS BAGI PENGURUS KARANG TARUNA" yang diadakan Hotel Rocky Plaza Padang dari tanggal 4 s.d 5 Agustus 2017. Peserta Pelatihan Bimbingan Kapasitas Karang Taruna sebanyak 50 orang terdiri 18 Kabupaten/Kota dan Pengurus Karang Taruna Provinsi yang berasal dari Karang Taruna Nagari/Keluarahan.

Narasumber Bimbingan Kapasitas bagi Pengurus Karang Taruna, Usaha Kesejahteraan Sosial dan usaha Ekonomis Produktif karang Taruna berasal dari :

  1. Kepala Dinas Sosial Provinsi Sumatera Barat
  2. Kepala Bidang Pemberdayaan Sosial  Dinas Sosial Provinsi Sumbar
  3. Kepala Seksi PSPKK&KAT Dinas Sosial  Provinsi Sumbar
  4. Pratisi Sosial

Pemerintah dalam hal ini Dinas Sosial Provinsi Sumatera Barat sebagai Pelayan masyarakat senantiasa memberikan perhatian dan memfasilitasi akses dan sistim sumber dalam penanganan masalah sosial melalui program pembangunan kesejahteraan sosial. Dengan adanya UU Nomor. 23 tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah, maka dalam pelaksanaan pembangunan kesejahteraan sosial mulai dari perencanaan program sampai evaluasi pada prinsipnya berdasarkan Bottom Up Planning yaitu perencanaan atau usulan program pembangunan dari bawah atau masyarakat (Kabupaten/Kota),  dan Undang – Undang No. 11 tahun 2009 tentang Kesejahteraan Sosial. Dalam pasal 38 menyatakan bahwa masyarakat mempunyai kesempatan yang seluas-luasnya untuk berperan dalam penyelenggaraan Kesejahteraan Sosial, maka Karang Taruna sebagai salah satu wadah dan unsur masyarakat dapat  berperan dan berfungsi sebagai mitra dalam pembangunan kesejahteraan Sosial sekaligus  sebagai pelaku Usaha Kesejahteraan Sosial di masyarakat.

Jika dilihat dari jumlah permasalahan sosial yang semakin meningkat substansi yang dihadapi oleh Karang Taruna juga semakin besar, bahkan jika ditinjau dari kompleksitas dan implikasinya, maka tantangan yang harus di atasi akan semakin berat dan semakin beragam baik dari sisi intelektual  dan spiritual.

Bertolak dari kondisi ini maka dituntut pengetahuan, kemampuan atau keterampilan dan partisipatif serta kualitas Karang Taruna dalam rangka mengayomi kepentingan masyarakat luas.


Berita Terkait :

 

Video

Foto

Kegiatan

  • WIKILATIH PADANG

    • Sabtu, 25 November 2017
    • Sabtu, 25 November 2017
  • GEBYAR PENDIDIKAN 2017

    • Kamis, 16 November 2017
    • Sabtu, 18 November 2017
  • arsip kegiatan

Tokoh