Wagub Nasrul Abit, Jadikan Pramuka Sebagai Penbinaan Mental Generasi Muda Bangsa


Post by Dishub(WISNITA) | Posted on 10 Agustus 2017 18:45:44 WIB | Berita Terkini | 829 kali dibaca


Wagub Nasrul Abit, Jadikan Pramuka Sebagai Penbinaan Mental Generasi Muda Bangsa


Sijunjung - Kalimat tersebut disampaikan Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit saat melepas keberangkatan Sebanyak 412 orang anggota Pramuka Penegak dan Pandega utusan Kwarda Gerakan Pramuka Sumbar mengikuti Raimuna Nasional (Rainas) di Bumi Perkemahan Cibubur Jakarta 13 sampai 21 Agustus.
Keberangkatan  secara resmi  dilaksanakan di halaman Kantor Bupati Sijunjung Rabu sore 9 Agustus 2017

Hadir Pj. Kwartir 03 Gerakan Pramuka Sumbar Yulius, unsur pimpinan Kwarda Pramuka Sumbar, Bupati Sijunjung Yuswir Arifin, Kakwarcab Arival Boy, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah, Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Sijunjung dan undangan lainnya.

Wagub Sumbar dalam arahannya berharap agar peserta betul-betul dapat mengikuti semua kegiatan Rainas dengan sungguh-sungguh sehingga dapat menimba pengalaman di tingkat nasional untuk kemajuan pramuka di Sumbar.

Selanjutnya Nasrul Abit juga meminta agar peserta bisa menjaga nama baik Sumbar di kancah nasional tersebut.

Dalam sambutannya Wagub juga menyelingi dengan beberapa pantun tersebut meminta kepada peserta menjaga kesehatan agar bisa sukses mengikuti seluruh kegiatan yang dilombakan. 

Mantan Bupati Pessel dua periode ini. disela sela acara juga menegaskan bahwa "pembinaan gerakan Pramuka Sumatera Barat,   sekaligus juga melakukan revolusi mental kepada anak bangsa yang  merupakan generasi penerus bangsa, apalagi dalam menghadapi era globalisasi teknologi. Sebagai ujung tombak pembangunan generas muda mohon ikut  memberantas Narkoba, menumbuhkan kembangkan manusia Indonesia yang berkarakter,  berbudi pekerti yang baik,  yang juga akan menjadi pemimpin harapan bangsa masa depan.  

Wagub Nasrul Abit juga berharap dengan Pramuka yang bersih,  polos , netral dapat menjadi penggawas pemilihan umum, jika diminta , karena ini juga dapat menjadi pelajaran tersendiri  dalam mengawal kesatuan,  keutuhan NKRI,  ujar beliau menutup pidatonya. 

Bupati Sijunjung juga turut menyampaikan sambutan, beliau mengucapkan terima kasih dengan dipercayainya Sijunjung sebagai tempat melepas keberangkatan Kontingen Pramuka Sumbar ini,  dan berhsrsp agar dijadikan sebagai penambah semangat dalam memajukan gerakan pramuka di Sijunjung.

Pj. Kakwarda Yulius dalam sambutannya juga berharap agar kontingen mampu menjaga nama baik Minangkabau sebagai daerah yang memegang teguh adat basandi syarak, syarat basadi kitabullah.

Keberangkatan kontingen yang merupakan utusan kwarcab pramuka se-Sumbar ditandai penyerahan bendara kontingen kepada Ketua Dewan Kerja Daerah (DKD) Pramuka Sumbar Zhilal Darma oleh Wagub dan juga pemasangan jeket kontingen kepada perwakilan peserta.
Zilal Darma dalam laporannya menyebutkan pada Raimuna Nasional tahun 2017 ini yang belum bisa mengikutinya dari Dharmasraya dari seluruh kwarcab yang ada di Sumbar.
Dalam upacara tersebut diwakili  Kwarcab, Sijunjung, Pasaman Barat, Bukittinggi, Kabupaten Solok dan Payakumbuh, 
Sementara Kwarcab Kota Solok meskipun berangkat dengan jalan darat Rabu kemarin sepertinya tidak bisa bergabung untuk mengikuti upacara ini. 

Sejumlah pimpinan rombongan dari Kwarcab lain agak kecewa karena mereka  berharap bisa hadir bersama, dan diharapkan kedepan bisa berangkat bersama-sama. Pramuka itu selalu mengutamakan rasa kebersamaan. (by. Akral dan Humas Sumbar)


Berita Terkait :

 

Video

Foto

Kegiatan

  • Penerimaan Tenaga Pendamping Masyarakat (TPM)

    • Rabu, 19 Desember 2018
    • Minggu, 30 Desember 2018
  • HASIL SELEKSI ADMINISTRASI PADA SELEKSI TERBUKA JABATAN PIMPINAN TINGG

    • Minggu, 01 April 2018
    • Senin, 02 April 2018
  • arsip kegiatan

Tokoh