Kebakaran di Kabupaten Tanah Datar dan Kota Padang


Post by Satuan Polisi Pamong Praja(AFIF AFDISYA) | Posted on 04 Agustus 2017 09:27:17 WIB | Berita Terkini | 1127 kali dibaca


Kebakaran di Kabupaten Tanah Datar dan Kota Padang

Satpol PP dan Damkar Prov. Sumbar ------ Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran telah melakukan peninjauan langsung ke lokasi kebakaran di Pasar Koto Baru Kabupaten Tanah Datar di Jalan Raya Padang Bukit Tinggi dan kebakaran di Kelurahan Padang Besi Kecamatan Lubuk Kilangan. Kegiatan ini diikuti oleh Bidang Perlindungan Masyarakat (Linmas) Satpol PP dan Damkar Prov. Sumbar yang dipimpin langsung oleh Kadib Linmas (Noviaman, SH) yang didampingi oleh Kasi Satlinmas (Dra.Nurfadillah) dan Seksi Bina Masyarakat (Dra.Rita Novriati)

Pada hari Senin tanggal 31 Juli 2017 pukul 06.30 wib telah terjadi kebakaran di Pasar Koto Baru Kabupaten Tanah Datar di jalan raya Padang Bukit Tinggi. Hasil yang didapatkan dari lokasi kebakaran melalui dialog dengan Bapak Adnin dan Ibu Mariati,  bahwa api berasal dari ledakan tabung gas di warung bakso saudara Yanto dan selanjutnya terdengar ledakan, api menyambar motor yang bersangkutan yang berada di dekat kompor gas tersebut, kobaran api tidak bisa di kendalikan sehingga api menjalar ke semua bangunan toko semi permanen yang ada di Pasar Koto Baru Kabupaten Tanah Datar.

Kebakaran menghanguskan 17 ( tujuh belas )  petak toko semi permanen dan 2 ( dua ) orang luka bakar Yanto dan istrinya ( penjual bakso ) yang sekarang di rawat di rumah sakit Yarsi Kota Padang Panjang. Api berhasil di padamkan pukul 10.00 wib oleh petugas pemadam kebakaran dari Kabupaten Tanah Datar dan di bantu petugas pemadam kebakaran dari Kota Padang Panjang dan Kota Bukit Tinggi. Mengenai jumlah kerugian harta benda masih dalam penyelidikan pihak yang berwenang.

Banyaknya jumlah kios yang terbakar disebabkan oleh terhalangnya Mobil pemadam Kebakaran untuk menuju lokasi karena terjadi kemacetan panjang di arus lalu lintas di lokasi pasar tersebut. Setelah dilakukan pembicaraan dengan pemuka masyarakat setempat, kiranya lokasi bangunan yang terbakar tersebut dijadikan tempat parkir ( tidak dibangun kembali ) dan pembangunan jalan alternatif yang sudah dimulai sejak tahun 2003 dapat dilanjutkan terus untuk menghindari kemacetan lalu lintas di Pasar Koto Baru Kab. Tanah Datar. 

Sedangkan untuk Kebakaran yang terjadi di Kota Padang pada hari Selasa tanggal 1 Agustus 2017 di Kelurahan Padang Besi RT IV RW I Kecamatan Lubuk Kilangan Kota Padang. Dari hasil wawancara dengan sipemilik rumah yang bernama Syamsuir  dan Bainar istrinya kejadian terjadi pada pukul 10.30Wib disaat rumah semi permanen dengan 2 (dua) kamar tidur sedang  kosong kerena ditinggal pemilik pergi ke sawah dan istrinya bainar pergi berjualan ke pasar, api diduga dari arus pendek listrik bola lampu yang meletus dan menimbulkan percikan api.

Kerugian harta benda antara lain: Uang tunai Rp. 900.000, Perhiasan Emas 11,25 gram, Televisi 2 (dua) buah dan Beras 4 (empat) Karung. Kebakaran di sebabkan kerena kelalaian pemilik rumah yang  tidak mencek arus listrik yang dipergunakan ketika hendak meninggalkan rumah.


Berita Terkait :

 

Video

Foto

Kegiatan

  • Penerimaan Tenaga Pendamping Masyarakat (TPM)

    • Rabu, 19 Desember 2018
    • Minggu, 30 Desember 2018
  • HASIL SELEKSI ADMINISTRASI PADA SELEKSI TERBUKA JABATAN PIMPINAN TINGG

    • Minggu, 01 April 2018
    • Senin, 02 April 2018
  • arsip kegiatan

Tokoh