10 Sekolah Sumbar Raih Penghargaan Adiwiyata Mandiri Tahun 2017


Post by Dinas Lingkungan Hidup(CITRA APRO AMOR, S.Si) | Posted on 03 Agustus 2017 08:58:26 WIB | Lingkungan | 206 kali dibaca


           Pada acara puncak Hari Lingkungan Hidup 2017 yang dihadiri Presiden Joko Widodo. SMPN 2 Pulau Punjung Kabupaten Dhrmasraya menerima penghargaan Sekolah Adiwiyata Mandiri mewakili 10 sekolah Adiwiyata Mandiri yang ditetapkan untuk Provinsi Sumatera Barat.

         Program Adiwiyata adalah program strategis nasional kerjasama Kementerian Lingkungan Hidup, Kementerian Pendidikan, Kementerian Agama dan Kementerian Dalam Negeri yang bertujuan untuk menciptakan sekolah berwawasan lingkungan dan pembentukan karakter anak didik untuk cinta dan peduli terhadap lingkungan melalui pendidikan lingkungan hidup yang dilaksanakan pada jenjang pendidikan dasar dan menengah yakni sekolah dasar, sekolah lanjutan pertama dan sekolah lanjutan atas diseluruh Indonesia yang dimulai sejak tahun 2006. Pengembangan program Adiwiyata adalah dalam rangka memenuhi tuntutan Undang-Undang Nomor 32 tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup yang menyebutkan bahwa setiap orang  berhak mendapatkan pendidikan lingkungan hidup, akses informasi, akses partisipasi,dan akses keadilan dalam memenuhi hak atas lingkungan hidup yang baik dan sehat.

          Perkembangan Program Adiwiyata di Propinsi Sumatera Barat menunjukan hasil yang sangat menggembirakan. Melalui pembinaan yang intens oleh Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Sumatera Barat bersama Kabupaten/Kota sampai tahun 2017 ini sudah semua Kabupaten/Kota  mengikuti program Adiwiyata di Sumatera Barat dengan jumlah sekolah yang sudah menjalankan program ini sebanyak 460 sekolah, mulai dari tingkat sekolah dasar, sekolah lanjutan tingkat pertama sampai sekolah lanjutan tingkat  atas baik negeri maupun swasta, baik sekolah-sekolah yang berada dibawah Kementerian Pendidikan maupun sekolah-sekolah yang berada dibawah Kementerian Agama.

         Tahun 2017 ini Propinsi Sumatera Barat berhasil mendapatkan Penghargaan Adiwiyata Mandiri untuk 10 (sepuluh) sekolah dari 113 sekolah yang ditetapkan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Ini berarti terjadi peningkatan dibanding tahun lalu dimana Sumatera Barat mendapatkan 9 (sembilan) penghargaan. Adapun sekolah-sekolah yang mendapatkan penghargaan Sekolah Adiwiyata Mandiri tahun 2017 adalah SMPN 2 Pulau Punjung Kabupaten Dharmasraya, SDN 10 Pauh Kabupaten Pasaman, SMPN 2 Gunung Talang Kabupaten Solok, SD Bustanul Ulum Semen Padang Kota Padang, SMPN 25 Kota Padang, MTsN Durian Taruang Kota Padang, SMAN 11 Kota Padang, SMA Adabiah Padang, MAN 1 Kota Padang dan SDN 19 Kampung Baru Kota Pariaman. Persyaratan untuk sekolah adiwiyata mandiri ini cukup berat. Satu sekolah minimal melakukan pembinaan terhadap 10 (sepuluh) sekolah sampai sekolah yang dibina tersebut masuk sebagai sekolah Adiwiyata tingkat Kabupaten/Kota. Demikian juga partisipasi semua pihak terutama warga sekolah dan stakeholder terkait untuk menciptakan sekolah Adiwiyata ini atau dikenal dengan sekolah berwawasan lingkungan dalam rangka membentuk karakter, sikap dan prilaku anak sejak dini untuk peduli lingkungan.  


Berita Terkait :

 

Video

Foto

Kegiatan

  • Penandatanganan Kesepakatan Gerakan Nasional Tertib Arsip

    • Kamis, 14 September 2017
    • Kamis, 14 September 2017
  • Peringatan Hari Pangan Sedunia Tingkat Sumatera Barat

    • Jumat, 29 September 2017
    • Minggu, 01 Oktober 2017
  • arsip kegiatan

Tokoh