Irwan Prayitno Terima Penghargaan Nirwasita Tantra


Post by Dinas Lingkungan Hidup(CITRA APRO AMOR, S.Si) | Posted on 02 Agustus 2017 11:37:56 WIB | Lingkungan | 236 kali dibaca


Irwan Prayitno Terima Penghargaan Nirwasita Tantra

         Dalam acara puncak peringatan Hari Lingkungan Hidup (HLH) se Dunia di Jakarta Rabu kemaren Gubernur Sumatera Barat dianugerahi penghargaan lingkungan Nirwasita Tantra Award yang diberikan Presiden R.I Joko Widodo. Penghargaan Nirwasita Tantra merupakan Penghargaan Pemerintah Pusat yang diberikan kepada Kepala Daerah terpilih atas kepemimpinannya dalam merumuskan dan menerapkan kebijakan, dan/atau program kerjanya sesuai dengan prinsip metodologi pembangunan berkelanjutan guna memperbaiki kualitas lingkungan hidup di daerahnya.

          Pemberian penghargaan Nirwasita Tantra didasarkan atas penilaian kualitas Dokumen Informasi Kinerja Pengelolaan Lingkungan Hidup Daerah (DIKPLHD). Ada 3 provinsi yang menerima Nirwasita Tantra Award ini sebut Ka. Dinas H. Asrizal Asnan yakni Provinsi Sumatera Barat, Provinsi Jawa Timur dan Provinsi DKI Jakarta. Terpilihnya Provinsi Sumatera Barat sebagai penerima Nirwasita Tantra Tahun 2017 ini setelah melalui penilaian yang sangat ketat dari 8 (delapan) nominator yang diunggulkan se Indonesia oleh Tim Independen. Penghargaan yang diraih Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno merupakan hasil kinerja bersama OPD dan stakeholder terkait terhadap Dokumen IKPLHD Provinsi Sumatera Barat dan validasi serta akurasi data kondisi, permasalahan, dan kebijakan dan/atau program yang ditetapkan dan diterapkan oleh daerah dalam melakukan pengelolaan lingkungan. Dan pada tahap akhir sebagai nominator Gubernur harus presentasi dan menjawab tanggapan dan pertanyaan dari 8 (delapan) orang Tim Panelis.

          Presiden RI Jokowi dalam sambutannya menyampaikan bahwa pentingnya sebuah strategi besar pembangunan hutan yang memiliki dimensi pembangunan ekonomi dan lingkungan. Presiden menekankan bahwa dalam pembangunan itu ekonomi dapat dan lingkungan juga harus dapat. Lebih lanjut Irwan Prayitno menyatakan bahwa kita bukan mengejar penghargaan, melalui apresiasi Pusat ini prestasi dari buah kerja keras yang telah dilakukan tentu akan menjadi motivasi kita untuk lebih meningkatkan pelayanan dan pelaksanaan pembangunan yang berwawasan lingkungan guna terus memperbaiki kualitas lingkungan hidup.

          Alhamdulillah kata Irwan bahwa selain Provinsi, terdapat kab/kota juga terima Nirwasita Tantra yakni Kab. Dharmasraya dan Kota Bukittinggi. Pada Tahun 2017 Provinsi Sumatera Barat bertabur prestasi lingkungan diantaranya 6 kab/kota meraih penghargaan Adipura (Kota Padang, Kota Bukittinggi, Kota Payakumbuh, Kota Padang Panjang, Kota Painan dan Kota Sawahlunto), 3 kota meraih sertifikat Adipura (Kota Batusangkar, Kota Lubuk Sikaping dan Kota Solok), 10 sekolah menerima Adiwiyata Mandiri, yaitu SMPN 2 Pulau Punjung Kabupaten Dharmasraya, SDN 10 Pauh, Kabupaten Pasaman, SMPN 2 Gunung Talang Kabupaten Solok, SD Bustanul Ulum Semen Padang Kota Padang, SMPN 25 Kota Padang, MTsN Durian Tarung Kota Padang, SMAN 11 Kota Padang, SMA Adabiah 2 Kota Padang, MAN 1 Kota Padang dan SDN 19 Kampung Baru Kota Pariaman serta 3 (tiga) jorong pada 2 (dua) Kabupaten mendapatkan Penghargaan Program Kampung Iklim (PROKLIM) Utama berupa sertifikat, Trophy dan insentif yaitu 1. Kabupaten Dharmasraya Jorong Sungai Kalang I Nagari Tiumang Kecamatan Tiumang dan 2. Kabupaten Tanah Datar Jorong Jirek Nagari Andaleh Kecamatan Batipuh dan Jorong Labu Atan Nagari Sungai Jambu Kecamatan Pariangan.


Berita Terkait :

 

Video

Foto

Kegiatan

  • WIKILATIH PADANG

    • Sabtu, 25 November 2017
    • Sabtu, 25 November 2017
  • GEBYAR PENDIDIKAN 2017

    • Kamis, 16 November 2017
    • Sabtu, 18 November 2017
  • arsip kegiatan

Tokoh