Gubernur Sumbar Menandatangani MoU BPMP dan UMKM Perikanan


Post by Diskominfo(Drs. AKRAL, MM) | Posted on 26 Juli 2017 17:28:35 WIB | Berita Terkini | 993 kali dibaca


Gubernur Sumbar Menandatangani MoU BPMP dan UMKM Perikanan

Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno Rabu 26 Juli 2017 Menandatanganani MoU Bantuan Pembiayaan dan Mediasi Proposal Bantuan Koperasi dan UMKM Perikanan Sumatera Barat dengan LPDB KUMKM dan PNM, pada acara Temu Bisnis dan Investasi Perikanan di Jakarta


Dalam sambutannya Gubernur sangat bersyukur sekali dengan adanya MoU ini sebagaimana beliau katakan "Alhamdulillah, hari ini telah ditandatangani MoU bantuan permodalan bagi para Koperasi dan UMKM, dan mediasi permodalan di bidang perikanan oleh Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sumatera Barat bersama LPDB KUMKM dan PT Permodalan Nasional Madani (PNM)"

MoU yang ditandatangani diantaranya adalah:
1. Mediasi pinjaman modal usaha budidaya kerapu di Kab. Pesisir Selatan antara CV Andalas Samudera Sejati dan LPDB, sebesar Rp 8,3 Milyar

2. Pembiayaan Klaster Usaha Pembibitan dan Pembesaran Ikan, Kab. Agam, dari PNM sebesar Rp 1 Milyar

3. Mediasi proposal pembiayaan petani ikan di Kab. Pasaman kepada PNM, sebesar Rp 1 Milyar

4. Mediasi proposal pembiayaan petani ikan di Kab. Limapuluh Kota kepada PNM, sebesar Rp 1 Milyar

Selain Mou diatas juga diadakan pula penandatanganan MoU dengan Hotel Balairung, Jakarta dengan Dinas Kelautan dan Perikanan Prov Sumbar, sebagai tempat promosi peningkatan investasi, pengolahan dan pemasaran produksi UMKM sektor Kelautan dan Perikanan.

Dijelaskan bahwa potensi kelautan dan perikanan Sumbar sangat besar sebagaimana disampaikan gubernur Irwan Prayitno "Potensi kelautan dan perikanan Sumatera Barat, sangatlah besar. Karena itu, Pemprov Sumbar sangat mendukung segala inovasi dan investasi dalam rangka peningkatan produktivitas hasil-hasil kelautan dan perikanan."

Gubernur juga menambahkan bahwa "Pekan depan, investor Norwegia akan berkunjung ke Sumbar untuk menindaklanjuti kerjasama investasi ekspor lobster dan baragundi Padang dan Pesisir Selatan.

Investor Eropah yang akan ke Sumbar ino adalah Investor dari Belarusia juga sudah melakukan tindak lanjut investasi resort dan pembangkit listrik tenaga angin di Pesisir Selatan dan Mentawai."

Politisi PKS ini sangat optimis sekali dengan investor ini sebagaimana beliau sampaikan bahwa "dengan potensi investasi ini, Pemprov Sumbar, melalui Dinas Kelautan dan Perikanan mendukung penuh akses permodalan dan peningkatan kapasitas dan kualitas produksi dari para petani perikanan darat dan nelayan, serta UMKM sektor pengolahan pasca panennya." demikian pak IP menutup penjelasannya  (by. Akral)


Berita Terkait :

 

Video

Foto

Kegiatan

  • Penerimaan Tenaga Pendamping Masyarakat (TPM)

    • Rabu, 19 Desember 2018
    • Minggu, 30 Desember 2018
  • HASIL SELEKSI ADMINISTRASI PADA SELEKSI TERBUKA JABATAN PIMPINAN TINGG

    • Minggu, 01 April 2018
    • Senin, 02 April 2018
  • arsip kegiatan

Tokoh