Program Penilaian Kinerja Pengelolaan Lingkungan Hidup Usaha dan/atau Kegiatan di Daerah (PROPERDA)


Post by Dinas Lingkungan Hidup(CITRA APRO AMOR, S.Si) | Posted on 25 Juli 2017 09:20:26 WIB | Lingkungan | 1054 kali dibaca


        Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Sumatera Barat sebagai instansi pengelola lingkungan hidup berkomitmen dalam mewujudkan ketaatan dan kepatuhan terhadap pelaksanaan peraturan perundang-undangan bidang lingkungan hidup oleh pelaku usaha/kegiatan guna menciptakan kualitas lingkungan hidup yang baik dengan me- minimalisir dampak yang ditimbulkan dari operasional usaha/kegiatan di Sumatera Barat.

         Salah satu bentuk kegiatan Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Sumatera Barat untuk mendorong peningkatan ketaatan usaha/kegiatan dalam pengelolaan lingkungan hidup adalah Penilaian Kinerja Pengelolaan Lingkungan Hidup Usaha dan/atau Kegiatan Daerah (PROPERDA). Kegiatan ini merupakan aplikasi dari mekanisme pengawasan secara terpadu dan komprehensif yang melibatkan instansi teknis tingkat Provinsi Sumatera Barat dan LSM serta Laboratorium. Melalui kegiatan PROPERDA akan dapat memperluas jangkauan objek pengawasan secara komprehensif karena objek PROPER Nasional terbatas jumlahnya. Mekanisme dan kriteria penilaian PROPERDA      mengacu      kepada PROPER Nasional, namun objek PROPERDA tidak overlapping dengan objek PROPER Nasional.

        Kegiatan PROPERDA merupakan salah satu program unggulan daerah yang mampu menekan kejadian pencemaran dan kerusakan lingkungan hidup. Dengan ditaatinya peraturan perundang-undangan di bidang lingkungan hidup oleh pelaku usaha/kegiatan, dampak negatif dari operasional usaha/ kegiatan dapat terkontrol, terawasi dan ter- minimalisasi dengan baik.

       Hingga saat ini, kegiatan ini telah berlangsung selama 9 (sembilan) tahun. Dari hasil kegiatan yang telah dilaksanakan, tingkat ketaatan dan kepatuhan pelaku usaha/kegiatan terhadap peraturan perundang- undangan bidang lingkungan hidup cukup signifikan. Hal ini ditandai dengan terjadinya peningkatan peringkat kinerja usaha/kegiatan dari tahun ketahun dengan rata-rata peningkatan 15%. Sedangkan peningkatan ketaatan terhadap peraturan perundang-undangan bidang lingkungan hidup sekitar 75%.

        Ketaatan peraturan perundangan- undangan berbanding lurus  dengan penurunan beban pencemaran media lingkungan (air dan udara). Diasumsikan terwujudnya penurunan beban pencemaran dari keberhasilan pelaksanaan kegiatan PROPERDA ini adalah sekitar 45%. Indikasi lainnya atas keberhasilan kegiatan ini adalah berkurangnya pengaduan masyarakat dari adanya pencemaran dan kerusakan lingkungan hidup di daerahnya masing-masing. Sejalan dengan hal tersebut, peningkatan ketaatan tersebut juga buah hasil dari kegiatan pembinaan dan pengawasan secara terpadu antara Pemerintah Provinsi dan Kabupaten/Kota secara berkesinambungan, serta  kepedulian kepala daerah terhadap pengelolaan lingkungan hidup


Berita Terkait :

 

Video

Foto

Kegiatan

  • BATIGO FEST

    • Senin, 28 Oktober 2019
    • Sabtu, 02 November 2019
  • Penerimaan Tenaga Pendamping Masyarakat (TPM)

    • Rabu, 19 Desember 2018
    • Minggu, 30 Desember 2018
  • arsip kegiatan

Tokoh