PELATIHAN DIVERSIFIKASI PRODUK KERAJINAN BAGI IKM KAB/KOTA SUMATERA BARAT DI BUKA OLEH KETUA DEKRANAS PROVINSI SUMATERA BARAT


Post by Dinas Perindustrian dan Perdagangan(BUDI SETIAWAN, ST, M.Si) | Posted on 21 Juli 2017 09:29:18 WIB | Industri dan Perdagangan | 110 kali dibaca


PELATIHAN DIVERSIFIKASI PRODUK KERAJINAN BAGI IKM KAB/KOTA SUMATERA BARAT DI BUKA OLEH KETUA DEKRANAS PROVINSI SUMATERA BARAT

Pada hari selasa 18 Juli 2017 Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sumatera barat mengadakan pelatihan diversifikasi Produk kerajinan Sumetara Barat yang  selama 5 (lima) hari dari tanggal 18 Juli s/d  22 Juli 2017 di Hotel Padang di Padang.

Acara ini mengundang IKM kerajinan dari 8 Kab/Kota di Sumatera Barat yang mempunyai keahlian Bordir, Tenun, Tas, Kulit dan anyaman, Serta desainer dari Jakarta Bapak Merdi Sihombing dan Bapak Jhoni yang akan mengarahkan bagaimana cara memadukan ciri khas kerajinan Sumatera Barat menjadi produk Tas, Dompet, mainan kunci, tempat tisu taplak meja dan lain sebagainya

Kepala Dinas Perindustriaan dan Perdagangan Provinsi Sumatera Barat Bapak Asben Hendri, SE, MM sebagai pelaksana kegiatan ini menyampaikan di Sumatera Barat terdapat beberapa tenunan yang sudah cukup dikenal luas di masyarakat seperti tenun pandai sikek, tenun silungkang, tenun kubang, tenun halaban, tenun Unggan dll. Selain juga mempunyai sulaman yang khas seperti sulaman koto gadang, Kapalo Samek, sulaman benang emas, sulaman bayang dan aplikasinya dengan sulaman lainnya yang ratusan macam model sulam, disamping itu ada juga anyaman-anyaman dari beberapa daerah lainnya.

Pada saat ini produk kerajinan telah mendapat segmen pasar yang cukup luas di masyarakat, agar pasar semakin berkembang perlu adanya pengembangan  dengan produki yang lebih kreatif sesuai dengan zaman, sehingga dapat memenuhi kebutuhan pasar. Kerajinan tenun bukan hanya untuk pakaian tapi juga bisa untuk kombinasi asesoris lainnya seperti tas, sepatu, tempat tisu taplak meja, dompet dengan model dan kombinasi yang menarik dan diterima oleh pasar.Harapan beliau pelatihan ini dapat bermanfaat bagi semua peserta dalam rangka menunjang ekonomi masyarakat.

Acara ini dibuka secara resmi oleh ketua Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) Prov. Sumatera Barat Ny. Hj. Nevi Irwan Prayitno. Dalam sambutannya beliau menyampaikan industri kerajinan di Tanah air dari waktu ke waktu tidak hanya semakin diminati masyarakat tapi hasil produknya semakin kreatif, Produk kerajinan merupakan kegiatan yang banyak memanfaatkan keterampilan tangan berbasis budaya / kearifan local, industri kerajinan ini dapat dikerjakan sendiri di rumah dan di Sumatera Barat banyak digeluti masyarakat.

Di Indonesia memiliki potensi besar dalam pengembangan industri kerajinan, untuk lebih berkembang perlu dukungan pemerintah dalam bentuk pembinaan yang berkelanjutan.

Dengan berlakunya pasar bebas Asean sejak tahun 2016, hasil kerajinan dari Negara-negara Asean seperti thailand, Myanmar, Philipina dapat memasuki pasar dalam negeri tanpa hambatan, oleh karena itu produk kerajinan kita perlu dijaga dan dirtingkatkan daya saingnya tentunya dengan meningkatkan kualitas, mutu dan bentuk desainnya.

Pengembangan produk kerajinan Sumatera Barat diperlukan kerjasama dengan desainer untuk mewujudkan ide pikiran secara visual dan menterjemahkannya kedalam bentuk riil seperti yang akan disampaikan oleh instruktur dan diharapkan para peserta juga membagi ilmu, berbagi informasi dan pengalaman dengan peserta lain sehingga memperluas jaringan usaha sesama peserta pelatihan serta saling melengkapi.

Terakhir beliau berharap pelatihan diversifikasi produk ini dapat bermanfaat bagi semua peserta dan terus meningkatkan semangat kerja dan membuka secara resmi pelatihan Diversifikasi Produk kerajinan Sumatera Barat.


Berita Terkait :

 

Video

Foto

Kegiatan

  • Penandatanganan Kesepakatan Gerakan Nasional Tertib Arsip

    • Kamis, 14 September 2017
    • Kamis, 14 September 2017
  • Peringatan Hari Pangan Sedunia Tingkat Sumatera Barat

    • Jumat, 29 September 2017
    • Minggu, 01 Oktober 2017
  • arsip kegiatan

Tokoh