Sevri Febriona, Pustawan Berprestasi Terbaik Tingkat Provinsi Sumatera Barat Tahun 2017.


Post by Dinas Kearsipan dan Perpustakaan(ROMI ZULFI YANDRA, S.Kom) | Posted on 26 Mei 2017 15:58:20 WIB | Berita Terkini | 1433 kali dibaca


Sevri Febriona, Pustawan Berprestasi Terbaik Tingkat Provinsi Sumatera Barat Tahun 2017.

Sevri Febriona, berhasil menjadi pemenang pemilihan pustakawan yang diselenggarakan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Sumbar. Dia menyisihkan 30 pustakawan lain dan mewakili Provinsi ke pusat untuk pemilihan pustakawan nasional.

Menurut Kepala Dinas Kearsipan dan perpustakaan Sumbar, Alwis, Sevri Febriona terilih mewakili Sumbar, karena mengusung inovasi pengembangan pustaka di lingkungan kota solok dan manysarakat sekitarnya.

“Apa yang dilakukan Sevri,tak kenal menyerah yang selama ini seakan terbayar sudah. Sebab tidak mudah mengajak masyarakat untuk bersahabat dengan buku. Bahkan tak jarang mendapat penolakan mentah-mentah karena mereka merasa takmembutuhkan buku, kata Alwis.

Disebutkan, pegawai kantor Kearsipan dan Perpustakaan Kkota Solok itu mengajak masyarakat mencintai buku dengan mendistribusikan sekitar 1.000 buah buku untuk 200 keluarga. Setiap keluarga didatanginya ke rumah dan dipinjamkan 5 buah buku dengan kategori buku untuk anak-anak, remaja,ibu,bapak,dan umum.

“Namun keluarga yang ditemuinya tidak serta merta menerima buku yang dipinjamkan, diantaranya, ada yang menolak dan mengatakan kalau mereka butuh uang, bukan buku,” terang Alwis didampingi Yelfi, finalis pustakawan tingkat Sumbar 2014.

Menurut Alwis, Sevri mulai menjalankan program pendistribusian buku di lingkungannya sejak januari 2017 memanfaatkan dana APBD Kota Solok itu. Apa yang dia lakuakn mendapatkan perhatian pemerintah.

“Biasanya orang yang datang ke pustaka meminjam buku, tetapi yang dilakukannya justru sebaliknya menawarkan masyarakat untuk meminjam dan membaca buku. Buku itu dipinjamkan selama dua minggu sesuai dengan kebutuhan masyarakat, seperti tentang kesehatan, pendidikan atau pertanian. Kemudian buku ini digulirkan untuk keluarga lainnya,

Dari perjuangannya tanpa kenal lelah dan penuh kesabaran itu, akhirnya masyarakat yang awalnya tak berminat membaca buku, kini jadi tak lepas dengan buku. Minat baca masyarakat kota Solok meningkat drastis. Bahkan kini, masyarakat setempat sudah bertanya jika mereka belum mendapat pinjaman buku baru.

Upaya sevri melakukan inovasi pengembangan pustaka ini, lanjut Alwis, beranjak dari penghalaman LSM Yayasan Gemar Membaca Indonesia (Yagemi) yang sebelumnya telah berupaya memperkenalkan buku kepada masyarakat setempat selama beberapa tahun. Namun upaya tersebut mengalami kegagalan.

Adapun urutan yang menjadi Pustakawan Berprestasi Terbaik Tingkat Provinsi Sumatera Barat adalah :

  1. Sevri Febriona, S.Sos, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Solok Juara I,
  2. Elsa Tiwi, S.Ip, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Solok Juara II,
  3. Lusi Ismail, S.Ip UIN Imam Bonjol Padang, Juara III
  4. Yendri Buharma, SS, Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Sumbar Juara Harapan I
  5. Demiaty Perangin-Angin, S.Ip Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Sumbar Juara Harapan II


Berita Terkait :

 

Video

Foto

Kegiatan

  • Penerimaan Tenaga Pendamping Masyarakat (TPM)

    • Rabu, 19 Desember 2018
    • Minggu, 30 Desember 2018
  • HASIL SELEKSI ADMINISTRASI PADA SELEKSI TERBUKA JABATAN PIMPINAN TINGG

    • Minggu, 01 April 2018
    • Senin, 02 April 2018
  • arsip kegiatan

Tokoh