PERPUSTAKAAN SUMBAR DORONG PROGRAM KAMPUNG LITERASI


Post by Dinas Kearsipan dan Perpustakaan(ROMI ZULFI YANDRA, S.Kom) | Posted on 08 Mei 2017 12:34:58 WIB | perpustakaan | 775 kali dibaca


PERPUSTAKAAN SUMBAR DORONG PROGRAM KAMPUNG LITERASI

Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Sumatera Barat mendorong upaya peningkatan minat baca masyarakat melalui program kampung literasi di kelurahan batang arau, Padang selatan dengan memenuhi kebutuhan buku di wilayah tersebut.

Program kampung literasi ini merupakan salah satu cara pemerintah untuk mencerdaskan masyarakat secara langsung yakni melalui menumbuhkan minat baca,” kata Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Sumbar, Alwis.

Menurutnya rendahnya minat baca masyarakat dipenuhi oleh berbagai faktor. Salah satunya yaitu tidak memiliki akses buku. Hal inilah yang coba di fasilitasi melalui kampung literasi, dengan memberikan lima buah buku kepada setiap keluarga.

Setiap keluarga akan dipinjami lima buah buku selama satu bulan, kemudian buku tersebut akan di pinjamkan kembali kepada tetangga mereka secara bergantian,” kata saat mendistribusikan perpustakaan keliling sebagai sarana penyedia buku bagi masyarakan di Kantor Lurah Batang Arau, di hadiri anggota DPRD Padang Aprianto. Dengan Demikian, setiap orang pertahunnya akan menghabiskan 60 buku untuk dibaca.

Untuk tahap pertama pihaknya akan menyuplai buku untuk Kampung Literasi di Kelurahan Batang Arau, Padang Selatan. Selain itu pihaknya akan memanfaatkan peranan lima unit mobil pustaka keliling yang mereka miliki untuk memfasilitasi masyarakat yang kurang mendapat akses buku.

Program Kampung Literasi ini, katanya akan kita buat di 900 nagari yang ada di Sumatera Barat. Saat ini perpustakaan daerah memiliki koleksi 128 ribu  eksemplar buku yang terdiri dari berbagai kategori. Ia mengakui saat ini minat masyarakat untuk mendatangani perpustakaan daerah untuk membaca buku masih rendah. Hal ini dibuktikan dengan sedikitnya kunjungan ke perpustakaan.

Dia berharap melalui program kampung literasi ini bisa menjadi solusi untuk menumbuhkan minat baca masyarakat. Sementara lurah Batang Arau, Khairil mengatakan melalui program kampung literasi ini diharapkan mampu merubah pola pikir masyarakat dalam kehidupan sosial.

Dengan membaca tentu pengetahuan akan semakin luas dan menghilangkan hal-hal yang negatif yang ada di lingkungan ini “melalui program ini kenakalan remaja menjadi berkurang seperti tawuran, berkelahi dan melakukan penyalahgunaan Narkoba,” Kata dia. Anggota DPRD Padang Aprianto menyambut baik adanya kampung literasi itu sebagai penyaluran dan peningkatan minat baca masyarakat. Pihaknya selaku anggota dewan senantiasa mendukung program itu.

Dalam kesempatan dia mengimbau masyarakat untuk meningkatkan pengetahuan dan wawasan dengan membaca buku yang disediakan di perpustakaan.

           


Berita Terkait :

 

Video

Foto

Kegiatan

  • HASIL SELEKSI ADMINISTRASI PADA SELEKSI TERBUKA JABATAN PIMPINAN TINGG

    • Minggu, 01 April 2018
    • Senin, 02 April 2018
  • Penyerahan Hasil Pengawasan Kearsipan Eksternal (LAKE) oleh ANRI ke Le

    • Kamis, 14 Desember 2017
    • Kamis, 14 Desember 2017
  • arsip kegiatan

Tokoh