Dinas Kehutanan Provinsi Sumatera BaratMembentuk Satgas PHBN 2017


Post by Dinas Kehutanan(FEBY ANROW, S.Hut) | Posted on 29 April 2017 10:38:22 WIB | Berita Terkini | 755 kali dibaca


Dalam rangka upaya mencegah kerusakan hutan dan menjaga kelestarian hutan diwilayah Sumatera Barat khususnya daerah yang berbatasan langsung dengan kawasan hutan dan sangat rawan dengan pengrusakan hutan, Dinas Kehutanan Provinsi Sumatera Barat tahun 2017 membentuk Satuan Tugas (Satgas) Pengamanan Hutan Berbasis Nagari (PHBN). Peran serta dan partisipasi aktif masyarakat yang berada didalam dan disekitar hutan melalui penerapan nilai kearifan lokal dan hukum adat setempat merupakan salah satu potensi yang dapat dikembangkan dan diterapkan dalam menjaga dan melindungi kawasan hutan di masing-masing Nagari.

Pemerintah Provinsi Sumatera Barat melalui Peraturan Daerah Provinsi Sumatera Barat Nomor 11 tahun 2015 tentang peran serta masyarakat dalam perlindungan hutan, dimana telah diatur mekanisme dan bentuk peran serta masyarakat dalam perlindungan hutan serta dukungan / pemberdayaan dari stake holder terkait.

Dalam rangka pengembangan dan penguatan Lembaga Masyarakat Perlindungan Hutan Berbasis Nagari (LMPHBN), Dinas Kehutanan Provinsi Sumatera Barat pada tahun 2017 ini melalui anggaran APBD Provinsi Sumatera Barat, telah mengalokasikan bantuan biaya operasional lapangan untuk Satgas PHBN berupa pembayaran intensif, pembinaan dan sosialisasi. Berdasarkan Peraturan Daerah Provinsi Sumatera Barat tersebut pemerintah Nagari dapat melakukan pemberdayaan terhadap masyarakat didalam dan disekitar hutan melalui upaya pembentukan LMPHBN dan memberikan bantuan fasilitas kepada masyarakat dalam pencegahan dan pemberantasan kesurakan hutan.

Saat ini juga banyak kegiatan yang sifatnya pengaman hutan dan pengelolaan terhadap kawasan hutan dalam menjaga kelestarian hutan itu sendiri, serta dimana saat ini perhutanan sosial juga dibentuk untuk menyelesaikan masalah kehutanan dengan masyarakat dengan tujuan kelestarian hutan. Menurut Kepala Seksi Konservasi Sumberdaya Alam dan Ekosistem Novi Hendri Pada prinsipnya pembentukan LMPHBN dan Satgas PHBN hakekatnya bagaimana melibatkan dan meningkatkan peran serta masyarakat dalam setiap upaya perlindungan hutan, jadi apapun nama dan istilah yang sudah terbentuk saat ini pada setiap Nagari atau masyarakat dapat dikolaborasikan dengan LMPHBN. Dengan adanya Perhutanan Sosial saat ini sangat diharapkan sekali program PHBN dapat menjadi bagian dari lembaga perhutanan sosial yang sudah ada.


Berita Terkait :

 

Video

Foto

Kegiatan

  • HASIL SELEKSI ADMINISTRASI PADA SELEKSI TERBUKA JABATAN PIMPINAN TINGG

    • Minggu, 01 April 2018
    • Senin, 02 April 2018
  • Penyerahan Hasil Pengawasan Kearsipan Eksternal (LAKE) oleh ANRI ke Le

    • Kamis, 14 Desember 2017
    • Kamis, 14 Desember 2017
  • arsip kegiatan

Tokoh