227 SISWA SMK IKUTI LOMBA KOMPETENSI


Post by Dinas Pendidikan(PON SISWA, S.Sos) | Posted on 21 April 2017 16:51:44 WIB | Pendidikan | 96 kali dibaca


Padang,  20 April 2017

     Sebanyak 227 siswa Sekolah Menengah Kejuruan ( SMK ) mengikuti Lomba Kompetensi Siswa  ( LKS ) tingkat Provinsi Sumatera Barat yang dilaksanakan selama lima hari yaitu 20  s.d. 24 April 2017 bertempat di Axanna Hotel jalan Bundo Kandung Padang.

     Lomba Kompetensi Siswa ( LKS ) SMK ini dibuka oleh Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat Drs. Burhasman, MM dan dihadiri oleh Rektor Universitas Negeri Padang Prof. DR. Ganefri, MT,  Rektor Universitas Bung Hatta, pejabat eselon III dilingkungan Dinas Pendidikan serta kepala SMK se-Sumbar, Kamis malam           ( 20-4 ).   

     Dalam pengarahannya Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat          Drs. Burhasman, MM mengatakan, dalam kegiatan ini siswa diminta untuk memiliki semangat  untuk bertanding dalam LKS, menang bukan tujuan, tapi kompetensi adalah proses maka dengan itu  akan tahu seperti apa seharusnya sebuah lomba kompetensi siswa SMK ini.

     Kepala Dinas Pendidikan Drs. Burhasman, MM mengucapkan terima kasih kepada Rektor UNP Prof. DR. Ganefri, MT dimana pada acara LKS SMK telah memperkenalkan UNP ini kepada peserta lomba agar secara langsung mendapatkan sesuatu yang terbaik dan MGMP agar merapat kejurusan yang terbaik  sesuai dengan identitas sekolah. 

      Rektor UNP Prof. DR. Ganefri, MT dalam sambutannya mengatakan, anak-anak yang kurang beruntung dari sisi ekonomi tetapi punya prestasi pada bidang akademik jangan biarkan mereka tidak kuliah, dan pemerintah menyediakan beasiswa kepada mereka yang berprestasi tersebut.

       UNP pada tahun 2017 ini menerima jatah oleh pemerintah untuk mendidik sekitar 1.162 mahasiswa baru melalui beasiswa Bidik Misi yang semua pembiayaan ditanggung oleh Negara termasuk biaya hidup selama pendidikan.      

       Menurut Ganefri, selagi ia menjabat Rektor UNP para lulusan terbaik dan juara LKS tahun ini akan diterima nanti  melalui jalur Mandiri di Universitas Negeri Padang dan ini bagian dari tanggungjawab kita untuk membesarkan pendidikan fokasi ini.   

       Sementara itu Kepala Bidang Pembinaan SMK Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat  Drs. Syofrizal, B, MT selaku ketua penyelenggara melaporkan, latar belakang penyelenggaraan LKS SMK tingkat Sumbar dimana  sesuai dengan visinya siswa diharapkan  memiliki kemampuan dan kompetensi sesuai bidang keahliannya serta harus menguasai pengetahuan, pemahaman dan pengetahuan keahlian sehingga lulusan SMK memiliki kemampuan handal berstandar nasional dan internasional.

      Menurut Syofrizal, LKS  SMK merupakan proses seleksi kompetensi keahlian bagi siswa SMK yang dilaksanakan secara berjenjang mulai dari tingkat kab/kota, provinsi, nasional dan internasional. 

      Tujuan kegiatan LKS SMK tingkat provinsi, ungkap Syofrizal adalah mengukur pencapaian kompetensi siswa terbaik dari setiap provinsi pada setiap bidang lomba serta mendorong produktifitas untuk mampu berkerja secara optimal dan menghasilkana produk inovasi.

      Ketua penyelenggara Drs. Syofrizal, MT menjelaskan, LKS SMK ini   memperlombakan 30 bidang lomba yang terdiri dari kelompok kelompok teknologi dan rekayasa, bisnis manajemen, pariwisata, kemaritiman, kelautan, pertanian dan kelompok kimia dan industri dengan jumlah peserta sebanyak 227 siswa SMK.

(By;Pon Siswa, S.Sos/ Disdik Sumbar)


Berita Terkait :

 

Video

Foto

Kegiatan

  • Diklat Kepemimpinan Tingkat III Angkatan III Di Lingkungan Pemerintah

    • Selasa, 28 Februari 2017
    • Sabtu, 17 Juni 2017
  • Minang Book Fair 2017

    • Jumat, 24 Februari 2017
    • Minggu, 05 Maret 2017
  • arsip kegiatan

Tokoh