DISPERINDAG SUMBAR MENGADAKAN PELATIHAN DESAIN TENUN DI PAYAKUMBUH


Post by Dinas Perindustrian dan Perdagangan(BUDI SETIAWAN, ST, M.Si) | Posted on 19 April 2017 10:26:12 WIB | Berita Terkini | 471 kali dibaca


DISPERINDAG SUMBAR MENGADAKAN PELATIHAN DESAIN TENUN DI PAYAKUMBUH

Dalam rangka peningkatan keterampilan pengrajin tenun, Disperindag Sumbar memfasilitasi sentra tenun Rumah Produksi dan Galery Tenun Kota Payakumbuh melakukan pelatihan desain tenun. Pelatihan ini dilaksanakan selama 8 (delapan) hari dari tanggal 10 s/d 17 April 2017  di Kota payakumbuh.

Acara dibuka oleh Kepala Disperindag Sumbar dan didampingi oleh Kepala Dinas Naker Perind dan Ketua Dekranasda Kota Payakumbuh. Peserta sebanyak 30 orang yang berasal dari anggota Sentra tenun tersebut.

Dalam arahan beliau menyampaikan bahwa tenun merupakan suatu warisan budaya tinggi kebanggaan bangsa Indonesia dan mencerminkan jati diri bangsa, oleh sebab itu tenun baik dari segi teknik produksi, desain dan produk yang dihasilkan harus dijaga dan dilestarikan keberadaannya serta dimasyarakatkan penggunaannya, agar supaya kain tenun dapat dipakai dalam segala kesempatan baik acara resmi atau sehari-hari dengan menyesuaikan bentuk dan motif tenunan.

Dalam rangka memenuhi kebutuhan pasar perlu adanya pengembangan dengan berbagai bentuk motif  yang lebih kreatif sehingga mempunyai prospek pasar yang lebih luas lagi, yang mana pada gilirannya nanti dapat meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan pelaku industri tenun

Harapan Kepala Disperindag Sumbar agar peserta pelatihan dapat menambah ilmu dalam hal mendesain tenun sehingga desain-desainnya akan lebih baik, bagus dan menarik sehingga diterima pasar yang akan meningkatkan ekonomo pengrajin tenun.

 

Dalam Pelatihan ini ada 2 pemateri yang dihadirkan  yaitu sebagai narasumber dan instruktur desain tenun. Narasumber yang dihadirkan adalah ainaulmardiah yang merupakan desainer tenun. Beliau menyampaikan tren dari desain-desain tenun yang banyak permintaan pasar.

Kemudian pemateri kedua Suraini sebagai Instruktur Pelatihan Desain Tenun. Beliau menyampaikan desain tenun dan melakukan praktek langsung kepada peserta pelatihan, sehingga peserta lebih paham dan cepat menerima materi yang disampaikan instruktur.

Selama pelatihan peserta dengan antusias. Ini terlihat dari keseriusan dari peserta dalam menjalankan pelatihan serta mengali informasi dari pemateri. Peserta pada umumnya menyampaikan pelatihan ini memberi manfaat yang cukup berarti dalam nemambah wawasannya.

Pada hari senin tanggal 17 pelatihan ditutup oleh kepala Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian yang diwakili oleh Kepala Bidang Perindustrian Kota Payakumbuh. Beliau menyampaikan kepada para peserta pelatihan yang difasilitasi oleh Dinas Perindustrian Dan Perdagangan  dapat bermanfaat dan hasil dari pelatihan ini dapat diterapkan sehingga produk-produk tenun payakumbuh dapat bersaing, maju untuk kesejahteraan pelaku pengrajin tenun Sumatera Barat.


Berita Terkait :

 

Video

Foto

Kegiatan

  • HASIL SELEKSI ADMINISTRASI PADA SELEKSI TERBUKA JABATAN PIMPINAN TINGG

    • Minggu, 01 April 2018
    • Senin, 02 April 2018
  • Penyerahan Hasil Pengawasan Kearsipan Eksternal (LAKE) oleh ANRI ke Le

    • Kamis, 14 Desember 2017
    • Kamis, 14 Desember 2017
  • arsip kegiatan

Tokoh