Pembukaan TMMD ke-98 Tahun 2017 di Kepulauan Mentawai


Post by Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa(IZATI, A.Md) | Posted on 17 April 2017 11:00:48 WIB | Kegiatan Strategis | 198 kali dibaca


Pembukaan TMMD ke-98 Tahun 2017 di Kepulauan Mentawai

Pj Bupati Kabupaten Kepulauan Mentawai, Drs. H. SYAFRIZAL, MM  membuka secara resmi pelaksanaan TNI Manunggal Masuk Desa (TMMD) ke-98 Tahun 2017 yang pelaksanaannya dipusatkan di lapangan sepak bola Muara Siberut Selatan, Rabu (5/4).

Pembukaan upacara tersebut juga dihadiri oleh Kasiter Korem 032 Wirabraja, Kapolres Mentawai, Wakil Ketua DPRD Mentawai, Kajari Mentawai, Forkopimda, Sekda Mentawai, staf ahli, asisten, kepala OPD Provinsi Sumatera Barat dan Kabupaten Mentawai serta tokoh masyarakat, Ketua PKK Mentawai, Ketua Persit, Ketua Bhayangkari, camat, kepala desa dan lapisan masyarakat lainnya.

Kegiatan TMMD/N kali ini mengambil tema: “Dengan Semangat Kemanunggalan TNI dan Rakyat kita Percepat Pembangunan di Daerah, Guna Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat dalam menjaga keutuhan Wilayah NKRI”.

Dalam sambutannya Pj Bupati Mentawai, Drs. H. SYAFRIZAL, MM mengatakan, disamping memperkuat hubungan dan kebersamaan TNI dan masyarakat di daerahnya, kegiatan TMMD sangat membantu pemerintah daerah dalam melaksanakan program pembangunan.   Sesuai dengan amanat Gubernur Sumbar Irwan Prayitno, Tentara Manunggal Masuk Desa ( TMMD ) merupakan wujud nyata TNI membantu tugas-tugas pemerintah daerah. Ini diharapkan dapat menghilangkan stugma masa lalu bahwa TNI itu masih terkosentrasi dengan tugas pokoknya, tetapi juga bisa berperan membantu meningkatkan kesejahteraan rakyat di kabupaten kepulauan Mentawai.

Tentara Manunggal Masuk Desa ( TMMD) 98 ini akan melakukan pekerjaan diantaranya semenisasi jalan di desa Saliguma kecamatan Muara Sikabaluan dan desa Malepet di kecamatan Muara Siberut Selatan.Selain kegiatan fisik TMMD juga diisi dengan kegiatan lainnya, seperti penyuluhan bahaya narkoba, radikalisme,  dan terorisme. Disamping itu juga ada penyuluhan hukum dan Kamtibmas, pelestarian lingkungan hidup dan pencegahan kebakaran hutan dan lahan pertanian serta penyuluhan mengenai kesehatan.

Untuk pelayanan kesehatan meliputi Kesehatan ibu dan anak, pengobatan massal, Keluarga Berencana, dan selain kesehatan juga mengenai perkoperasian dan juga diadakan hiburan berupa kesenian rakyat.

Kabupaten Kepulauan Mentawai adalah sebuah daerah dengan potensi sumber daya alam yang berlimpah, terutama laut dan hutan. Begitu juga dengan potensi pariwisata yang meliputi alam pegunungan, ratusan flora dan fauna endemik serta air terjunnya. Laut Mentawai menjadi primadona wisata Nasional dan internasional. Kepulauan Mentawai mempunyai 71 titik spot surfing di mana 49 titik termasuk kategori ekslusif berskala internasional dan 7 titik spot merupakan yang terbaik di dunia dari 10 titik spot surfing yang ada di dunia. Selain itu, ada 33 spot skoling dan 38 lokasi pemancingan terfavorit.

TMMD 98 tahun 2017 ini beranggotakan 180 orang personil yang terdiri dari TNI Angkatan Darat 110 orang dan Angkatan Laut 5 orang, Polri 10 orang, dari Pemda Mentawai 20 orang serta Satpol PP sebanyak 30 orang. Kegiatan TMMD 98 ini akan berlangsung selama satu bulan hingga 5 Mei 2017.

 

 

 

 


Berita Terkait :

 

Video

Foto

Kegiatan

  • SEMINAR SASTRA DALAM RANGKA MENINGKATKAN PEMAHAMAN GENERASI MUDA TENTA

    • Kamis, 27 Juli 2017
    • Kamis, 27 Juli 2017
  • Penandatanganan Kesepakatan Bersama Antara Pemerintah Provinsi Sumater

    • Rabu, 21 Juni 2017
    • Rabu, 21 Juni 2017
  • arsip kegiatan

Tokoh