Rapat Posyantek se Sumatera Barat Tahun 2017


Post by Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa(IZATI, A.Md) | Posted on 11 April 2017 09:50:18 WIB | Kegiatan Strategis | 388 kali dibaca


Pelaksanaan Rapat Sosialisasi Pos Pelayanan Teknologi Bagi Aparat dan Pengurus Posyantek Kabupaten/Kota se Sumatera Barat Tahun 2017, yang dilaksanakan pada tanggal 30 s/d 31 Maret 2017 bertempat di Ruangan Rapat Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Sumatera Barat Jalan Pramuka No. 13 Khatib Sulaiman Padang.

Dalam Kegiatan Rapat Sosialisasi Pos Pelayanan Teknologi Bagi Aparat dan Pengurus Posyantek Kabupaten/Kota se Sumatera Barat Tahun 2017 dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Sumatera Barat diwakili oleh Kepala Bidang UEM, SDA dan TTG Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Sumatera Barat, Kamis (30/3).

Dalam sambutannya Kepala Bidang UEM, SDA dan TTG Drs. HERZADI LAZRAN mengatakan Rapat Sosialisasi Pos Pelayanan Teknologi Bagi Aparat dan Pengurus Posyantek Kabupaten/Kota se Sumatera Barat Tahun 2017 yaitu Menteri Dalam Negeri menginstruksikan kepada Gubernur, Bupati/Walikota dan Camat di seluruh Indonesia untuk melaksanakan operasionalisasi Posyantekdes; memberikan petunjuk pengarahan, bimbingan, pembinaan dan pengawasan terhadap pelaksanaan Posyantekdes, serta meningkatkan dan memantapkan koordinasi keterpaduan pelaksanaannya dengan dinas dan instansi terkait yang ada didaerah; menetapkan pola pembinaan Posyantek, mengalokasikan dana dari APBD Provinsi dan Kabupaten/Kota serta dana lainnya yang sah dan tidak mengikat; dan melaporkan hasil pelaksanaannya.

Drs. HERZADI LAZRAN juga menyampaikan bahwa program posyantek merupakan wujud salah satu nawa cita presiden Joko Widodo yaitu melalui visi : terwujudnya Indonesia yang berdaulat, mandiri  dan berkepribadian gotong royong, pada nawacita ke 3 : membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah-daerah dan desa dalam kerangka negara kesatuan; program aksi ke-8 : mendedikasikan diri untuk  memberdayakan desa; mendukung arah kebijakan ke- 2 : penanggulangan kemiskinan dan pengembangan usaha ekonomi masyarakat desa, mendukung arah kebijakan ke-7 : pengembangan ekonomi kawasan  perdesaan untuk mendorong keterkaitan desa-kota.

Kepala Bidang UEM, SDA dan TTG Drs. HERZADI LAZRAN dalam Laporan Panitia Penyelenggaraan menyampaikan bahwa peserta Rapat Sosialisasi Pos Pelayanan Teknologi Bagi Aparat dan Pengurus Posyantek Kabupaten/Kota se Sumatera Barat Tahun 2017, yaitu : berjumlah 80 (delapan puluh) orang  yang berasal dari 18 Kabupaten/Kota masing-masing terdiri dari :

  • 8 (delapan belas) orang aparat pemberdayaan masyarakat yang membidangi Teknologi Tepat Guna di Kabupaten/Kota.
  • (lima puluh dua) orang dari ketua/pengurus Posyantek Kabupaten/Kota, terutama Posyantek yang baru terbentuk.
  • 10 (sepuluh) orang dari forum komunikasi Posyantek Sumatera Barat.

 

Tujuan dari Penyelenggaraan Rapat Sosialisasi Pos Pelayanan Teknologi Bagi Aparat dan Pengurus Posyantek Kabupaten/Kota se Sumatera Barat Tahun 2017 :

  1. Untuk menginspirasi dan memotivasi aparat dan masyarakat membentuk dan mengembangkan Pos Pelayanan Teknologi (Posyantek).
  2. Sharing informasi dan pengalaman dalam membentuk dan mengembangkan Pos Pelayanan Teknologi (Posyantek).
  3. Menyampaikan informasi-informasi tentang Teknologi Tepat Guna (TTG) kepada masyarakat melalui Pos Pelayanan Teknologi (Posyantek).
  4. Memotivasi penerapan Teknologi Tepat Guna (TTG) di masyarakat.
  5. Memberikan layanan konsultasi dan pendampingan kepada masyarakat dalam penerapan dan pemanfaatan Teknologi Tepat Guna (TTG).
  6. Meningkatkan pengetahuan dan wawasan bagi aparat dan pengurus Posyantek.
  7. Menjalin hubungan silaturahmi dan mempererat rasa kebersamaan diantara pengurus Posyantek sehingga telah terwujud forum komunikasi Posyantek di  Provinsi Sumatera Barat.
  8. Untuk memperoleh bahan masukan dalam penilaian Posyantek berprestasi tingkat Provinsi Sumatera Barat Tahun 2017.

Hasil yang diharapkan pada Rapat Sosialisasi Pos Pelayanan Teknologi Bagi Aparat dan Pengurus Posyantek Kabupaten/Kota se Sumatera Barat Tahun 2017  adalah :

sosialisasi dapat mengambil manfaat dan saling bertukar informasi untuk pengembangan teknologi tepat guna di daerah masing-masing. bagi aparat pembina teknologi tepat guna dapat selalu memberikan dukungan dan bekerjasama dengan posyantek serta senantiasa berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait.


Berita Terkait :

 

Video

Foto

Kegiatan

  • Penyerahan Hasil Pengawasan Kearsipan Eksternal (LAKE) oleh ANRI ke Le

    • Kamis, 14 Desember 2017
    • Kamis, 14 Desember 2017
  • Gerakan Nasional Sadar Tertib Arsip (GNSTA) di Provinsi Sumatera Barat

    • Kamis, 14 Desember 2017
    • Kamis, 14 Desember 2017
  • arsip kegiatan

Tokoh