Rapat Rencana dan Program Kerja Damkar se Sumatera Barat


Post by Satuan Polisi Pamong Praja(AFIF AFDISYA) | Posted on 05 April 2017 11:36:41 WIB | Artikel | 822 kali dibaca


Rapat Rencana dan Program Kerja Damkar se Sumatera Barat

Satpol PP Sumbar, Padang--- Rabu, 29 Maret 2017 Satpol PP dan Damkar Prov. Sumbar mengadakan Rapat persiapan dalam rangka pembahasan rencana dan progam kerja Damkar se-Sumatera Barat tahun 2017 di ruangan rapat Escape Building Lantai II Kantor Gubernur Sumbar. Rapat ini dihadiri oleh Kasat Pol PP Provinsi dan seluruh Kepala Bidang Pemadam Kebakaran Kab/Kota se Sumatera Barat.

         Rapat dibuka oleh Bapak Zul Aliman, SE, MM selaku Kepala Satpol PP dan Damkar yang didampingi oleh Kabid Linmas serta Kepala Seksi Damkar Prov. Sumbar, beliau menyampaikan arahan tentang Kesiapan sarana dan prasarana pemadam kebakaran di Kab/Kota serta peningkatan pemahaman dari aparatur pemadam kebakaran tentang perlunya kompetensi yang sesuai standar kualifikasi.

         Selanjutnya dilakukan diskusi terkait rencana dan program kerja, sarana dan prasarana pendukung serta  permasalahan yang dihadapi Damkar Kab/Kota se Sumatera Barat. Pada sesi diskusi kepala Bidang Damkar dari Kab/Kota memberikan beberapa tanggapan dan saran kepada provinsi terkait permasalahan pemadam kebakaran, antara lain : Mohon diterbitkan Peraturan Gubernur tentang kegiatan Pemadam Kebakaran untuk menjadi dasar hukum dalam pengusulan pendanaan untuk kegiatan dan operasional serta kesejahteraan personil pemadam kebakaran, Diharapkan Provinsi dapat memfasilitasi Kab/Kota untuk melakukan diklat dan pelatihan personil Pemadam kebakaran, Diharapkan kepada Satpol PP dan Damkar Prov. Sumbar agar dapat mempunyai sarana seperti mobil pemadam kebakaran, Diharapkan agar setiap Kab/Kota mempunyai Inspektur Pemadam Kebakaran yang sesuai dengan Standar Kualifikasi, serta penting adanya MOU/kerjasama antar pemadam kebakaran Kab/Kota se Sumatera Barat.

          Adapun Kesimpulan rapat yaitu optimalisasi kinerja bidang kebakaran belum memenuhi harapan karena kekurangan sarana dan prasarana yang sesuai standar dan dana operasional yang belum memadai,  SDM personil yang belum memenuhi standar kualifikasi personil sesuai Permendagri Nomor 16 Tahun 2009, serta perlu adanya payung hukum yang menjadi dasar penggunaan anggaran  untuk kegiatan operasional serta kesejahteraan personil pemadam kebakaran.


Berita Terkait :

 

Video

Foto

Kegiatan

  • BATIGO FEST

    • Senin, 28 Oktober 2019
    • Sabtu, 02 November 2019
  • Penerimaan Tenaga Pendamping Masyarakat (TPM)

    • Rabu, 19 Desember 2018
    • Minggu, 30 Desember 2018
  • arsip kegiatan

Tokoh