150 PEMUDA IKUTI SELEKSI PROGRAM PPAN 2017


Post by Dinas Pemuda dan olahraga(Dinas Pemuda dan olahraga) | Posted on 01 April 2017 11:35:12 WIB | Berita Terkini | 1211 kali dibaca


150 PEMUDA IKUTI SELEKSI PROGRAM PPAN 2017

PADANG, SP....Sebanyak 150 pemuda dari 237 yang mendaftar, ikuti seleksi program Pertukaran Pemuda Antar Negara ( PPAN ) Tahun 2017, Sabtu 1/ 4 di Gedung Kwarda 032 Provinsi Sumatera Barat Jalan Pramuka Padang.

Kegiatan Kementrian Pemuda dan Olahraga yang dilaksanakan Dinas Pemuda dan Olahraga ( Dispora ) Sumbar, melalui Bidang Pemberdayaan Pemuda tersebut, dibuka Kadispora diwakili Kepala Seksi Peningkatan Wawasan dan Kapasitas Pemuda, Zuriyatma, SH,.

Dalam sambutannya Zuriyatma menyampaikan, pemuda merupakan komponen penting yang menentukan perjalanan dan penerus cita-cita kemerdekaan bangsa, karena itu pemerintah gencar mengirim pemuda pemudi terbaik ke luar negri melalui berbagai program, salah satunya PPAN,’’ katanya.

Lebih lanjut dikatakan, selain sebagai media membentuk pemuda Indonesia yang berwawasan global, program PPAN juga sebagai jembatan diplomasi jangka panjang yang menghubungkan Indonesia dengan negara- negara mitra pertukaran, ‘’ urainya.

“ kita berharap wakil- wakil Sumbar yang diutus nanti merupakan pemuda- pemudi pilihan yang di hasilkan dari seleksi hari ini, untuk itu peserta agar dapat menjalani seleksi dengan maksimal untuk menjadi yang terbaik, dan pastinya peserta yang terpilih merupakan hasil dari kemampuan sendiri, bukan dari bantuan pihak lain,’’ tutur Zuriyatma mengakhiri sambutan Kadispora Sumbar.

Ketua Purna Caraka Muda Indonesia ( PCMI  ) Hendri Ilyas, M.APP.I, sangat mengapresiasi pemerintah dalam mengangkat kegiatan PPAN, karena secara langsung kegiatan ini sangat membantu pemuda dalam mengembangkan  dan menimba ilmu dari sesama peserta antar negara. Kedepan kegiatan ini tetap dilaksanakan dengan kualitas serta utusan yang lebih banyak lagi,’’ harapnya.    

Panitia Pelaksana Kepala Seksi Peningkatan Kreatifitas Pemuda, Yosi Kamelia, S.TP   melaporkan, PPAN Tahun 2017 ini, Pemerintah Sumatera Barat hanya mengirim 5 utusan, masing – masing 1 orang kenegara mitra pertukaran. Untuk menentukan pemuda yang mewakili Sumbar nanti, panitia pelaksana melakukan seleksi.

Sedangkan rangkaian seleksi yang dilalui peserta antara lain, seleksi administrasi 29 Maret di Dispora Sumbar, pelaksanaan seleksi tertulis 1 April di Kwarda 032 Sumbar, dan seleksi wawancara, penampilan bakat seni dan budaya, serta pantukir 8 April di Asrama Haji Sumbar lama, jalan Rasuna Said Padang,’’ ujarnya.

‘’ tim seleksi berasal dari, Tokoh Pemuda Sumatera Barat, Purna Caraka Muda Indonesia ( PCMI ) Sumatera Barat, dan psikolog. Sementara materi yang diberikan nanti yakni, pemberdayaan pemuda/ masyarakat, bidang agama/karakter, bidang psikolog. Kepribadian, bahasa inggris, kemampuan komunikasi, bidang seni budaya dan bidang akademik/ tes potensi, akademik serta pantukir oleh Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Sumatera Barat,’’ terang Yosi.

Sementara Sasaran program PPAN 2017 ini antara lain, Indonesia- Kanada satu orang putri, Indonesia- Asean Jepang satu orang putra, Indonesia – Malaysia satu orang putra, Indonesia- India satu orang putri, dan Indonesia- Australia satu orang putri,’’ tambahnya. ( Mul )

 


Berita Terkait :

 

Video

Foto

Kegiatan

  • Penerimaan Tenaga Pendamping Masyarakat (TPM)

    • Rabu, 19 Desember 2018
    • Minggu, 30 Desember 2018
  • HASIL SELEKSI ADMINISTRASI PADA SELEKSI TERBUKA JABATAN PIMPINAN TINGG

    • Minggu, 01 April 2018
    • Senin, 02 April 2018
  • arsip kegiatan

Tokoh