PERESMIAN PELATIHAN PEMAGANGAN DALAM NEGERI PROV. SUMATERA BARAT TAHUN 2017


Post by Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi(Saiful Bahri) | Posted on 27 Maret 2017 16:36:53 WIB | Tenaga Kerja | 1291 kali dibaca


PERESMIAN PELATIHAN PEMAGANGAN DALAM NEGERI PROV. SUMATERA BARAT TAHUN 2017

 Globalisasi telah melahirkan berbagai bentuk kerjasama antar negara pada bidang ekonomi ataupun bidang ilmu pengetahuan dan teknologi, sehingga terjadi peningkatan mobilitas manusia, barang dan jasa. Salah satu bentuk kerjasama  antar Negara untuk menerapkan pasar bebas yaitu AFTA (ASEAN Free Trade Area) yang telah dimulai tahun 2002 dan APEC (Asia Pacific Economic Corporation) yang mulai berlaku pada tahun 2020 yang akan datang, serta organisasi perdagangan dunia WTO (World Trade Organization) yang akan dilaksanakan kesepakatannya pada tahun 2010, dipenghujung tahun 2015 tepatnya tanggal 30 Desember sudah diberlakukan kesepakatan Regional yang dikenal dengan ” Asean Economic Community ” atau Masyarakat Ekonomi Asean (MEA), dimana setiap negara akan menjadi ajang persaingan ekonomi, capital, tenaga kerja dan tanpa batas dalam memperebutkan pasar, sehingga setiap negara harus berusaha memenangkan persaingan tersebut demi berlangsungnya negara dan keselamatan serta kesejahteraan bangsanya.

Dalam kaitannya dengan aspek ketenagakerjaan, globalisasi berimplikasi pada terbukanya kesempatan kerja di dalam dan di luar negeri, demikian juga sebaliknya yang terjadi arus tenaga kerja warga negara asing  pendatang yang mengisi pasar kerja Indonesia. Untuk dapat menghasilkan tenaga kerja professional yang sesuai dengan kebutuhan pasar kerja dan dunia usaha/dunia industri, maka perlu adanya program terpadu yang mengarahkan kepada efektifitas dan efisiensi program pelatihan kerja menuju penempatan kerja.

Dalam upaya memenuhi kebutuhan pasar kerja dan dunia usaha tersebut di atas maka Kementerian Ketenagakerjaan RI sejak tahun 1990 yang lalu telah membuat terobosan dengan “ PROGRAM PENINGKATAN KUALITAS DAN PRODUKTIVITAS TENAGA KERJA (PKPTK) “ yang tepat guna dan berdayaguna, untuk itu perlu dilasanakan kegiatan-kegiatan yang mendorong terciptanya kualitas dan produktivias tenaga kerja sserta pembinaan stakeholder terkait terutama di Provinsi Sumatera Barat, sesuai amanat UU No. 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan.

Permasalahan yang akan dihadapi adalah : Apakah tersedia lowongan pekerjaan yang cukup di dalam maupun diluar negeri untuk menampung para pencari kerja kita,  yang secara umum masih belum sesuai dengan kompetensi yang dibutuhkan oleh pengguna jasa tenaga kerja atau perusahaan. Akibatnya angka pengangguran di Provinsi Sumatera Barat semakin hari semakin bertambah. Hal ini tidak saja merupakan tanggungjawab Pemerintah namun merupakan tanggungjawab kita bersama antara Pemerintah, Pihak Swasta dan Masyarakat. Oleh sebab itu kita dituntut mencurahkan segala upaya untuk memperluas kesempatan kerja, baik kesempatan kerja dalam negeri maupun kesempatan kerja luar negeri.

Penyelenggaraan pelatihan pemagangan dalam negeri ini merupakan representasi upaya sungguh-sungguh dari Pemerintah dalam meningkatkan kualitas SDM terutama pencari kerja, agar mampu memasuki pasar kerja yang tersedia. Konsep dasar yang dikembangkan dalam pelatihan pemagangan ini adalah perusahaan yang mengidentifikasi kebutuhan tenaga kerja dengan spesifikasi yang diinginkan kemudian bersama Disnakertrans Provinsi/LPK/Forum Komunikasi Jejaring Pemagangan (FKJP) atau lainnya ikut mendesain program pemagangan.

Penyelenggaraan Pelatihan Pemagangan Dalam Negeri selama 5 bulan dengan rincian 1 bulan pelatihan di unit pelatihan perusahaan/Lembaga Pelatihan Kerja dan 4 bulan magang atau praktek kerja di perusahaan. Sasaran akhir dari program ini adalahterjadinya penyerapan tenaga kerja disaat pemagangan maupun pasca pemagangan di perusahaan, dengan demikian program inidiharapkan dapat mengurangi angka pengangguran terbuka di Sumatera Barat sekaligus mampu menyediakan tenaga kerja terampil yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan.


Berita Terkait :

 

Video

Foto

Kegiatan

  • BATIGO FEST

    • Senin, 28 Oktober 2019
    • Sabtu, 02 November 2019
  • Penerimaan Tenaga Pendamping Masyarakat (TPM)

    • Rabu, 19 Desember 2018
    • Minggu, 30 Desember 2018
  • arsip kegiatan

Tokoh