DISPERINDAG MEMFASILITASI TEMU USAHA DALAM RANGKA PENGEMBANGAN KOMODITI EKSPOR SUMATERA BARAT


Post by Dinas Perindustrian dan Perdagangan(BUDI SETIAWAN, ST, M.Si) | Posted on 15 Maret 2017 16:42:59 WIB | Berita Terkini | 363 kali dibaca


DISPERINDAG MEMFASILITASI TEMU USAHA DALAM RANGKA PENGEMBANGAN KOMODITI EKSPOR SUMATERA BARAT

Dalam rangka mendorong peningkatan ekspor Sumatera Barat, pada tanggal 14 Maret 2017 Dinas Perindustrian  Dan Perdagangan memfasilitasi temu usaha dalam rangka pengembangan komoditi ekspor Sumatera Barat. Terutama yang dibahas adalah komoditi ekspor kulit manis.

Maksud dari acara ini adalah memberikan informasi kepada aparat, UKM atau pelaku usaha yang bergerak dibidang komoditi ekspor kulit manis tentang mutu, pemasaran, pengembangan dan mendiskusikan pemecahan masalah yang terjadi pada Petani dan UKM yang menghambat perkembangan ekspor kulit manis, sehingga diharapkan kualitas dan pemasaran komoditi ekspor lebih meningkat dimasa datang.

Acara dibuka oleh Kepala Dinas Perindustrian Dan Perdagangan Prov Sumbar. Beliau menyampaikan tantangan ekspor Sumatera Barat cukup besar, apalagi dilihat dari beberapa tahun belakangan yang kecendrunganya mengalami penurunan. Penurunan ekspor ini bukan hanya dampak dari pelemahan ekonomi dunia, tapi juga mutu barang belum memenuhi standar yang ditentukan.

Selain itu Amerikat Serikat salah satu Negara tujuan ekspor Sumatera Barat, mengambil kebijakan lebih protektif terhadap negaranya yang bisa menghambat ekspor Sumatera Barat ke Amerika Serikat.

Dalam rangka menghadapi tantangan itu mau tidak mau kita harus memperbaiki kualitas mutu produk kita dan harus berpikir global standard: mutu internasional atau setidaknya memenuhi mutu Negara yang menjadi tujuan ekspor.

Kemudian upaya-upaya terkoordinasi juga merupakan salah satu kunci keberhasilan dalam pengembangan ekspor. Salah satu caranya dengan kegiatan temu usaha ini, sehingga semua dapat bertukar pikiran, data dan informasi. Kondisi lain yang perlu dibenahi adalah pola pembinaan yang dilakukan masih menyebar dan tidak fokus. Dalam kondisi keterbatasan jika tidak fokus hasilnya tidak maksimal.

Harapan Disperindag Sumbar supaya provinsi maupun Kab / Kota dapat membawa UKM di daerah lebih fokus: fokus komoditi dan fokus pada pelaku usaha, sehingga tampak hasilnya.

Sebagai penambah wawasan peserta pada acara ini diundang 3 narasumber yang berasal dari Disperindag Sendiri Zaimar, SE, M.Sc, Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan Provinsi Sumatera BaratIr. Irwan dan Operational&QualityControlManagerCV, Rempah Sari IwanSetiawan,S.S (BS).


Berita Terkait :

 

Video

Foto

Kegiatan

  • WIKILATIH PADANG

    • Sabtu, 25 November 2017
    • Sabtu, 25 November 2017
  • GEBYAR PENDIDIKAN 2017

    • Kamis, 16 November 2017
    • Sabtu, 18 November 2017
  • arsip kegiatan

Tokoh