DISPERINDAG MELAKSANAKAN PELATIHAN KEWIRAUSAHAAN DALAM RANGKA PENUMBUHAN WIRAUSAHA BARU DIBIDANG AGRO


Post by Dinas Perindustrian dan Perdagangan(BUDI SETIAWAN, ST, M.Si) | Posted on 12 Maret 2017 11:42:22 WIB | Berita Terkini | 199 kali dibaca


DISPERINDAG MELAKSANAKAN PELATIHAN KEWIRAUSAHAAN DALAM RANGKA PENUMBUHAN WIRAUSAHA BARU DIBIDANG AGRO

Dalam mengembangkan usaha, bukan keahlian saja yang dibutuhkan, tetapi jiwa entrepreneurship atau jiwa kewirausahaan sangat menentukan dalam mengembangkan usaha. Dari evaluasi disperindag Prov Sumbar,  salah satu kelemahan IKM di Sumatera Barat ada pada jiwa kewirausahaanya. Sehingga tidak berkembang bahkan ada yang tidak berproduksi lagi .

Dalam rangka meningkatkan jiwa kewirausahaan itu, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Prov. Sumbar mengadakan Pelatihan Kewirausahaan  khususnya pada industri agro. Dengan pelatihan itu diharapkan peserta dapat membangun industri di bidang agro dan mengelola usahanya dengan Baik, serta bisa menjalin kerjasama dengan mitra usahanya.

Pelatihan diadakan selama 4 hari yaitu pada tanggal 7 s/d 10 Maret 2017 dan diikuti oleh 25 IKM Agro yang berasal dari 17 Kab / Kota di Sumatera barat.

Acara ini dibuka oleh Kepala Dinas Perindustrian dan perdagangan Asben Hendri, SE, MM. Beliau menyampaikan kepada peserta  untuk membenahi diri terutama bagi mereka yang baru menggeluti usaha untuk mengelola usahanya secara professional. Salah satunya dengan menumbuhkan semangat jiwa kewirausahaan seperti spirit yang kuat, etika dan mental yang baik.

Harapan dari Kepala Dinas, peserta dapat memahami materi yang diberikan serta mampu menerapkanya, serta bagi instruktur dapat membimbing dan memberikan ilmu tentang kewirausahaan secara lengkap dan mudah dimengerti oleh peserta  dan kepada panitia pelaksana dapat memfasilitasi dengan baik kebutuhan  peserta dan instruktur.

Pelatihan ini mengundang 2 praktisi yang cukup berhasil dalam dunia industri yaitu 2 pengusaha sukses daerah yang mempunyai usaha aneka produk olahan makanan, Christine hakim dari Padang dan Lukman El Hakim dari Bukittinggi.

Mereka berdua menyampaikan bagaimana membangun usahanya dari nol sampai keadaan sukses sekarang. Tapi pada intinya keberhasilan mereka berdua adalah semangat untuk berkembang. Dimana setiap usaha pasti ada kegagalan, dari kegagalan itu  pelajaran yang kita ambil dan memperbaikinya, bukan serta merta kegagalan yang membuat jatuh.

Selain kedua praktisi diatas diundang juga instruktur dari Jakarta Ibu Musnidar, beliau baru saja memasuki masa pensiun di Kementerian Perindustrian, namun masih aktif sebagai dosen di Universitas Trisakti Jakarta, salah satu mata kuliah yang diajarkan adalah kewirausahaan.

Materi yang disampaikan instruktur antara lain, Transformasi Pola Pikir, Motivasi Berwirausaha, Menganalisasi Usaha yang dijalankan, Pengadaan Mesin Dan Peralatan, Bahan Baku dan Bahan Pembantu serta menyusun rencana usaha.


Berita Terkait :

 

Video

Foto

Kegiatan

  • Penandatanganan Kesepakatan Bersama Antara Pemerintah Provinsi Sumater

    • Rabu, 21 Juni 2017
    • Rabu, 21 Juni 2017
  • Pemilihan Arsiparis Berprestasi Tingkat Provinsi Sumatera Barat

    • Kamis, 22 Juni 2017
    • Kamis, 22 Juni 2017
  • arsip kegiatan

Tokoh