Gubernur Sumatera Barat Memberikan Ceramah Umum Kepada Peserta Diklat Kepemimpinan Tingkat IV Angkatan XXII Pola Baru di Lingkungan Pemerintahan Kota Padang


Post by Badan Pengembangan SDM(FADLAN, A.Md) | Posted on 09 Maret 2017 14:53:07 WIB | Artikel | 265 kali dibaca


Gubernur Sumatera Barat Memberikan Ceramah Umum Kepada Peserta Diklat Kepemimpinan Tingkat IV Angkatan XXII Pola Baru di Lingkungan Pemerintahan Kota Padang

Sebagai pemimpin, setiap individu harus mampu menjaga, mengemban, menunaikan, dan mempertanggungjawabkan amanah yang dipercayakan kepadanya dengan keahlian dan ilmu. Jika amanah tidak ditunaikan, maka bersiap-siaplah menunggu kehancuran.

Pesan ini disampaikan Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno saat memberi ceramah umum tentang Kepemimpinan kepada Peserta Diklat Kepemimpinan Tingkat IV Angkatan XXII Pola Baru di Lingkungan Pemerintahan Kota Padang Tahun Anggaran 2017 yang diselenggarakan di Aula Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Prov. Sumbar, Senin (6/2) siang.

 

"Jika amanah dilalaikan dan dikerjakan tanpa ilmu dan keahlian, maka akan jadi hancur dia. Jangankan seorang pemimpin, seorang tukang ketik saja, kalau tidak amanah, akan mengetik surat dengan tidak benar sehingga maksud bisa jadi tak sampai. Tukang pel, kalau tidak amanah, orang bisa tergelincir dan jatuh. Tukang antar surat tidak amanah, orang jadi tidak tahu kalau dia diundang dan penyelenggara acara jadi tidak kedatangan undangan," urai Irwan Prayitno.

Di sisi lain, amanah yang diemban tanpa keahlian dan ilmu juga tak akan membawa seseorang sukses menjalankan amanahnya. Irwan Prayitno menganalogikan hal ini dengan cerita seorang pengantar yang diminta mengirim barang menggunakan truck. Seamanah apapun pengantar tersebut, jika ia tak memiliki keahlian mengendarai truck, ia tak akan berhasil tunaikan amanahnya. Kalaupun ia memiliki keahlian mengendarai, jika ia tak memiliki ilmu, dalam arti ia tak memahami rute dan arah yang harus ia tuju, pengantar tersebut tak akan mampu rampungkan tugasnya antarkan barang ke tujuan.

Irwan Prayitno kemudian menjelaskan, salah satu tujuan diklat yang dilaksanakan oleh BPSDM Prov. Sumbar hingga 19 Mei 2017 mendatang adalah untuk menambah keahlian dan ilmu seluruh peserta guna memastikan amanah sebagai pemimpian di lingkungan kerja masing-masing dapat diselesaikan dengan baik.

Gubernur menambahkan, Apabila amanah sebagai pemimpin telah dapat diemban dengan baik, maka seseorang akan dinilai memiliki kinerja yang baik, baik oleh sejawat maupun atasan di lingkungan kerjanya. Seiring itu, berbagai tawaran dan jabatan yang lebih baik akan datang dengan sendirinya.

"Berdasarkan amanah Peraturan Pemerintah Nomor 18 Tahun 2016 tentang Organisasi Perangkat Daerah (OPD) maka di Pemerintah Provinsi dan Kabupaten/Kota terjadi perubahan struktur OPD. Akibatnya ada beberapa jabatan yang hilang, sehingga beberapa pegawai yang sebelumnya menjabat kehilangan jabatannya. Namun yang dapat bertahan dalam jabatannya adalah para pegawai yang memiliki kinerja bagus.

Gubernur berpesan agar pada masa on-campus, peserta serius dan bersungguh-sungguh mempelajari dan mengamalkan ilmu yang didapatkan agar pada masa off-campus peserta mampu menerapkan ilmunya di lingkungan kerja masing-masing.

"Sistem baru on dan off campus biar ada proses mempelajari, mengamalkan, dan mempraktekkan ilmu di tempat kerja masing-masing langsung. Karenanya, jangan manfaatkan masa off untuk libur. Manfaatkan waktu off campus dengan maksimal," pungkasnya.

Diklat Kepemimpinan Tingkat IV Angkatan XXII Pola Baru di Lingkungan Pemerintahan Kota Padang Tahun Anggaran 2017 yang dimulai pada hari ini dan akan berakhir pada tanggal 19 Mei 2017 ini diikuti oleh 30 peserta yang berasal dari berbagai OPD di Lingkungan Pemerintah Kota Padang.


Berita Terkait :

 

Video

Foto

Kegiatan

  • Penyerahan Penghargaan Literasi dan Rapat Koordinas Bidang Perpustakaa

    • Jumat, 20 Oktober 2017
    • Jumat, 20 Oktober 2017
  • Penandatanganan Kesepakatan Gerakan Nasional Tertib Arsip

    • Kamis, 14 September 2017
    • Kamis, 14 September 2017
  • arsip kegiatan

Tokoh