Agam, Objek Wisata Surgawi


Post by Pinto Janir(Pinto Janir) | Posted on 29 Juli 2013 08:12:22 WIB | Artikel | 1436 kali dibaca


TdS nan Dinati-nanti…!

Bupati gagah itu bernama Indra Catri. Jauh sebelum TdS V diluncurkan,

ia telah berkemas-kemas diri menyiapkan daerahnya—Kabupaten Agam-- menyambut pesta balap sepeda dunia atas nama Tour de Singkarak. Indra Catri Bupati smart yang lekat di hati rakyatnya ini tampaknya paham benar betapa strategisnya fungsi TdS yang sudah berlangsung untuk kelima kalinya ini.

           Apalagi, Agam adalah ranah yang kaya dengan warna-warni objek wisata “surgawi”. Agam ibarat puisi yang penuh dengan lapisan keindahan tutur alam yang menyejukkan mata menyenangkan hati. Bila kita ingin melihat betapa indahnya panorama Danau Maninjau dari atas kelok 44, bersabarlah menunggu kabut tersingkap yang tersisih oleh cahaya terang matahari pagi.

            Danau Maninjau salah satu objek andalan wisata Agam. Di sekitar danau melingkar jalan, sejak dulu benar, para bule sudah lama doyan bersepeda-sepeda keliling danau. Di tepian danau berdiri beberapa penginapan, dan hotel-hotel. Sebagian penginapan itu ada yang bermula dari rumah warga yang ditata jadi tempat menginap wisatawan.

            Komitmen Indra Catri adalah wisata bersih. Maka ia dengan tegas, bekerjasama dengan ninik mamak dan pemuka masyarakat setempat, menyikat habis wisata berbau maksiat. Alhasil, Satuan Polisi pamong Praja selalu diserukan Indra Catri untuk tiada hari tanpa razia di berbagai penginapan di wilayahnya. “ Wisata tak mesti bermaksiat-maksiat. Kita ingin, Agam bersih dari segala perbuatan laknat. Sekalipun Satpol PP terus meners melakukan razia, itu tak memberi pengaruh apa-apa terhadap kunjungan wisata ke Agam. Bahkan, Agam menjelma menjadi tempat wisata keluarga yang bersih,aman dan nyaman serta ramah lingkungan”, ujar Indra yang memang cinta pada kelestarian nilai-nilai seni,adat dan budaya yang mentradisi.

            Tak heran bila sekiranya tumbuh mekar beberapa sanggar seni yang dibina langsung oleh Pemerintah kabupaten Agam. “ Selama TdS berlangsung di Agam, selama itu pula tamu akan kita suguhkan dengan penampilan seni dan budaya serta program khusus lainnya yang kita gagas sebagai tanda gembira penyambut TdS tiba”, kata Bupati yang dikenal ramah dan mudah tersenyum.

            Sejak Indra Catri jadi Bupati, kabupaten ini berkembang bagus. Pembangunan kian semarak, jalan-jalan kian rancak, dan masyarakatnya makin kental dalam kebersamaan. Kompak!

            Indra Catri yang juga seorang ninik mamak bergelar datuk ini, meminta masyarakatnya serta anak kemenakannya untuk ikut menyukseskan keberlangsungan TdS. “ TdS kebanggaan kita, kebanggaan masyarakat Sumatera Barat!”       

Tour De Singkarak

Tuturan dendang semarak

Parami rumah gadang nan rancak (Pinto Janir)

 

 

 


Berita Terkait :

 

Video

Foto

Kegiatan

  • BATIGO FEST

    • Senin, 28 Oktober 2019
    • Sabtu, 02 November 2019
  • Penerimaan Tenaga Pendamping Masyarakat (TPM)

    • Rabu, 19 Desember 2018
    • Minggu, 30 Desember 2018
  • arsip kegiatan

Tokoh