Sosialiasi Jadwal Retensi Arsip (JRA) Kepegawaian, Keuangan, Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Sumatera Barat


Post by Dinas Kearsipan dan Perpustakaan(ROMI ZULFI YANDRA, S.Kom) | Posted on 15 November 2017 08:30:14 WIB | 35 kali dilihat


Sosialiasi Jadwal Retensi Arsip (JRA) Kepegawaian, Keuangan, Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Sumatera Barat

Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Sumatera Barat mengadakan Sosialisasi Jadwal Retensi Arsip (JRA) Kepegawaian, Keuangan, Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Sumatera Barat.

Dalam hal ini sebagai Narasumber dalam acara sosialisasi ini adalah Drs. Gunawan Hasan, Kepala Direktur Indonesia Bagian Timur Arsip Nasional Republik Indonesia.

Pada Kesempatan Gunawan Hasan menyampaikan bahwa saat ini masih banyak arsip-arsip menumpuk di ruang kerja sehingga dapat mengganggu dari aktifitas kerja kita sehingga juga ada arsip tersebut hilang keberadaanya. untuk itu maka dengan adanya Jadwal Retensi Arsip yang sudah dibuat oleh Pemerintah Provinsi Sumbar ini dapat melakukan penyusutan arsip yang ada diruang kerja kita. Penyusutan arsip ini adalah melakukan pemindahan arsip dari ruang kerja atau unit pengolah ke Bagian Umum/Tata Usaha/Unit Kearsipan yang disimpan di ruang Pusat Arsip/Record Center. setelah berada di Ruang Record Center tersebut nantinya ada menjadi arsip yang dimusnahkan dan kemungkinan nantinya akan ada arsip yang akan diserahkan ke Lembaga Kearsipan Provinsi yakni bersifat permanen.

Acara ini dibuka langsung oleh Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Sumatera Barat, Alwis menyampaikan bahwa waktu pemindahan arsip pada saat rekonstruksi atas kantor Gubernur pasca Gempa 30 September 2009, keberadaan terhadap arsip yang ada di Kantor Gubernur tersebut banyak berserakan sehingga keberadaan arsip kepemerintahan Provinsi Sumatera Barat kemungkinan sebagian tidak diselamatkan, namun Dinas Kearsipan dan Perpustakaan berantisipasi untuk melakukan evakuasi terhadap arsip yang berserakan tersebut, diantaranya ditemukan arsip tulisan tangan Tuangku Imam Bonjol beserta arsip-arsip bersejarah lainnya. Dalam kesempatan ini, disampaikan juga oleh Alwis, bahwa dengan adanya JRA ini para instansi/OPD dapat mengurus arsipnya dengan baik sesuai dengan JRA yang sudah diterbitkan ini.

Peserta dari kegiatan ini berasal dari OPD Provinsi Sumatera Barat yang dilaksanakan pada tanggal 13 November 2017.   

 

Video

Foto

Kegiatan

  • WIKILATIH PADANG

    • Sabtu, 25 November 2017
    • Sabtu, 25 November 2017
  • GEBYAR PENDIDIKAN 2017

    • Kamis, 16 November 2017
    • Sabtu, 18 November 2017
  • arsip kegiatan

Tokoh